Bulan Bahasa 2019 : “Gencar Sastra di Lintas Cakrawala”

Halo P-assangers!

Nah, kembali lagi nih bersama PIDAS81 di acara yang seru dari Pengurus OSIS kabinet Garvirendra Vakatrizva yaitu, Bulan Bahasa! Udah pada tahu belum sih Bulan Bahasa itu apa? Ayuk, mari cari tahu!

Jadi, Bulan Bahasa atau yang lebih sering disebut “Bulba” ini merupakan acara annual yang diadakan oleh Pengurus OSIS kabinet Garvirendra Vakatrizva! Dengan tema yang meriah, “Gencar Sastra di Lintas Cakrawala”, Bulan Bahasa diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi literasi dan juga untuk mempersiapkan diri murid untuk lomba FLS2N atau Festival Lomba Seni Siswa Nasional serta untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang akan mendatang. Nah, pasti penasaran kan isi Bulan Bahasa tahun ini ada apa aja? Tenang, PIDAS81 akan memberi tahu semuanya ya!

pidas 1

Sebelum puncak acara Bulan Bahasa pada hari Jumat, 25 Oktober 2019, Bulan Bahasa dimulai pada hari Selasa, 22 Oktober 2019 dengan diadakan beberapa lomba seperti, lomba cipta cerpen, kreasi poster dan shoudo. Lomba-lomba yang lainnya diadakan dari hari Rabu, 23 Oktober 2019 sampai dengan hari Kamis, 24 Oktober 2019 diantara lainnya, lomba membaca puisi, monologue, speech, dan solo vokal.

Puncak acara Bulan Bahasa diadakan pada hari Jumat, 25 Oktober 2019 di lapangan utama SMAN 81 Jakarta. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 81 Jakarta dan juga ketua pelaksana Bulan Bahasa tahun ini.

Setelah itu, penonton disambut dengan penampilan menarik dari tim Teater 2022 yang menampilkan keberagaman budaya Indonesia! Kece banget gak sih?

pidas 2

Tahun ini juga ada bedah buku loh, P-assangers! Tau ngga dari siapa? Betul, Dhita Mutiara mengisi bedah buku di Bulan Bahasa tahun ini! Siswa-siswi yang ikut Bedah Buku sangat terpesona dan tertarik akan presentasi dan cerita-cerita dari Kak Dhita Mutiara.

pidas 3

Acara pun dilanjutkan dengan penampilan terakhir dari 5 finalis lomba membaca puisi, monolog, speech dan solo vokal! Pasti kebayang kan P-assangers segimana kerennya tampilan-tampilan mereka untuk memukau juri? Semua penontonpun ikut terhibur dan terpesona oleh setiap tampilan yang diberikan! Penampilan dari Korean Club juga ngga kalah keren loh!

Walaupun keadaan di Jakarta memang lagi panas dan terik banget, semangat para penonton ngga pudar loh! Dengan tampilan lagu-lagu dari Claire81 yang mengguncang semua hati di acara Bulan Bahasa dan performance yang sangat asik dari Tranceso 2022, semangat para penonton bertambah meskipun dibawah matahari yang panas!

pidas 4

Jangan lupa, penampilan yang dibawakan Tranceso Antares ngga kalah keren loh P-assangers!

Nah, setelah lama berunding, akhirnya para juri menetapkan pemenang-pemenang setiap lomba! Para pemenang diserahkan piala dan pengahargaan dari guru karena sudah memenangkan dan berpartisipasi dalam lomba.

pidas 5

Congrats to all the winners and participants of this year’s Bulan Bahasa!

Dibawah ini adalah salah satu testimoni dari Bulan Bahasa 2019:

“Menurutku Bulan Bahasa merupakan salah satu acara SMAN 81 yang paling seru. selain untuk mengetahui bakat-bakat peserta didik 81, Bulan Bahasa menurutku sangat bermanfaat karena saat Bulan Bahasa diselenggarakan, aku belajar banyak hal seperti kesolidaritasan, kekreatifan, dan aku juga belajar untuk mengapresiasi. Semoga Bulan Bahasa tahun depan bisa lebih bagus dan lebih matang untuk perencanaannya,” kata Nasha Nasmia dari kelas X MIPA 1 sebagai penonton dan peserta lomba Bulan Bahasa 2019.

Itu dia Bulan Bahasa 2019! Asik banget kan P-assangers? Ayo kita tunggu Bulan Bahasa tahun depan yang ngga akan kalah asik dan seru! See you next time P-assangers!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.