Digital Literacy : Benefit

Halo, P-assengers! Balik lagi nih sama aku Ayda, di artikel pertamaku di kelas 11.Nah, di artikel kali ini aku akan membahas tentang literasi digital.   Aku lansung aja yaa,P-assengers semua! Penasaran kan? Yuuk, baca sampai habis yaa!

Sebagian besar dari kita pasti udah akrab dan gak asing lagi yang Namanya era digital! Yang kita pikirkan jika mendengar kata ini pastilah teknologi. Apalagi di zaman globalisasi ini, teknologi tentunya terus berkembang dan di era digital ini internet juga telah menjadi bagian hidup dan berdampak besar bagi kita semua.Nah, tapi kalau kalian dengar istilah literasi digital,apa sih itu? Pasti yang terlintas dalam pikiran kita ialah berhubungan dengan membaca sesuatu untuk mendapatkan informasi melalui media elektronik dan juga internet?!  Untuk lebih jelas nya nih,P-assangers, yuk lihat pemaparan menurut ahli berikut!

Menurut Apriadi Tamburaka (2013) literasi media berasal dari bahasa Inggris yaitu Media Literacy  terdiri dari kata yakni media adalah tempat pertukaran pesan dan literacy berarti melek, kemudian dikenal dalam istilah Literasi Media yang mana melek dapat diartikan pada kemampuan khalayak terhadap media dan pesan  media massa dalam kontek komunikasi massa. Sedangkan menurut Aspen Media Literacy  Leadership Institute (1992), literasi media adalah  kemampuan itu untuk mengakses, meneliti, mengevaluasi dan menciptakan media di dalam bermacam wujud  yang berlian dengant kemampuan tiap-tiap individu dalam beragam tahapan aktivitas literasi media.

Jadi dengan kata lain, Literasi digital ini merupakan sikap serta kemampuan individu dalam menggunakan alat teknologi berupa teknologi digital yang sifatnya mengakses,mengelola,membangun pengetahuan baru yang fungsinya adalah tidak lain adalah selain untuk menambah wawasan juga berguna untuk ikut serta berpartisipasi secara efektif dan efesien dalam lingkungan masyarakat.

Nah, dengan penjelasan mengenai definisi literasi digital diatas,kita dapat memenfaatkan media digital untuk berbagai hal atau kepetingan,seperti :

1.Menghemat waktu

Seorang pelajar atau mahasiswa yang mendapatkan tugas dari guru atau dosennya, maka ia akan mengetahui sumber-sumber informasi terpercaya yang dapat dijadikan referensi untuk keperluan tugasnya. Waktu akan lebih berharga karena dalam usaha pencarian dan menemukan informasi itu menjadi lebih mudah. Dalam beberapa kasus pelayanan online juga akan menghemat waktu yang digunakan karena tidak harus mengunjungi langsung ke tempat layanannya.

2.Belajar lebih cepat

Pada kasus ini misalnya seorang pelajar yang harus mencari definisi atau istilah kata-kata penting misalnya di glosarium. Dibandingkan dengan mencari referensi yang berbentuk cetak, maka akan lebih cepat dengan memanfaatkan sebuah aplikasi khusus glosarium yang berisi istilah-istilah penting.

3.Menghemat uang

Saat ini banyak aplikasi khusus yang berisi tentang perbandingan diskon sebuah produk. Bagi seseorang yang bisa memanfaatkan aplikasi tersebut, maka ini bisa menghemat pengeluaran ketika akan melakukan pembelian online di internet.

 

4.Membuat lebih aman

Sumber informasi yang tersedia dan bernilai di internet jumlahnya sangat banyak. Ini bisa menjadi referensi ketika mengetahui dengan tepat sesuai kebutuhannya. Sebagai contoh ketika seseorang akan pergi ke luar negeri, maka akan merasa aman apabila membaca berbagai macam informasi khusus tentang negara yang akan dikunjungi itu.

5.Selalu memperoleh informasi terkini

Kehadiran apps terpercaya akan membuat seseorang akan selalu memperoleh informasi baru.

6.Selalu terhubung

Mampu menggunakan beberapa aplikasi yang dikhususkan untuk proses komunikasi, maka akan membuat orang akan selalu terhubung. Dalam hal-hal yang bersifat penting dan mendesak, maka ini akan memberikan manfaat tersendiri.

7.Membuat keputusan yang lebih baik

Literasi digital membuat indvidu dapat membuat keputusan yang lebih baik karena ia memungkinkan mampu untuk mencari informasi, mempelajari, menganalisis dan membandingkannya kapan saja. Jika Individu mampu membuat keputusan hingga bertindak, maka sebenarnya ia telah memperoleh informasi yang bernilai. Ida Fajar Priyanto (2013) mengatakan secara umum, informasi dipandang bernilai jika informasi tersebut mempengaruhi penerima untuk membuat keputusan untuk bertindak.

8.Dapat membuat anda bekerja

Kebanyakan pekerjaan saat ini membutuhkan beberapa bentuk keterampilan komputer. Dengan literasi digital, maka ini dapat membantu pekerjaan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan komputer misalnya penggunaan Microsoft Word, Power Point atau bahkan aplikasi manajemen dokumen ilmiah seperti Mendelay dan Zetero.

9.Membuat lebih bahagia

Dalam pandangan Brian Wright, di internet banyak sekali berisi konten-konten seperti gambar atau video yang bersifat menghibur. Oleh karenanya, dengan mengaksesnya bisa berpengaruh terhadap kebahagiaan seseorang.

10.Mempengaruhi dunia

Di internet tersedia tulisan-tulisan yang dapat mempengaruhi pemikiran para pembacanya. Dengan penyebaran tulisan melalui media yang tepat akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan perubahan dinamika kehidupan sosial. Dalam lingkup yang lebih makro, sumbangsih pemikiran seseorang yang tersebar melalui internet itu merupakan bentuk manifestasi yang dapat mempengaruhi kehidupan dunia yang lebih baik pada masa yang akan datang.

Selain manfaat yang ada diatas, literasi digital juga dipergunakan di lingkungan sekolah,seperti pada pelajaran Bahasa inggris, ada beberapa aspek keterampilan yang harus dipenuhi dan dikuasai oleh para siswa,yaitu membaca,menulis,menyimak dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui begitu banyaknya manfaat dari literasi digital,marilah kita sama-sama mempergunakan literasi digital ini dengan baik dan bijak,baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat agar kedepannya, dengan adanya kebebasan literasi digital ini,dapat membawa bangsa Indonesia ini menuju arah yang lebih baik!

Nah,sekian dulu nih,P-assangers, artikelku kali ini. Semoga artikel ini dapat bemanfaat bagi kita semua yaa! Sampai berjumpa di artikel-artikel selanjutnyaa!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *