Bagaimana Pemimpin yang Dapat Memajukan Indonesia?

Sebuah negara tentu butuh pemimpin yang dapat memimpin negaranya dengan baik. Presiden adalah seorang pemimpin yang memimpin negara.  Jika kinerja pemimpin dapat membuat negara tersebut menjadi maju, tentu siapa yang tidak mau? Dan setiap orang mempunyai kriteria pemimpin mereka masing-masing yang sesuai dengan kepribadiannya. Namun di Indonesia, karena kita adalah negara demokratis kita belajar untuk menghargai pendapat orang lain, salah satu contohnya adalah musyawarah untuk mencapai sebuah kesepakatan. Sisi demokrasi lain adalah dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Warga menyumbang suara mereka untuk mendukung pemimpin yang sesuai dengan kepribadian mereka, ataupun kepribadian bangsa itu sendiri. Namun, seperti apa sih presiden yang dapat memimpin negara Indonesia dengan baik? Menurut saya sendiri, ada beberapa kriteria pemimpin yang dapat memimpin dengan baik.

 

Yang pertama adalah pemimpin tersebut dapat merakyat. Maksud saya merakyat adalah pemimpin tersebut dapat menyempatkan waktunya untuk berpikir, atau berperilaku sebagai warga biasa. Dan pengertian lainnya pemimpin tersebut dapat mengerti aspirasi rakyat, menerima masukan, dan dapat memberikan solusi-solusi yang tepat dalam sebuah penyelesaian masalah. Menurut saya jika Indonesia dipimpin oleh orang yang merakyat, seperti contohnya Joko Widodo, warga mendapatkan kepercayaan yang lebih terhadap pemimpin tersebut sehingga program kerja pemimpin tersebut dapat didukung oleh warga Indonesia.

 

Yang kedua, pemimpin tersebut harus profesional. Profesional dapat berarti pemimpin tersebut dapat berperilaku sebagaimana seharusnya menjadi seorang presiden yang baik dan benar. Pemimpin tersebut dapat memimpin, mengatur, dan mengkoordinir semua kinerja pemerintahan di Indonesia dengan baik. Dan juga pemimpin tersebut dapat berperilaku tegas, jujur dan adil. Bayangkan saja jika Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang tidak tegas, peraturan-peraturan di Indonesia tidak akan berjalan dengan baik dan dapat merusak negara. Dan juga jika pemimpin tersebut dapat jujur dan adil, tentu mendapatkan kepercayaan yang lebih dari warga Indonesia.

 

Yang ketiga, pemimpin tersebut memiliki sifat rendah hati. Pemimpin memang memegang kekuasaan tertinggi untuk memimpin yang dipimpin, namun bukan berarti pemimpin tersebut dapat tinggi hati memamerkan kekuasaan atau hartanya. Sekali lagi, contohnya adalah Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta. Jokowi memiliki sifat rendah hati, walaupun dia memimpin DKI Jakarta, beliau tetap menyempatkan waktunya menelusuri daerah yang banjir, dengan menggunakan gerobak. Menurut saya ini adalah sifat yang mulia yang seharusnya memang dimiliki pemimpin.

 

Last but not least, patuh terhadap agama. Pada dasarnya ini semua berbalik kepada kepercayaan kita masing-masing. Tanpa adanya Tuhan, tentu tidak ada negara karena pada hakikatnya negara merupakan anugerah yang diberikan Tuhan. Jika pemimpin tersebut memiliki kepercayaan dan sepenuhnya menjalani ibadah sesuai agamanya, dan terus berdoa, bertakwa tentu juga dapat membuat negara Indonesia menjadi maju.

 

Ada banyak kriteria pemimpin yang baik dari opini saya, namun menurut saya yang terpenting adalah merakyat, profesional, rendah hati, dan patuh terhadap agama. Jika Indonesia sudah dipimpin oleh presiden yang sepenuhnya memenuhi kriteria diatas, Indonesia dapat maju. Amin! :)

 

Dody Virgiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *