Bulan Bahasa 2018: “Seruan Pemuda Dalam Sebait Aksara”

Halo P-assangers!

Kali ini, PIDAS akan membahas Bulan Bahasa yang baru saja memeriahkan SMAN 81 Jakarta pada akhir Oktober ini!

Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang,

Jadi, kenalan dulu yuk dengan Bulan Bahasa!

Bulan Bahasa atau yang lebih kerap dipanggil “Bulba” merupakan acara tahunan yang dipersembahkan oleh Pengurus OSIS SMAN 81 Jakarta kabinet Pradhvasatya Zastravida.2018_1024_21571500

Dengan mengangkat tema “Seruan Pemuda Dalam Sebait Aksara”, Bulan Bahasa dilaksanakan untuk mengembangkan kegitan literasi dan mempersiapkan peserta didik dalam mewakili sekolah pada perlombaan FLS2N.

Acara dimulai pada hari Rabu, 24 Oktober 2018 dengan dilaksanakan berbagai macam lomba yaitu, solo vokal, monolog, dan baca puisi. Sementara lomba-lomba lainnya telah dilaksanakan dan disosialisasikan dari hari-hari sebelumnya. Lomba-lomba tersebut antara lain, lomba menghias pojok literasi, seni kriya, menulis cerpen, cipta puisi, dan men-design poster.

Puncak acara Bulan Bahasa yang digelar pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 sukses memeriahkan SMAN 81 Jakarta. Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan ketua panitia Bulan Bahasa 2018 dan sambutan kepala sekolah SMAN 81 Jakarta.

Selanjutnya, acara dibuka dengan penampilan dari grup vokal dan tari tradisional yang mampu membuat penonton terpesona takjub. Keren banget loh!  

Dilanjutkan dengan penampilan finalis 5 besar dari lomba solo vokal, monolog, dan baca puisi. Semua finalis menampilkan penampilan terbaiknya yang pastinya membuat penonton dan juri terpukau dan sangat terhibur.

Walau terik matahari siang ikut menghadiri acara ini, suasana acara tetap riang dengan semangat para siswa dengan adanya penampilan dari band Tranceso yang sangat menghibur. Apalagi ada penampilan spesial nih. Ternyata beberapa guru telah mempersiapkan penampilan spesial untuk mengisi acara ini dengan menampilkan beberapa lagu dengan membentuk band guru. Para siswa sangat antusias dan terhibur dengan penampilan tersebut.

Di penghujung acara, semangat para penonton kembali mengembara dengan adanya pembacaan pemenang lomba. Sorak riang para penonton memenuhi ruang. Piala dan hadiah lomba diserahkan oleh pihak guru ke para pemenang.

Selamat kepada para pemenang!

Berikut adalah testimoni untuk Bulan Bahasa 2018,

“Menurut saya acara bulan bahasa kemarin sangat seru dan bermaanfaat bagi semua murid karena pada segi kebahasanya, ada berbagai macam lomba yang membuat kita lebih mengenal dengan keragaman bahasa kita sendiri. Selain itu, dari segi pelaksanaan acara, menurut saya acara bulan bahasa terencana dengan sangat baik.” Kata Natasha S. Putri, X IPS 2, sebagai salah satu penonton acara Bulan Bahasa 2018.

Seru banget kan? Yuk, kita tunggu Bulan Bahasa tahun depan yang pastinya lebih seru dan menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *