Gaung Bandung 2018 : “Menghempas Batas Ruang Kita”

Halo P-assengers!

Pada tanggal 4 November 2018, PIDAS diberikan kesempatan untuk menghadiri salah satu acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa arsitektur ITB. Acara tersebut adalah Gaung Bandung. Acara Gaung Bandung diselenggarakan di Gor Saparua, Bandung. Kalian pasti penasaran kan bagaimana acaranya? Apalagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa arsitektur ITB. Yuk baca sampe akhir.

Pada awalnya apasih Gaung Bandung itu? Gaung Bandung adalah acara yang diselenggarakan untuk merayakan ulang tahun arsitektur ITB, nah pada tahun ini Gaung Bandung merayakan ulang tahun ke 67 nya. Nama Gaung Bandung dipilih karena mahasiswa ITB memiliki semangat untuk memberikan sesuatu untuk masyarakat bandung. Nama Gaung Bandung dipilih karena mahasiswa  arsitektur ITB memiliki semangat untuk memberikan sesuatu untuk masyarakat Bandung. Manfaat acara bagi pengunjung adalah agar pengunjung dapat memyadari bahwa semua orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Pada tiap tahun, Gaung Bandung memiliki tema, pada tahun ini temanya adalah inklusi.

Di depan ruangan dimana ada pameran Tanpa Batas, terdapat stan-stan yang menjual makan, seni kriya dan suatu bangunan karya dari mahasiswa arsitektur ITB yang menampilkan informasi tentang Gaung Bandung tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya

66195  66198

Acara ini dimulai dengan workshop pertama pada pukul 9.30. Tujuan workshop adalah mewujudkan suasana inklusif. Di workshop yang pertama, peserta workshop membuat pouch anyaman bersama hiasan-hiasan  untuk ditaruh di pouch tersebut, seperti pompom. Pompom tersebut dibuat dari kain wool. Workshop pertama dilaksakan sampai jam 11.00.

66191

Pada pukul 11.20 ada Smile Motivator mentaskan tarian dari Bali. Smile Motivator itu apa sih? Smile motivator adalah sekumpulan orang berkebutuhan khusus seperti tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa yang memiliki talenta yang sangat luar biasa. Mereka memberikan motivasi melalui penampilan drama teatrikal sarat makna yang sangat menyentuh hati dan memberikan dampak pada perubahan pola pikir dan jiwa yang positif sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak hjdup yang lebih berarti dan bermanfaat.

Pada pukul 13.00 workshop kedua dimulai. Saat workshop kedua, peserta membuat tie dye tote bag menggunakan tote bag putih dan bubuk tie dye yang dilarutkan dengan air.

66189

Pada pukul 15.00 ada motivasi tentang disable people can do anything. Motivasi ini diberikan oleh Smile Motivator. Pada saat motivasi ini, anggota Smile Motivator juga sekalian menjual buku karya mereka.

66181

Di lokasi Gaung Bandung terdapat pameran-pameran yaitu pameran tanpa batas. Di pameran tersebut terdapat desain-desain arsitektur karya dari acara Sayembara Tanpa Batas. Acara Sayembara Tanpa Batas mengajak seluruh mahasiswa arsitektur Indonesia untuk membuat solusi desain terhadap apa yang disekitar mereka dan ada jga karya karya mahasiswa dan alumni arsitektur ITB. Walaupun desain-desain tersebut belum terwujud, desain itu akan diwujudkan masa depan.

66208

Pada pukul 20.00 acara tersebut selesai. Pada akhir acara panitia Gaung Bandung memberikan pengumuman tentang pemenang Sayembara Tanpa Batas Gaung Bandung diumumkan.

Selamat untuk para pemenang Sayembara Tanpa Batas Gaung Bandung.

Seru banget kan! Yuk, kita tunggu acara Gaung Bandung tahun depan yang pasti akan berbeda dengan tahun ini yang akan mempunyai tema baru. Dan jika PIDAS dapat kesempatan untuk pergi ke acara Gaung Bandung 2019, kami akan menceritakannya kepada kalian!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.