PIDAS v3.0 Marvellous

Tentang PIDAS dan Segala Sesuatunya

Malam ini, saya kembali menulis di situs ini. Sudah lama rasanya tidak ‘menengok’ tulisan-tulisan di sini, dan sembari membaca tulisan anak-anak PIDAS, saya memutuskan untuk menulis sesuatu. Apa ya? Sejujurnya, saya enggak tahu mau menulis apa. Mungkin sedikit cerita soal perjalanan tiga tahun terakhir bersama PIDAS. Foto kiriman Fauzan Al-Rasyid (@fauzanalrasyid) pada Apr 6, 2015[…]

NMK

Untukmu Anak Indonesia

Iya, artinya KAMU, diri kamu, yang sedang membaca tulisan ini. Memangnya siapa lagi? Negara ini membutuhkan kamu, bukan orang lain, tapi K-A-M-U. Negeri ini sedang sakit parah. Korupsi merajalela, ah itu basi! Kemiskinan di mana-mana, ah itu berita lama! Ketidakadilan menjadi “hukum” di negeri, ah itu juga berita kuno! Apa lagi? Kemacetan? Kebakaran hutan? Demonstrasi[…]

englishhat

Bahasa Asing: Mahir atau Tidak Adalah Pilihan

Masih meyambung artikel saya sebelumnya soal persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun ini, sakarang saya akan membahas soal tips belajar bahasa asing. Pada artikel sebelumnya, saya mengatakan bahwa kini orang bisa berbahasa Inggris itu adalah hal biasa, bukan sesuatu yang istimewa. Karena itu, coba kuasailah minimal satu bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris. Dengan[…]

ASEAN-848x379 (1)

MEA Mendekat, Yakin Masih Malas Belajar Bahasa Inggris?

Siapa yang pernah ngerasa (atau masih sampai sekarang) kurang Pe-De ngomong dalam bahasa Inggris? Atau, siapa yang masih suka ngeles, “gue sih cinta Indonesia aja”? Pastinya, soal “cinta” (dalam hal ini) enggak bisa jadi pembenaran enggak bisa bahasa Inggris. Kenapa sih kita harus bisa banget bahasa Inggris? Ya, semua pasti tahu kalau bahasa Inggris ini sudah jadi[…]

Wanita, Akhlak, dan Jilbab

Jika engkau berjilbab dan ada orang yang mempermasalahkan akhlakmu, katakan kepada mereka bahwa antara jilbab dan akhlak adalah dua hal yang berbeda. Berjilbab adalah murni perintah Allah; wajib untuk wanita muslim yang telah baligh tanpa memandang akhlaknya baik atau buruk. Di lain hal, akhlak adalah budi pekerti yang bergantung pada pribadi masing-masing. Jika seorang wanita[…]

286Larangan-Merokok-di-Angkutan-Umum

Balada Perokok dalam Angkutan Umum

Entah kenapa hari ini saya lagi semangat menulis, khususnya tentang segala keresahan yang saya rasakan. Kali ini saya mau cerita tentang merokok di angkutan umum. Mungkin melihat orang yang merokok di angkutan umum bukanlah pemandangan yang asing bagi kita yang sehari-hari naik kendaraan umum. Bagi saya pribadi, saat-saat berada di kendaraan umum itu rasanya seperti[…]

Folbek Dong…

Ini satu lagi kisah yang sebenarnya cuma uneg-uneg saya saja dan sejujurnya bukan suatu hal yang sangat penting, tapi saya tetap merasa perlu untuk mencurahkannya. Saya mau sedikit mengeluh (kalau boleh) dengan orang-orang Indonesia yang suka minta folbek alias “follow back” (ikuti balik) yang sangat populer di kalangan pengguna Twitter, khususnya di Indonesia. Anyway, mungkin sedikit intro[…]

Senioritas

Balada Senioritas Anak Bangsa

Ih sumpah deh gue sebel banget sama Kakak X! Kita udah capek-capek bikin tugasnya, masih aja dimarah-marahin. Ya paling enggak hargain dikit kek usaha kita! Percayalah, kita semua pernah berada di posisi ini. Posisi sebagai seorang junior yang merasa menjadi bahan “kesenangan” senior atau sekedar pelampiasan akan memori masa lalu. Kemungkinan besar kejadian semacam ini[…]

PIDAS Rekan Media Resmi BK UI 14 & GRAFITY UI 2013

Teman-teman PIDAS dan siswa-siswi SMA Negeri 81 Jakarta yang selalu saya banggakan, malam ini ada satu hal yang begitu ingin saya sampaikan, sesuatu yang saya rasa sangat membanggakan dan sekaligus saya anggap sebagai loncatan besar bagi PIDAS SMA Negeri 81 Jakarta. Beberapa bulan ini mungkin kita sudah melihat bagaimana teman-teman PIDAS telah bekerja keras untuk[…]