Hari Pers Nasional

Hai, P-assengers! Wah, kita ketemu lagi nih di salah satu artikel PIDAS81. Tentunya artikel kali ini yang berjudul tidak kalah keren dari artikel kami lainnya dan pastinya bisa menambah wawasan bagi P-assengers sekalian.

 Sebelumnya, apakah P-assengers pernah mendengar tentang Hari Pers Nasional? Mungkin hari peringatan ini lumayan asing ya di telinga kalian. Nah, jadi HPN atau Hari Pers Nasional adalah hari untuk memperingati ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari. Pada tahun 2021 ini pun HPN tetap dilaksanakan meskipun tidak full secara tatap muka alias virtual. Tapi sebelum menyelam lebih dalam lagi lebih baik kita mengulik terlebih dahulu mengenai sejarah HPN.

Dahulu sebelum Indonesia merdeka, wartawan dianggap sebagai patriot bangsa dan perintis pergerakan nasional di pelosok tanah air. Simpelnya, mereka seperti bekerja sebagai “agen ganda”. Di satu sisi mereka menjadi aktivis pers yang dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran untuk bersatu dan di sisi lainnya mereka menjadi aktivis politik yang secara langsung terlibat untuk melawan penjajahan.

Nah, setelah proklamasi kemerdekan Indonesia para wartawan ini masih melaksanakan kedua peran tersebut dari ancaman kembalinya penjajahan. Akhirnya pada tanggal 9 Februari 1946 lahirlah organisasi PWI yang menjadi lambang persatuan wartawan Indonesia untuk mempertahankan integritas bangsa. Ini seolah-olah menjadi tombak bagi mereka. Selanjutnya, perjuangan tokoh-tokoh surat kabar ini terus berkobar dengan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) yang mengesahkan pendirian PWI dan pembentukan sebuah komisi. Tugas  mereka adalah merumuskan hal persuratkabaran nasional pada masa itu dan mengkoordinasikan ke dalam satu barisan pers nasional. Dengan salah satu tujuan utamanya yaitu menempa persatuan nasional.

Banyak kejadian-kejadian penting yang menyusul setelah SPS dan akhirnya pada masa pemerintahan Soeharto tepatnya tanggal 23 Januari 1985, tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Hal ini mengingat sejarah perjuangan pers nasional yang berjasa bagi Indonesia.

Apakah P-assengers tahu kalau setiap tahunnya peringatan HPN ini mengusung tema yang berbeda-beda? Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan”. HPN 2021 menghadirkan beberapa kegiatan seperti seminar, konvensi, dan acara puncak yang dilaksanakan di Candi Bentar Hall, Ancol. Puncaknya ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo secara daring dari Istana Negara. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang telah membantu pemerintah untuk mengedukasikan masyarakat khususnya pada masa pandemi seperti sekarang.

Eits, acara ini bukan hanya dihadiri oleh pak presiden saja lho, beberapa pejabat penting negara seperti Ketua DPR, Ketua Dewan Pers, bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga hadir pada hari peringatan ini. Kerennya lagi HPN pada tahun ini dikatakan menjadi yang terbesar karena dihadiri oleh kurang lebih 5000 peserta secara daring.

P-assengers, bagaimana menurut kalian? Apakah artikel kali ini membuka jendela pengetahuan baru? Kami harap tulisan kami dapat menghibur hari-hari P-assengers dan membawa manfaat, yaa. Sekian dulu perjumpaan kita, sampai ketemu di artikel berikutnya!

Sumber referensi:

  1. https://www.medcom.id/foto/news/JKRAJDQk-jokowi-hadiri-puncak-peringatan-hari-pers-nasional-2021
  2. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/09/hari-pers-nasional-9-februari-ini-sejarah-hingga-tema-hari-pers-nasional-2021
  3. https://tirto.id/sejarah-hari-pers-nasional-9-februari-dan-tema-hpn-2021-f9Zz
  4. https://www.youtube.com/watch?v=ojOLrCbz6Ic

Leave a Reply

Your email address will not be published.