Briefe Für 2021 und 2022

Ciao! Aku Riesya Ardine, anggota PIDAS81 dari News Cetak. Tak terasa, perjalanan panjang pada 2021 hampirlah usai. Berbagai momen suka maupun duka satu persatu menjadi kenangan masa lalu. Dari berbagai pengalaman tersebut, banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik guna pembelajaran di masa depan. Tulisan ini, kubuat sebagai wujud terima kasihku kepada 2021, serta salam pertemuan kepada 2022.

Berbicara tentang resolusi dan tahun baru, sejujurnya aku selalu kagum dengan orang-orang yang sudah mempunyai resolusi dan target rencana kedepannya. Karena, aku sendiri masih sering bingung jika ditanya, “Besok mau jadi apa?”, “Ada rencana ikut apa nih?”. Namun, melihat teman-teman yang lebih semangat menjalani sesuatu karena sudah punya target, aku juga jadi ingin membuat resolusi dan target untuk 2022!

Tahun 2021 merupakan “tahun transisi” bagiku. Banyak pengalaman-pengalaman baru dan banyak kejutan yang kudapat selama 2021. Salah satu pengalaman berkesan pada 2021, untuk pertama kalinya, aku mempelajari Bahasa Jerman (karena termasuk pelajaran sekolah juga, sih). Padahal sebelumnya, tidak pernah terpikir olehku untuk mempelajarinya. Selain itu, setahun pasca mulai menyebarnya wabah Covid-19, berbagai “tiang” yang rapuh kembali dibangun lagi. Berbagai instansi mulai kembali aktif menjalankan aktivitasnya. Begitu pula dengan sekolah. Akhirnya, pembelajaran tatap muka resmi dibuka lagi. Pengalaman baru 2021-ku lainnya adalah bergabung dengan organisasi PIDAS81. Tidak usah diragukan lagi, PIDAS81 memberi banyak sekali wawasan dan ilmu yang dapat kuterapkan sehari-hari.

Untuk itu, aku mengucapkan terima kasih kepada 2021 karena telah memberiku banyak pelajaran serta pengalaman yang berharga dan berkesan. Terima kasih karena telah menjadi tahun yang membuatku berkembang menjadi lebih baik. Di sisa tahun 2021—kira-kira sebulan lagi—aku berharap semoga kegiatan PAS yang aku dan teman-teman lain laksanakan dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga sisa satu bulan pada 2021 dapat menjadi detik-detik terakhir yang spesial. Danke, Auf Wiedersehen 2021!

Untuk 2022, sejujurnya aku mempunyai banyak sekali pertanyaan. Ada kejutan apa nanti? Saat naik kelas 11 nanti gimana? Apakah nanti aku masih melakukan kegiatan yang rutin kulakukan sekarang? Atau semuanya malah akan berubah dan berbeda jauh dari masa kini?

Pusing juga kalau dipikirin. Pokoknya, aku hanya berharap, semoga pada tahun yang akan datang, segala sesuatu yang terjadi di masa depan dapat menjadi pelajaran untukku. Kejadian manis maupun pahit yang akan datang kuharap tidak akan membuatku jatuh, namun justru menjadi motivasi yang membuatku semangat dalam menjalani hari-hari. Tidak sabar bertemu dengan kejutan 2022. Sampai jumpa satu bulan lagi. Willkommen 2022!

Leave a Reply

Your email address will not be published.