Eat The Frog!

Halo, P-assengers! Balik lagi nih sama aku Ayda,dari departemen news cetak.Nah,pada artikel ketigaku ini,aku bakal membahas hal yang pasti dialami sama semua anak SMA.Kalian ada yang kaya aku gini nggak sih? Aku suka mikir,kenapa sih pergi sekolah matahari terbit,terus pulang sekolah juga udah matahari terbenam.Terus abis itu ada pr lah,ulangan buat besok,atau tugas lain yang berkaitan sama ekskul.Nah,apalagi aku juga ada les setiap hari senin sama kamis,terus hari kebesokannya kayak hari selasa pelajaran aku itu pelajaran ujian nasional semua,jadi pasti sering banget ada pr sama ulangan.Terus juga,minggu-minggu ini udah masuk ke pekan minggu ulangan.

 

Terus juga nih,P-assengers,aku tuh orang nya bisa dibilang deadliners banget,sampai-sampai aku kadang keteteran sama tugas dan ulangan yang numpuk,berasanya tuh kaya satu udah kelepas tapi nambah terus makin hari.Ada yang kayak aku juga nggak diantara kalian? Jadi deadliners itu ga enak? Iya banget,tapi sampai sekarang aku kadang masih kayak gitu.Sampai-sampai semenjak masuk SMA aku jadi sering muncul jerawat dan punya mata manda yang sebelumnya ga pernah aku punya saat masa SMP.

 

Pas banget nih,buat kalian semua yang mengalami hal yang serupa sama aku.Kebetulan beberapa waktu yang lalu,Kak Alifa memberikan materi yang judulnya  “I dare you to eat the frog!”.Jujur sih,pertama kali aku denger judulnya itu,aku mikir kita harus makan kodok gitu?? Hahaha,ternyata aku salah dan banyak temen aku juga mikir yang sama kaya yang aku pikirin.Nah,ternyata maksud dari “I dare you to eat the frog!” itu perumpamaan.Maksudnya makan kodok disini adalah pr-pr kita ataupun tugas kita dan juga bisa jadi kita belum belajar buat ulangan besok,apalagi kalu ulangannya lebih dari 2! Soalnya aku pernah nih,P-assangers,udah aku pulang malam habis les,besoknya ada ulangan tiga pelajaran,dan pinternya adalah aku belum nyicil sama sekali,dan aku bergadang jadinya.

 

Sejak itu,aku kapok.Jadi,kalau ada ulangan numpuk,aku sekarang nyicil dehh,biar ga keteteran.Nah,sekarang aku bakal kasih tips-tips yang harus kita lakukan biar ga stress dan gajadi deadliners.Hal apa yang harus kita lakukan? Yuk, di simak tips-tips di bawah ini!

Yang pertama, biasain deh,buat list yang berisi berisi tugas berdasarkan prioritas. Sebelum mulai bekerja, tentukan dahulu tugas yang harus diprioritaskan. Alih-alih sekadar membuat daftar, tulislah tugas harian yang harus diselesaikan secara berurutan berdasarkan prioritas dan bagilah menjadi beberapa kategori.Sebelum membuat daftar, tulislah beberapa kategori sesuai urgensinya. Contohnya: kategori “urgen” (tugas yang harus diselesaikan hari ini), kategori “penting, tetapi tidak urgen” (harus diselesaikan, tetapi masih bisa diselesaikan besok atau beberapa hari kemudian), dan kategori “tidak urgen” (boleh ditunda).

Yang kedua,menurut aku,kita harus mengutamakan tugas-tugas penting,P-assangers.Misalnya,kalian hari minggu pingin buat nyicil pr,nah aku saranin,kerjain pr nya utamain dulu yang tugasnya deadlinenya bentar lagi.Jangan kerjain tugas yang deadlinenya misalnya,masih satu minggu.Soalnya,biasanya kalau kayak gitu,waktunya jadi kurang efesien,lhoo.

Yang ketiga,kalaupun kalian baru mau ngerjain tugas hari ini yang deadlinenya besok,kan udah mepet nih,contohnya tugas sekolah.Aku saranin kalian untuk mengurangi pengalih perhatian kalian,kayak handphone contohnya.Pati bukan aku aja nih,yang udah niat mau serius buat ngerjain tugas ataupun belajar buat ulangan,gara-gara lihat notif hp atau suara notif,jadi mageran.Nah,jadi biar kalian jadi focus,aku saranin,matikan hp kalian atau juga bisa pakai mode silent dan taruh hp kalian di tempat yang sulit kita jangkau.

Yang keempat,kalau buat pr,saran aku, Buat daftar untuk mencatat tugas yang harus diselesaikan. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas lalu mulailah mengerjakan tugas yang paling sulit agar selanjutnya terasa lebih mudah. Jika kita kurang bersemangat, pilihlah tugas yang mudah atau tugas lain yang kitasukai agar lebih termotivasi. Jika tugas tertentu harus dikerjakan dengan komputer, selesaikan dahulu lalu kerjakan PR yang lain sesuai urutan mata pelajaran. Sebaiknya, kerjakan tugas yang membutuhkan banyak peralatan terlebih dahulu.

Yang kelima,kalau bisa, Kerjakan PR di siang hari, jangan di malam hari. Cara ini akan mencegah panik jika kitaharus mengerjakan tugas yang sulit sebab masih ada waktu untuk menyelesaikannya. Selain itu, Anda tidak mengantuk jika siang hari.

Nah,selain itu,aku juga mau kasih kalian tips-tips dari kak Alifa,yuk simak tips-tipsnya!

 

Yang pertama kali harus kalian lakukan adalah memutuskan apa yang mau kita lakukan. Dan kita juga harus pastikan kalau apa yang akan kita lakukan itu bermanfaat dan tidak buang-buang waktu. Yang kedua yang harus kita lakukan adalah menuliskan goal atau tugas-tugas kita. Pernah dengar kan, P-assengers quotes Tony Robbins yang bilang “Setting goals is the first step into turning the invisible into the visible” Nah, dengan menuliskan goal atau tugas-tugas kita, artinya kita sudah membuat goal yang visible, bukan hanya terngiang di otak kita tanpa usaha untuk merealisasikannya.

 

Yang ketiga adalah membuat deadline untuk kita sendiri. Jangan terpaku dengan deadline yang diberikan guru kita atau siapapun itu yang memberi kita tugas. Kalau bisa lebih cepat, why not? Selesai jauh sebelum deadline tuh, enak banget kan? Rasanya pasti puas banget. Yang keempat adalah membuat to-do-list. Dengan adanya to-do-list, to-do-list itu akan membuat kita tetap on-track. To-do-list juga akan memotivasi kita untuk menyelesaikan tugas-tugas kita karena pasti semua orang mau kan, kalau to-do-listnya tercentang semua? Pasti ada perasaan bangga disitu.

 

Yang kelima adalah mengembangkan plan kita yang ada di to-do-list. Kita harus bisa menentukan skala prioritas kita, mana yang harus kita kerjakan duluan dan mana yang bisa kita kerjakan belakangan. Urutkan dari yang paling penting sampai yang kurang. Jangan sampai kebalik ya, P-assengers!

 

Yang keenam adalah meralisasikannya dan melakukannya! Jangan ditunda lagi, lakukan semua yang sudah kita buat dan rencanakan. Dan tentunya yang terakhir adalah menjadikan hal-hal diatas sebagai kebiasaan kita! Coba kita pelan-pelan ubah kebiasaan kita buat jadi deadliners,karena bisa berdampak pada kesehatan kita juga loh,P-assangers!

 

Kayaknya segitu dulu deh,artikelku kali ini.Semoga bermanfaat yaa,P-assangers!! Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *