365 New Days, 365+ New Chances

Duh, gak kerasa ya udah 2015 aja. Perasaan baru tahun baruan deh kemarin pas 1 Januari 2014… Tapi namanya juga waktu, akan selalu berjalan, seperti yang dibilang Walt Disney, “We keep moving forward, opening new doors, and doing new things, because we’re curious and curiosity keeps leading us down new paths.”

Review:

Tahun 2014 ini, gue merasa tahun yang membanggakan dan menyenangkan orangtua. Kenapa? Karena gue berhasil meraih NEM yang diinginkan, dan nggak membuat orang tua kalang kabut nyari sekolah. Dibandingkan dengan NEM waktu SD, NEM SMP bisa membuat orang tua gue tenang. Gue bisa masuk SMAN 81 Jakarta dengan mudah, melalui jalur umum. Orang tua gue juga ikut senang karena SMAN 81 adalah sekolah yang sudah gue impikan dari dulu.

Selain itu, di tahun 2014 juga gue ketemu teman-teman baru yang asyik banget. Dari MOPDB, ekskul, dan teman sekelas. Teman-teman itu juga selalu bisa bikin gue ketawa disaat mood lagi jelek. Teman-teman itu membantu juga dalam hal pelajaran. Saling bertukar ilmu lah istilahnya. Ada yang jago Matematika, dibagi. Jago Fisika, dibagi, Jago Kimia, dibagi. Jago Bahasa Jerman, dibagi. Pokoknya saling membagi, jadi semuanya dapat.

Tapi nggak tau kenapa, di tahun 2014 juga nilai gue turun. Turun banget. Apa mungkin karena gue suka nyepelehin ya? Sifat ini yang akan gue ubah, ubah banget. Gue juga nggak merasa nyaman dengan nilai turun ini. Gue juga takut banget kalo orang-orang akan mengira NEM gue itu ‘palsu’, padahal nggak. Emang bener-bener nilai gue turun kalo gue suka nyepelehin pelajaran.

Di tahun 2014 juga gue merasakan gimana kurikulum 2013. Yang banyak kerja kelompok, buat video, buat presentasi sampe jam 12. Capek, bener-bener capek. Tapi gimana, konsep kurikulum 2013 emang kayak gitu. Ikutin aja, semoga Tuhan memberikan yang terbaik!

Wish List dan Resolusi gue untuk tahun 2015:

Karena gue punya banyak wish list dan resolusi, jadi disini gue cuma tulis 10 dan itu yang paling gue inginkan dan ingin gue capai & rubah :)

1. Lebih rajin ibadah

Gue jujur aja nih, sholat gue juga masih bolong-bolong kok. Gue sering dimarahin karena ada aja sholat yang kelewat, kayak Isya. Tahun ini gue akan mencoba sholat lebih rajin dan tepat waktu supaya jadi kebiasaan, lalu membuat gue merasa itu kewajiban 😀

2. Lebih membanggakan orang tua

Gue pengin membuat orang tua gue bangga akan apa yang mereka inginkan dari gue. Mereka selalu berharap banyak sama gue, dan gue nggak mau ngecewain 😉

3. Nggak ngerepotin orang tua

Gue selalu bikin orang tua gue nurutin keinginan gue, dan kali ini gue mau berusaha supaya keinginan gue bisa tercapai tanpa ngerepotin mereka!

4. Membantu orang tua dalam segala hal

Gue termasuk anak yang mmmales se-2014. Males gerak, males ini itu. Gue senengnya tidur-tiduran di kamar, liat YouTube, apalagi liat BuzzFeed, hoho. Gue juga gak tau kenapa itu addicting banget. Mungkin itu juga yang bikin nilai gue turun kali ya?

5. Mendapat nilai-nilai yang memuaskan

Sebenernya sih gue udah sadar gue males banget, suka nyepelehin pelajaran, dan males ngerangkum buku dan bikin catatan. Resolusi gue adalah gue akan lebih serius dan tekun dalam belajar, dan harapan gue, gue mendapat hasil yang memuaskan dari belajar gue.

6. Keinginan tercapai

Gue selalu punya keinginan dari yang logis sampai nggak logis. Dan gue akan selalu berusaha mencapai keinginan itu, dan once again, nggak akan ngerepotin orang tua pastinya!

7. Menggunakan kesempatan sebaik-baiknya

Seperti judul di atas, 365 New Days, 365+ New Chances, akan banyak kesempatan baru yang akan datang. Gue paling payah dalam mengambil dan menggunakan kesempatan, karena biasanya gue ‘nggak peka’ kalau ada kesempatan di sekitar. Mulai tahun 2015 gue akan berusaha menggunakan kesempatan sebaik-baiknya.

8. Berguna untuk banyak orang

Gue selalu ngerepotin orang kalau ada kebutuhan. Mulai kali ini gue akan belajar supaya berguna untuk banyak orang. Itung-itung membalas jasa dan melatih diri dalam hal membantu. 😀

9. Ngerubah kebiasaan buruk

Gue punya kebiasaan buruk, banyak banget. Gue juga ngerasa kebiasaan yang ada di diri gue hampir kebiasaan buruk semua. Mulai tahun ini gue akan merubah kebiasaan buruk gue menjadi kebiasaan baik. 😉

10. Menjadi lebih baik dari sebelumnya

Dari apa yang sudah gue lakukan di 2014 dan tahun-tahun sebelumnya, gue ingin menjadi lebih baik dan dapat menjadi orang yang nggak hanya baik untuk diri gue sendiri, tapi untuk orang lain juga. Dari resolusi dan wish list di atas, gue akan berusaha melakukan yang terbaik agar semuanya tercapai.

Segitu dulu ya review 2014 dan resolusi 2015-nya. Semoga kita semua dapat melaksanakannya dengan baik dan semua keinginannya tercapai. Amiiin ya Rabbal Alamin!

 

Firda Auliannisa Chusniyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *