Amazing Experience About Gundam at GJUI

cara membuat gundamPada hari Jumat, 5 Juli 2013, kelompok 1 yang beranggotakan Shafira, Shabrina Asmarani, dan Evita Laras Dewayanti pergi mengunjungi Gelar Jepang 19 yang diadakan di Faklutas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia. Pelaksanaannya yaitu dari pukul 13.00―17.00 dengan beberapa sesi. Kami tiba di sana sekitar pukul 12 siang dengan terlebih dahulu menyerahkan boarding pass di pintu masuk dan juga daftar ulang di Uketsuke. Di sana diadakan beberapa workshop, seperti workshop Gundam, chanoyu, manga, dsb. Di sana juga diadakan beberapa lomba, seperti lomba fanart. Namun, kami lebih memilih mengikuti workshop Gundam karena terdengar menarik.

foto kelompokDengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000 kami bisa mengikuti workshop tersebut. Tepat pukul 13.00 kami memasuki ruangan workshop yang berada di lantai 2 ruang 218 tepatnya. Memang Gundam itu cenderung diminati oleh kaum laki-laki ini terbukti dari pengunjung workshop Gundam hanya beberapa yang wanita. Mungkin kalian dari tadi bertanya-tanya sebenarnya Gundam itu apa ya? Gundam itu adalah sebutan bagi mainan robot yang diciptakan oleh Yoshiyuki Tomino, seorang pencipta anime dari Jepang. Nah, di workshop ini kita dapat mengetahui bagaimana cara membuat Gundam itu sendiri.

Pertama-tama kami diperkenalkan dengan ketua pelaksana dan pengajarnya. Pengajarnya bernama Novan, dia seorang mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Teknik bidang arsitektur dan dia sudah menguasai ilmu Gundam sejak lama terbukti dia juga pernah mengikuti kompetisi tingkat internasional. Menurut informasi yang kami terima, diketahui bahwa workshop Gundam ini sudah berlangsung selama lima periode. Setelah pengenalan, para peserta pun diberikan masing-masing satu kotak yang berisi panduan dan beberapa macam komponen untuk membuat Gundam.

hasil gundamAwalnya, kami diberi contoh bagaimana cara merakitnya, diawali dengan merakit bagian kepala, tangan, dan yang lainnya. Kak Novan mengatakan bahwa akan ada hadiah untuk tiga orang tercepat. Saat kami merakit gundam, waktu yang diberikan juga tidak terlalu lama. Akhirnya waktu pun selesai setelah orang ketiga tercepat dapat menyelesaikan Gundamnya dengan baik. Setelah selesai workshop, kami berfoto bersama dan segera meninggalkan ruangan karena akan diadakan sesi berikutnya dan juga sudah banyak peserta yang menunggu diluar. Rakitan yang kami kerjakan juga diperbolehkan untuk dibawa pulang.

Setelah mengikuti workshop tersebut kami jadi mengetahui bagaimana Gundam itu sebenarnya dan merakit Gundam dengan tangan sendiri juga tidak susah bisa dilakukan oleh siapa saja sekalipun orang yang tidak pernah mengenal Gundam sebelumnya. Tak lupa di sana kami juga mewawancarai beberapa peserta workshop gundam. Berikut hasil wawancaranya :

Mengapa kamu tertarik mengikuti workshop Gundam?

– Karena saya memang pecinta Gundam (Nofal, pengunjung)
– Saya tertarik karena hadiahnya (Kemal, FIB Jepang UI)
– Saya pengen tau aja ngerakit rakit gundam (Sultan, kerja)
– Saya tertarik karena memang hobi dan gundam itu keren (Fadhli, Mahasiswa Bogor)

Sudah berapa lama mengetahui Gundam?

– Sekitar 1 tahun yang lalu (Nofal, pengunjung)
– Sudah dari kecil dari SD udah tau Gundam (Kemal, FIB Jepang UI)
– Udah dari lama suka Gundam jepang kira-kira dari tahun 2005, ya suka aja sih bukan koleksi (Sultan, kerja)
– Saya suka sejak setahun yang lalu (Fadhli, mahasiswa Bogor)

Darimana kamu mengetahui tentang gundam?

– Saya tahu gundam dari ngeliat koleksi-koleksi temen (Noval, pengunjung)
– Tau gundam dari anime (Kemal FIB Jepang UI)
– Dari anime yang Gundam Wings (Sultan, kerja)
– Dari anime (Fadhli, mahasiswa Bogor)

Oleh:

Evita Laras Shabrina Asmarani Shafira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *