Asal Usul Santa Claus, Si Pemberi Hadiah di Malam Natal

Hai, P-assengers! Kembali lagi di artikel PIDAS81, nih. Wah, ternyata cepat sekali ya sekarang sudah bulan Desember. Sebentar lagi akan ada perayaan Natal, nih. Biasanya Natal digambarkan dengan adanya Santa Claus, Si Pemberi Hadiah. Sebenarnya kita juga sering bertanya-tanya, Santa Claus itu asalnya dari mana, sih? Nah, di kesempatan kali ini, yuk kita bahas asal usulnya Santa Claus. Ikuti artikelnya sampai habis ya!

Natal merupakan hari untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus, tepatnya pada 25 Desember. Namun, pada awalnya hari kelahiran Yesus tidak dirayakan karena Alkitab tidak menyebutkan tanggal kelahiran-Nya. Setelah itu banyak bukti yang menunjukkan bahwa kelahiran-Nya pada musim semi. Lalu, Paus Julius I memilih tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus. Menyebarlah berita ini sampai ke Mesir pada tahun 432 dan Inggris pada akhir abad keenam. Tetapi karena hari kelahiran Yesus juga tidak pasti, ada beberapa negara dan Gereja yang merayakannya bukan pada 25 Desember.

Nah, P-assengers begitu cerita singkat tentang Natal. Selanjutnya yuk kita bahas tentang Santa Claus yang berbaju merah itu. Santa Claus dikenal juga dengan nama Santo Nikolas. Santa sendiri berasal dari tokoh dalam cerita rakyat Eropa, yaitu Nikolas dari Myra. Nikolas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.

Santa Claus digambarkan meninggalkan hadiah karena salah satu pendiri New York Historical Society, John Pintard sangat tertarik dengan cerita St. Nikolas. Kemudian saat pesta ulang tahun St. Nikolas pada tahun 1810, Alexander Anderson ditugaskan menggambar sosok St. Nikolas yang terlihat meletakkan hadiah di kaus kaki yang tergantung pada perapian. Sedangkan untuk konsep Santa Claus menaiki kereta salju ada karena seseorang bernama Clement Moore memberi elemen dari legenda Jerman dan Norwegia. Beliau membuat Santa terlihat seperti peri atau malaikat dengan menambahkan konsep kereta salju yang ditarik oleh delapan rusa.

Nah, P-assengers Santa Claus sendiri dianggap penting karena menyebar pesan baik, mirip dengan Yesus Kristus. Adanya Santa Claus sendiri diharapkan supaya anak-anak harus selalu bersuka cita dan bermurah hati. Segitu saja tentang asal usul Santa Claus ini. Sampai bertemu lagi P-assengers. Selamat merayakan Natal juga bagi P-assengers yang merayakan!

Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Natal
  2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201225124948-284-586231/sejarah-natal-hingga-asal-usul-sinterklas
  3. https://wartakota.tribunnews.com/2015/12/26/sejarah-dan-asal-usul-santa-claus
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Sinterklas#:~:text=Santa%20berasal%20dari%20tokoh%20dalam,bagian%20dari%20Demre%2C%20Turki).

Leave a Reply

Your email address will not be published.