Ready to be a leader?

Manusia, sebagai makhluk sosial, tidak lepas dari interaksi sosial. Salah satu di antaranya adalah kepemimpinan. Hari ini, gue bakal ngebahas tentang kepemimpinan.

 

Pemimpin adalah orang yang mampu memimpin sekelompok orang ke tempat yang mereka tuju. Pemimpin punya visi, komitmen, dan skill supaya bisa membawa orang-orang yang dipimpinnya ke tujuan mereka masing-masing.

 

Pemimpin harus bisa:

 

1. Membuat perubahan

Pemimpin gak boleh cuma bisa janji, tetapi harus bisa mewujudkannya. Seorang pemimpin harus bisa membuat perubahan yang dapat kita percaya, perubahan yang dapat membuat kita menganggap pantas bahwa orang inilah yang patut dipanggil pemimpin.

 

2. Inspirational

Pemimpin juga harus bisa menginspirasi orang. Kenapa? Karena jika ia bisa menginspirasi orang utk melakukan sesuatu, berarti ia bisa mengubah orang tsb dari yg ‘gak mau’ menjadi ‘bener juga sih katanya, mungkin gue harus coba..’. Jika ia bisa mengubah orang lain, berarti dia memiliki potensi utk mengubah kita semua.

 

3. Membangun sistem

Dalam sebuah organisasi, dibutuhkan sistem dan fondasi yang kuat. Kepengurusannya harus dipegang dengan benar agar organisasi tsb tidak runtuh. Seorang pemimpin harus bisa menjaga sistem organisasinya agar tidak runtuh.

 

4. Berani ngomong

Pemimpin harus berani ngomong, jangan cuma ngomong di belakang, tapi ngomong di depan umum. Karena kalo seorang pemimpin aja gak bisa ngomong di depan umum, gimana dia mau mimpin orang?

“Kejahatan terjadi bukan karena orang jahat yang semakin merajalela. Tetapi orang baik yang tidak berani berbicara” –anonymous

 

5. Memberi kesempatan

Pemimpin yang baik memberi kesempatan utk anggotanya supaya bisa ikut membantu projek bersama yang sedang dituju. Seorang pemimpin gak bisa mengurus segala hal sendirian, di sinilah di saat di mana ia bisa memberi kesempatan utk anggotanya agar bisa ikut membantu.

 

6. Create new leaders

Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bisa menciptakan pemimpin-pemimpin baru. Kalau yang ini, ini gak semua pemimpin harus bisa, tetapi jika seseorang telah melakukannya, berarti ia telah dianggap berhasil mjd pemimpin.

 

Pemimpin gak tiba-tiba muncul gitu aja. Ada prosesnya gimana pemimpin itu bisa ada. Di sini gue bakal jelasin 5 tipe kepemimpinan. Ini gue jelasin dari nomor yang paling bawah sampe yang paling atas ya.

 

5. Position

Tipe ini, orang-orang mengikuti karena mereka ‘harus’. Ini sebuah kewajiban, karena kalo mereka gak nurut bakal ada hal buruk yg menimpa mereka. Tipe ini yang paling bawah karena ya yang ngikutin itu mau gak mau harus ikut.

 

4. Respect

Kalau tipe yg ini, orang-orang mengikuti karena mereka ‘mau’. Ini 1 tingkat di atas tipe yg sebelumnya. Kali ini, mereka punya keinginan utk mengikuti pemimpin itu. Tetapi keinginan mereka terbatas. Setelah keinginan tsb tercapai, mungkin mereka akan berhenti mengikuti pemimpin tsb.

 

3. Results

Tipe yg ini, orang-orang mengikuti karena ‘perubahan’ yang telah dibuat si pemimpin, ke organisasi tsb. Jadi karena pemimpin tsb telah berhasil membuat perubahan ke organisasi, orang-orang mulai percaya, dan mulai mempercayakan pemimpin tsb.

 

2. People development

Tipe ini, orang-orang mengikuti karena ‘perubahan’ yg telah dibuat si pemimpin, ke orang-orang tersebut. Kali ini gak cuma buat organisasinya, tetapi juga buat orang-orang di dalamnya. Tipe yg ini termasuk bagus karena selain membuat perubahan ke hal sekitarnya, pemimpin ini juga sudah berhasil membuat perubahan ke orang-orang.

 

1. Personhood

Tipe ini adalah tipe yang paling atas di antara tipe-tipe kepemimpinan lainnya. Di tipe ini, orang-orang mengikuti karena kepribadian si pemimpin. Mereka yakin dengan si pemimpin, bukan cuma karena mereka harus, atau cuma karena ingin, atau cuma karena perubahan yang dibuat si pemimpin, tetapi karena mereka yakin dengan pemimpin tersebut sepenuhnya, bahwa dia adalah orang yang pantas utk memimpin sebuah organisasi. Tipe ini memang jarang ditemui, tetapi inilah tipe kepemimpinan terbaik, menurut gue.

 

Jadi pemimpin itu gak gampang. Pemimpin punya tanggung jawab yang besar. Pemimpin harus bisa jadi panutan, jadi contoh buat anggotanya.

Therefore, are you ready to be a leader? 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *