Belajar Bisnis dari Ahlinya di BOS SMAN 81 Jakarta

Pak Jusuf Kalla sedang menyampaikan materi mengenai pentingnya semangat berbisnis di kalangan pemuda.

Pak Jusuf Kalla sedang menyampaikan materi mengenai pentingnya semangat berbisnis di kalangan pemuda.

Business Organizing Seminar. Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kalimat itu? Mungkin Anda akan berpikiran, suatu seminar mengenai bisnis, atau suatu seminar mengenai cara berbisnis. Business Organizing Seminar (BOS) merupakan sebuah seminar yang diadakan oleh Pengurus OSIS Prasthaziva Sthiradaksa, SMAN 81 Jakarta, pada hari Sabtu, 31 Agustus 2013 yang bertempat di Auditorium Perpustakaan Universitas Indonesia, Depok. Acara yang diketuai oleh Ali Akbar ini dihadiri oleh dua narasumber ternama, yaitu mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan Hamzah Izzulhaq, seorang pengusaha yang sukses meniti karirnya di dunia bisnis pada usia yang masih terbilang muda.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia BOS. Setelah itu, acara juga disambut oleh Ketua OSIS SMAN 81 Jakarta, Alfredo Dwi Andrianto, dan Kepala SMAN 81 Jakarta yang diwakili oleh Bapak Edi Sukmadi selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Acara pun dilanjutkan dengan tayangan film “10 Myths of Entrepreneurship”.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kehadiran mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla. Bapak Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil Pak JK ini memberikan motivasi-motivasi di dunia usaha. Beliau memang sudah sangat berpengalaman di dunia bisnis. Sudah terhitung sekitar 35 sampai 40 tahun Pak JK terjun di bidang usaha. Pria yang berusia 71 tahun ini, sekarang menjabat menjadi komisaris utama di perusahaannya, PT Bukaka Teknik Utama.

Di dalam seminar BOS, Pak JK memberikan ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat. Di dalam seminarnya, hal yang paling ditekankan adalah kefokusan Anda tersendiri ketika menjalankan suatu usaha. Seperti Pak JK bilang, “Jika Anda mengenyampingkan usaha, pengusaha lain akan mengenyampingkan Anda.”

Dalam seminar tersebut, pria asal Sulawesi Selatan ini juga menekankan bahwa dibutuhkan suatu kemauan yang tinggi dalam menciptakan suatu karya yang inovatif dan kreatif.

Setelah pemberian materi oleh Pak Jusuf Kalla diadakan sesi tanya jawab. Hadirin terlihat antusias dalam bertanya dan mendengarkan. Mungkin karena ini merupakan momen yang barangkali hanya sekali seumur hidup Anda. Setelah sesi tanya jawab, diadakan sesi foto bersama dengan mantan Wakil Presiden Indonesia ini. Peserta sangat antusias untuk menunggu gilirannya dapat mengabadikan keberadaannya bersama Pak JK ini. Namun, sangat disayangkan, Pak Jusuf Kalla tidak dapat hadir lebih lama karena beliau memiliki kesibukan lain.

Setelah pemberian materi oleh Pak Jusuf Kalla, diadakan ISHOMA (istirahat, sholat dan makan). Para peserta diberikan waktu sekitar satu jam untuk dapat menikmati makan siang yang telah disiapkan oleh panitia BOS. Tentu ini juga merupakan waktu yang tepat bagi para peserta yang mungkin belum pernah mengunjungi salah satu perpustakaan terbesar ini.

Acara pun kembali dilanjutkan sekitar pukul 13.20 dengan hadirnya pembicara kedua BOS, yang juga merupakan pembicara yang ditunggu-tunggu, Hamzah Izzulhaq. Hamzah Izzulhaq adalah seorang pengusaha sukses termuda versi Ciputra yang sudah menjadi CEO dari Hamasa Indonesia.

Seminar Hamzah Izzulhaq kali ini bertemakan “Menjadi Pengusaha Sejak Muda”. Beliau adalah sosok pengusaha yang memiliki cerita-cerita perjuangannya yang menarik untuk diingat, yang dapat membangkitkan motivasi-motivasi para pengusaha lainnya. Berawal dari sebuah transaksi kecil-kecilan bersama temannya, sekarang menjadi sebuah perusahaan besar. Apalagi semua itu dengan cepat diraih pada saat beliau masih berusia 20 tahun saja. Tentunya hal ini membangkitkan motivasi para peserta, ditambah dengan penyajian-penyajian materi oleh Hamzah Izzulhaq secara jelas, menarik, dan santai.

Setelah mengikuti Bussiness Organizing Seminar ini, banyak sekali ilmu yang didapat, seperti menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah. Dibutuhkan suatu tekad dan kemauan yang kuat untuk berkarya dan berinovasi dengan kreatifitas-kreatifitas Anda. Tetapi satu hal yang jangan pernah Anda lupakan, janganlah pernah berhenti bermimpi besar. Karena rata-rata semua kesuksesan diawali dengan mimpi yang besar. So, think creative and be innovative!

 

Varellia Erend 2

One thought on “Belajar Bisnis dari Ahlinya di BOS SMAN 81 Jakarta

  • Kegiatan yang sangat luar biasa, apalagi nara sumbernya adalah Pak JK. Salah satu orang terhebat di Indonesia.
    Namun menurut saya, kesuksesan sebuah bisnis tidak dipengaruhi oleh saya yang mengajarkan bisnis tersebut, akan tetapi kesuksesan sebuah bisnis tercipta dari siapa pelaku bisnis itu sendiri. Jadi, seperti yang di uraikan Pak JK diatas, dalam kesuksesan itu dibutuhkan suatu kemauan yang tinggi untuk menciptakan karya yang inovatif dan kreatif. Dan tentunya jangan mudah menyererah, harus tekun dalam menghadapi lika-liku bisnis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *