Grafortin

Halo semua! Balik lagi nih sama PIDAS 81 yang bakal memberi warna di hari kamu dengan artikel-artikelnya yang topiknya selalu asyik. Sebelumnya aku harap untuk para  P-assangers yang lagi baca ini sedang dalam keadaan yang baik, Ya!

Nah, kalian pasti bingung ya kenapa sih judul artikel hari ini “Grafortin”? Memangnya apa sih “Grafortin” itu? Jadi, itu dia yang bakal kita bahas hari ini, langsung aja yuk!

Grafortin atau Good Inovation For A Great Generation adalah program kerja dari Pengurus OSIS SMAN 81 Jakarta untuk Kabinet Vardhanatha Lansahitya. Grafortin ini sendiri adalah rangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peserta didik kelas 10 saja. Jadi, di Grafortin ini, kita memiliki tugas untuk membuat penelitian dan laporannya bersama kelompok yang sudah dibagikan. Penelitian yang dilakukan juga dibagi dalam 3 bidang, yaitu : Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), dan Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Kegiatan ini  terbagi menjadi 2 hari, yaitu pada tanggal 5 dan 6 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom dikarenakan adanya ketidakmungkinan untuk berlangsung secara offline di keadaan seperti sekarang. Pada acara ini, ada 2 kegiatan yang akan dilakukan yaitu kegiatan sidang dan kegiatan post to post. Mengingat adanya lebih dari 20 kelompok yang berpartisipasi dalam acara ini, pastinya mereka akan terbagi-bagi atau tidak semuanya mengikuti kegiatan sidang maupun post to post di hari yang sama.

Untuk kegiatan sidang itu sendiri adalah sesi di mana hasil proposal dan video presentasi dari penelitian setiap kelompok akan diuji oleh tim penguji yang terdiri dari beberapa guru-guru SMAN 81 Jakarta dan tim ESI. Setelah sidang pun, pastinya bakalan ada sesi konsultasi sama tim dari ESI. Nah kalo untuk permainan post to post itu adalah rangkaian permainan yang dibagi ke beberapa pos. Permainan yang dilakukan adalah Werewolf, Puzzle, dan lain-lain.

Setelah kegiatan-kegiatan tersebut, acara ini pun diakhiri dengan “Sikrab” atau Siang Akrab dengan kakak-kakak Pengurus OSIS, mereka akan saling memberi cerita dari pengalaman mereka masing-masing.

Bagaimana, P-assangers? Seru banget kan! Nah, pastinya kegiatan ini ada tujuan dan manfaatnya, loh. Untuk tujuannya sendiri, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan angkatan 2023 untuk mengikuti Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI). Ternyata banyak manfaat yang kita bisa ambil dari kegiatan ini, loh! Tentunya, kita bakal jadi lebih paham tentang cara pembuatan penelitian yang benar agar bermanfaat di masa depan kita nantinya yaitu yang biasa kita sebut dengan “Skripsi”. Lalu, kita juga bisa memperluas relasi pertemanan dengan adanya pembagian kelompok.

Wah, enggak terasa sudah di bagian akhir artikel saja, ya? Berarti kita harus berpisah sementara nih, P-assangers. Aku harap dengan adanya artikel ini, P-assangers bisa lebih paham dengan situasi acara Grafortin yang seru dan bermanfaat ini. Goodbye, P-assangers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.