Hari Peduli Sampah Nasional 2021

Halo, P-assangers! Balik lagi di artikel PIDAS81. Pada kesempatan kali ini, PIDAS bakal sharing informasi tentang salah satu hari penting yang ada di Indonesia, lho. Mungkin beberapa dari P-assangers masih belum kenal ataupun belum pernah dengar tentang “Hari Peduli Sampah Nasional”. Namun, ada pepatah yang mengatakan “Tak Kenal maka Tak Sayang”. Nah, biar kita sama-sama kenal dan dapat lebih menghargai peringatan ini. Yuk, baca artikel ini sampai habis, P-assangers!

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) adalah salah satu hari penting yang perlu untuk diperingati setiap tanggal 21 Februari. Hal ini dikarenakan sampah adalah salah satu masalah yang dapat menyebabkan pencamaran di bumi. Bahkan, bisa juga menyebabkan bencana alam, lho, P-assangers.

Alasan pembuatan peringatan HPSN ini dilakukan untuk mengenang tragedi di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat. Hal ini disebabkan pada peristiwa itu, sekitar 157 jiwa melayang akibat ledakan gas metana dari tumpukan sampah. Oleh karena itu, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan mulai tanggal 21 Februari 2005 sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.

Tidak kalah menarik dengan tema tahun sebelumnya, yaitu “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, dan Indonesia Sejahtera”. Pada tahun 2021, tema yang dibawa adalah tentang “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Seperti yang kita ketahui, pada masa seperti ini ada banyak sampah yang terbuang dan bertumpukan. Mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah COVID-19 yang sangat berbahaya. Tentu saja, apabila kita tidak dapat mengelola sampah atau mengurangi penggunaan barang sekali pakai, akan banyak hal buruk yang dapat terjadi. Antara lain adalah penumpukan sampah yang bisa menyebabkan penyakit, pemicu bencana alam, dan masih banyak contoh lainnya.

Sehingga, Menteri KLHK, Siti Nurbaya, mengeluarkan edaran yang berisikan tiga tujuan dari peringatan HPSN 2021:

  1. Mendorong pemerintah daerah untuk mengelola sampah menjadi bahan baku ekonomi
  2. Mendorong masyarakat umum untuk menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi dengan gerakan memilah sampah
  3. Mendorong produsen dan pelaku usaha untuk melakukan bisnis hijau (green bussiness) dengan menggunakan sampah sebagai bahan baku ekonomi

Wah, menarik dan bermanfaat sekali artikel PIDAS hari ini, P-assangers. Disini PIDAS berharap untuk P-assangers bisa mendapatkan informasi tentang peringatan HPSN. Ataupun, bisa mulai mengelola sampah dengan baik dari hal sepele, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengelola sampah dengan baik, mendaur ulang sampah, mengurangi penggunaan barang sekali pakai, dan masih banyak lagi upaya untuk mengelola sampah. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? Sekian dari PIDAS. Keep healthy, keep happy, and bye-bye, P-assangers~

Referensi:

  1. Hari Peduli Sampah Nasional 2021

http://www.pili.or.id/index.php/kabar-konservasi/165-hari-peduli-sampah-nasional-2021

  1. Selamat Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020

https://dlh.probolinggokab.go.id/selamat-hari-peduli-sampah-nasional-tahun-2020/

Leave a Reply

Your email address will not be published.