Apa Sih yang Bikin Jakarta Macet?

Jakarta… Jakarta… terkenal banget deh sama yang namanya macet. Kalo enggak macet ya… berarti lagi Lebaran atau enggak lagi mimpi kali kalo Jakarta enggak macet. Guru-guru juga enggak mau tuh terima alesan dateng ke sekolah telat gara-gara ‘macet’. Yang orang luar negeri bingungin sama Indonesia tuh cuma satu, katanya jalan bebas hambatan tapi tetep macet, emang macet bukan hambatan? Enggak stress apa ngeliatnya macet mulu? Rugi banget gak sih kalo punya Ferrari, tapi makenya di Jakarta? Hel-lo rugi banget pasti, kena macet mulu, gak bisa ngebut. Tapi pernah gak sih mikir apa yang bikin Jakarta macet? Gara-gara kebanyakan kendaran? Gara-gara jalannya kecil? Gara-gara pada gak patuh lalu lintas? Ayok deh kita cari penyebab macet di Jakarta.

 

 

 

Ternyata penyebab macet di ibukota kita tuh banyak banget loooh… Dari arus urbanisasi yang besar-besaran dari desa ke kota, ini nih yang mengakibatkan bertambahnya penduduk di ibukota Jakarta. Jakarta udah padat penduduk juga masih aja ditambahin. :(

 

Ada kemungkin tahun 2030 udah gak pada bisa keluar rumah nih gara-gara macet, masa iya mau kayak gitu? Kekurung di rumah sendiri dong. :(

 

Setiap menit detiknya selalu ada kendaraan baru, apalagi sepeda motor, sepeda motor di Jakarta bagaikan semut yang mendapatkan gula hahaha, banyak banget. Penyalahgunaan ruas jalan, nah ini lagi, kadang kita udah gak tahan sama macet akhirnya masuk ke busway dan mengakibatkan macet di busway, kan kasian Transjakartanya. :(

 

Pembangun busway yang mempersempit jalan, haduh Pak kalo mau jalur Transjakarta di jalan yang lebar dong Pak, kasian pengguna kendaraan yang jalannya udah sempit malah dipersempit lagi. Hingga orang yang memiliki ekonomi yang baik memiliki lebih dari dua kendaraan per keluarganya, bayangkan saja jika satu kelurga memiliki 3 orang anak dan setiap anak memiliki kendaraan pribadi masing-masing, sungguh tak terbayangkan hahaha.

 

Jumlah dan jenis infrastruktur yang tidak cukup menampung total kendaraan yang lewat, ini tuh ibarat hati yang belom bisa move on, tapi udah harus banget banget move on, bisa sih move, tapi lama banget kayak macet ahaha.

 

Banjir juga turut menjadi salah satu penyebab kemacetan di Jakarta loh. Bayangin aja kalo Jakarta banjir pasti pengendara bakal jalan dengan kecepatan dibawah rata-rata kan? Itu tuh yang nyebabin macet juga. Sebenernya masih banyak lagi sih penyebab macet. Terus cara mencegah macet gimana dong? Macet kan bikin stress. Udah naik aja kendaraan umum, gak bikin stress dan murah meriah hahaha. Pasti semua pengen kan naik kendaraan cuma pada takut akan keselamatannya? Sama dong sama saya ehehe.

 

Banyak-banyak doa deh biar selamat sampai tujuan. Semuanya mulai dari kita sendiri sih. Ayo mulai naik kendaraan umum dan… dijaga juga ya kendaraan umumnya, jangan cuma dinaikin doang, biar nyaman juga tuh naiknya, eheheh.

 

KALAU BUKAN KITA, SIAPA LAGI? HILANGKAN MACET DI JAKARTA!

 

Rafadilla Putri Alvarisa (nametag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *