“Aerocreation 2018″ Day-1!

Haloo P-assangers!

Kali ini, aku mau ceritain tentang salah satu acara yang dilaksanakan oleh mahasiswa ITB. Pada hari Sabtu, 10 Februari 2018 lalu Aerocreation Day 1 sudah dilaksanakan loh! Acara yang bernuansa kedirgantaraan ini berlangsung di Aula Barat Institut Teknologi Bandung.

IMG20180210095457
Rangkaian kegiatan diawali dengan pendaftaran ulang anggota dari jam 07.30-08.00, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara, sambutan ketua pelaksana Aerocreation 2018, dan sambutan Badan Pelaksana Program KMPN ITB. Setelah itu dilaksanakan mobilisasi peserta ke tempat lomba masing masing mulai pukul 08.45 sampai 09.00. Lomba pun akhirnya dimulai!
Acara yang berlangsung dibagi dalam 4 kegiatan besar, yaitu Aeroport, Lomba Roket Air untuk SMP, Lomba Business Case oleh Mahasiswa, dan Lomba Karya Tulis SMA tentang Transportasi Udara.

Aeroport adalah suatu pameran mengenai teknologi yang berhubungan dengan transportasi udara dari sumber-sumber yang terkait. Acara yang berlangsung di Aula Barat ITB ini dihadirkan dalam bentuk beberapa stand yang memamerkan teknologi kedirgantaraan yang sangat menarik, diantaranya ada Bandung Flying Club, stand dari KMPN, dan lain lain. Di stand-stand itu dipamerkan replika pesawat terbang, ada juga rekayasa visual tentang mengemudi pesawat yang banyak menarik perhatian pengunjung, dan juga penerbangan drone. Ada juga loh games berhadiah yang bisa diikuti oleh peserta yang hadir disana, yaitu Games Rekayasa Antartika.
Selain itu di Aula Barat juga berlangsung presentasi dari lomba Karya Tulis yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti SMA Narada dengan karyanya yang diberi nama Lasor, SMAN 26 Jakarta dengan karyanya Jet-26, SMA Taruna Nusantara, SMA Kolase Kanisius, SMAN 3 Bogor, SMA Angkasa Djuanda Yogyakarta, dan lain lain. Para peserta lomba ini mempresentasikan karya tulis mereka tentang inovasi transportasi udara sesuai dengan sub tema masing-masing di depan para juri dan pengunjung yang hadir. Mereka juga menyediakan Poster Infografik dan replika dari karya inovasi mereka.

IMG20180210100704

Ada juga lomba Business Case yang diikuti oleh Mahasiswa. Mereka mempresentasikan tentang ide bisnis mereka yang dikaitkan dengan bisnis tentang kedirgantaraan. Lomba ini berlangsung di FTMD R.4104.

1518477368045

Terakhir adalah Lomba Roket Air yang diikuti oleh siswa-siswi SMP. Lomba ini tidak dilaksanakan di kampus ITB, melainkan di Lapangan ARCAMANIK, karena untuk penluncuran roket itu sendiri memerlukan lapangan yang luas. Acara berlangsung dengan meriah, karena pengumuman untuk pemenang roket air diumumkan saat itu juga. Setelah itu para peserta lomba dimobilisasi kembali ke ITB.

1518477362223
Acara diakhiri dengan makan malam bersama di Aula Barat. Gala Dinner dimulai pukul 18.00. Di Gala Dinner ini juga terdapat sesi tanya jawab. Acara ini berakhir pukul 22.00.

Nah gimana Aerocreation Day-1 nya? Seru banget kan? Nantikan keseruan Aerocreation Day-3 di artikel selanjutnya yaa!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *