Harapan di PIDAS Setahun ke Depan

Harapan untuk PIDAS, pertama, tentu PIDAS menjadi ekskul yang sangat diminati karena pandangan orang luar sangat bagus tentang PIDAS, PIDAS mempunyai jadwal latihan yang rutin karena pandangan orang luar tentang PIDAS sekarang ini sedang vakum. Di dalam latihan itu mungkin dapat dibuat agenda seperti rapat tiap kompartemen, proker apa yang mau dilaksanakan dan pengerjaan proker itu sendiri. Karena PIDAS dari terdiri dari beberapa kompartemen, jadi saya akan jelaskan menjadi 3 bagian. Awalnya saya mulai dari Rados atau Radio Sekolah, harapannya Rados peralatannya sudah benar karena banyak barang yang sudah rusak dan ada beberapa peralatannya yang sudah tidak jelas cara pakainya, dan dari Rados itu dapat terdengar ke setiap kelas bukan hanya di kantin, hahaha, lalu Rados dibuatkan jadwal siaran yang mana siaran itu dibuat rutin, setiap istirahat mungkin, dan dibuat jadwal piket siapa yang siaran, dibuat program-program rutin di radio yang “saik-saik” dan bisa juga dibuat jadwal siaran sesuai event yang terjadi di dunia dan disempatkan dibuat jadwal berkunjung ke stasiun radio untuk belajar cara on air yang benar, dll.

Di Mading dibuat jadwal pembuatan yang rutin, misal tiap bulan, mading dibuat lagi menjadi beberapa bagian, ada bagian tanya-jawab, event of the month, bagian galau, dan snapshot of the month. Di Kompartemen Mading juga saya pernah dengar kata Kak Indra bahwa di sekolah lain ada seperti PIDAS juga bukan hanya di mading yang bagian percetakan, tapi juga mencetak majalah tetapi mungkin majalah masih terlalu sulit di bagian pendanaan dan bagian mencari berita. Di Kompartemen Web, web PIDAS saya harap dapat menjadi sesuatu yang pertama dibuka oleh anak-anak di 81, dan pokoknya web PIDAS menjadi sangat penting keberadaannya. Di web PIDAS dibagi menjadi beberapa forum seperti Kaskus, Kaskus itu terdiri dari banyak forum seperti jokes, computer, games, music, lounge, dll. Di web PIDAS dibuat akun-akun yang dapat dibuat oleh visitor, tentu target utama anak-anak 81, karena jika dibuat user-user seperti ini, web PIDAS tentu jadi ramai karena di web PIDAS user-nya dapat menuliskan-menuliskan artikel. Di web PIDAS dibuat berbagai emoticon yang tidak ada di tempat lain (design sendiri) dimasukan istilah-istilah khusus agar web lebih menarik. Di web juga dimasukkan liputan event yang terjadi di SMA 81.

Selain dari kompartemen juga saya berharap hilangnya masalah masalah di PIDAS itu sendiri seperti tumbuhnya kesadaran anak-anaknya di dalam menjalankan kewajiban tugas masing-masing anaknya sendiri. Dapat dibuat absensi yang tiap anak absen sekali pertemuan dibuat denda Rp 5.000 untuk dimasukkan ke bendahara sebagai konsekuensinya. Lalu, jika latihan rutin Sabtu diminta salah satu ruangan kelas 81 yang dapat digunakan sebagai ruangan latihan itu. Dibuat lagi acara liputan langsung seperti acara liputan Gelar Jepang UI ini, aktif meliput kegiatan sekolah, LTUB, TO, dll. Bekerja sama dengan ekskul jika dibutuhkan dalam penjalanan proker-proker tertentu. Oh iya, di Rados juga dibuat program lagi seperti Valentine lalu, jadi anak 81 dapat berpartisipasi dalam acaranya dengan menyampaikan aspirasinya, mungkin pada saat Lebaran juga dapat di gunakan lagi Rados untuk menyampaikan aspirasi, seperti maaf-maafan, wehehe. Juga Halloween dapat digunakan untuk sharing cerita-cerita horor.

Di dalam web juga dimasukkan aspirasi-aspirasi yang masuk di Rados juga agar anak-anak 81 yang tertarik tidak ketinggalan event yang terjadi di PIDAS. Lalu, web kinerjanya jika ada suatu event, tiap anak yang diberi tugas mengirim beberapa foto yang ditentukan diatur penyusunan isi artikelnya, di-editing lagi, baru diterbitkan di web, namun jika user non-PIDAS ingin menulis, diberi peraturan-peraturan di dalamnya dan diberi sanksi tegas jika melanggar seperti banning.

 

M. Dian Fachri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *