Berawal dari Tulisan: Mental Health

Halo, P-assengers! Kembali lagi dengan PIDAS81, nih. Di artikel kali ini, kita akan sama-sama mengulas tentang topik yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih karena berdampak besar bagi kehidupan kita, yaitu kesehatan mental. Kira-kira kenapa ya kesehatan mental itu penting banget? Untuk mengetahui jawabannya, simak tulisan ini lebih lanjut, yuk!

Artikel ini ditulis sebagai wujud partisipasi PIDAS81 dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati pada 10 Oktober kemarin. Untuk mengetahui pemahaman P-assengers tentang mental health, sebelumnya PIDAS telah menyebarkan angket yang berisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan topik ini. Dan hasilnya keren-keren banget karena sudah banyak yang sadar dan paham akan betapa pentingnya mental health bagi kehidupan.

infographic 1 fix (1)

infographic 2 fix

Supaya pemahaman kalian lebih luas lagi, kami akan mengulasnya satu persatu, nih! Mulai dari pertanyaan pertama hingga terakhir.

Pertanyaan 1: Menurut kalian apa itu mental health?

Ditinjau dari angket yang telah disebarkan, rata-rata menjawab kalau mental health itu adalah kondisi di mana suatu individu dapat mengelola stress dan menjaga kestabilan dirinya.

Jawabannya bener banget! PIDAS bantu lengkapin yaa jawabannya. Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, kesehatan mental itu merupakan tingkat kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan jiwa.

Jadi, seseorang dapat dikatakan memiliki kesehatan mental yang baik adalah saat seseorang tersebut berada dalam kondisi kejiwaan yang prima dan bebas dari gangguan, seperti anxiety dan depression.

Pertanyaan 2: Apa stigma masyarakat seputar mental health yang P-assengers ketahui?

Hal yang sangat disayangkan adalah masyarakat Indonesia masih sangat darurat dengan stigma kesehatan mental. Meskipun sudah banyak dibicarakan, tak sedikit orang Indonesia yang masih menganggap masalah ini adalah masalah yang sepele. Dengan berbagai keklenikannya, orang yang memiliki masalah gangguan mental adalah orang gila, kerasukan setan, atau bahkan orang yang pengetahuan agamanya kurang. Padahal pandangan itu salah besar dan sama sekali tidak benar.

“Stres mah hal biasa. Mendingan tidur deh, nanti juga hilang.”

“Lo kurang ibadah sih makanya jadi stres.”

Perkataan seperti itu masih dapat P-assengers temukan di sekitar pergaulan kalian, tapi tahu gak sih kalau kata-kata itu sama sekali ga membantu orang yang lagi mengalami gangguan kesehatan mental, malahan memperburuk kondisi mental mereka. Yang harus kalian lakukan adalah membantu penderita untuk bisa keluar dari masalahnya dan mengembalikan kondisi kejiwaannya.

Ingat ya, jangan pernah meremehkan yang namanya stres. Walaupun terlihat sepele, stres dapat menjadi bibit gangguan kejiwaan lainnya yang bisa berujung kepada bunuh diri. Makanya, stres harus ditangani dengan baik, ya P-assengers!

Pertanyaan 3: Seberapa penting kesehatan mental bagi kalian?

Jawabannya udah jelas, pasti kesehatan mental penting banget dong! Coba deh bayangin, kalau misalnya mental kalian lagi rusak banget, gak akan mungkin buat melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal, kan? Produktivitas kalian juga akan terganggu dan tentunya bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Pertanyaan 4: Menurut kalian, apakah PJJ dan PSBB memengaruhi mental health?

Kondisi pandemic memaksa kita untuk melaksanakan sekolah dari rumah atau PJJ. Ditambah lagi sama pemerintah yang mencanangkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar-Besaran, makin ga karuan deh pokoknya.

Ternyata nih, kedua faktor diatas sangat memengaruhi kondisi mental seseorang apalagi seorang pelajar seperti kita ini. Mengapa begitu? Karena kalau dibandingkan sama kondisi normal, kondisi sekarang sangat bertolak belakang. Misalnya, waktu sekolah offline kita bisa berinteraksi dengan teman-teman secara langsung untuk merefresh pikiran yang udah lelah sama tugas-tugas. Sementara di kondisi sekarang, kita sama sekali tidak bisa bertemu mereka karena PSBB.

Dilihat dari segi pemberian materi, tidak semua orang bisa langsung menangkap materi yang dijelaskan guru via online. Kendala jaringan dan fasilitas menjadi hambatan pembelajaran sehingga kegiatan belajar menjadi tidak maksimal. Hal ini bisa menambah beban pikiran bahkan membuat down yang bisa berdampak buruk bagi kondisi mental.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menjaga kesehatan mental?

Kesehatan mental yang kita miliki tidak selalu sama. Dapat berubah karena adanya perubahan lingkungan serta kita yang terus bergerak melewati tahapan kehidupan yang berbeda. Dengan adanya perubahan tersebut, maka kita diharapkan mampu untuk tetap menjaga agar memiliki kesehatan mental yang baik.

Cara praktis yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental kita:

1. Belajar menghargai dan menerima diri sendiri

Cara pertama ini penting banget buat kalian yang masih suka stres karena insecure atau overthinking. Coba deh mulai sekarang kalian berhenti membandingkan diri kalian dengan orang lain dan belajar mensyukuri apa yang kalian punya sekarang. Hargai diri kalian, kenali dan terima kelemahan kalian, namun fokus kepada kelebihan kalian. Setiap individu unik dengan caranya sendiri kok!

2. Istirahat

Buat kaum-kaum begadang, berhenti begadang yaa mulai sekarang! Kegiatan yang banyak apabila tidak diimbangi dengan istirahat akan membuat tubuh tertekan. Dengarkan tubuh kita sendiri. Jika tubuh sangat lelah, berikan waktu untuk tidur. Selain itu lakukan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca, menonton film, atau mencoba kegiatan baru yang menyenangkan.

3. Aktif Bergerak

Temukan olahraga yang kita sukai dan mulai lakukan. Latihan pada badan dipercaya dapat mengeluarkan senyawa kimiawi di dalam otak yang membuat kita merasa lebih baik. Oleh karena itu, olah raga teratur dapat membuat kita merasa lebih positif, membantu konsentrasi, tidur, serta membuat kita merasa dan terlihat lebih baik.

4. Bercerita Kepada Orang Lain

Bercerita mengenai perasaan yang dirasakan bukan menandakan bahwa kita lemah, tetapi merupakan bagian dari usaha kita untuk menjaga kesehatan mental. Didengarkan oleh orang lain membuat kita merasa didukung dan tidak sendirian. Mungkin awalnya sulit, namun jika terus dilakukan maka akan terbiasa. Oleh karena itu, carilah orang yang kalian bisa ajak berbicara dengan santai dan kemukakan apa yang ada di kepala kalian.

Nah, gimana artikelnya? Bermanfaat dong pastinya. Mulai sekarang selalu jaga kondisi mental kalian dan lakuin cara-cara di atas apabila kondisi mental kalian sudah mulai tidak baik.

Yah, gak kerasa udah saatnya PIDAS pamit. Kalau mau tau lebih lanjut tentang Mental Health, langsung cek aja nih di Youtube PIDAS81 di bagian bawah artikel ini! Sampai bertemu di artikel selanjutnya, P-assengers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *