Hari Sumpah Pemuda

pemuda-ilustrasi

Selamat Hari Sumpah Pemuda bagi pemuda dan pemudi di Indonesia!

 

Kalian pasti tau kan hari ini hari Sumpah Pemuda di Indonesia? Hari di mana para pemuda dan pemudi di Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 silam berkumpul dalam sebuah kongres dan saling menyampaikan aspirasi yang sama yaitu persatuan dan kesatuan. Mereka menginginkan perubahan dan terbebas dari cengkeraman penjajahan bangsa Belanda. Sebagaimana kita ketahui bahwa Belanda menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun dan dilanjutkan dengan Jepang selama 3,5 tahun. Mungkin hal inilah yang membuat persatuan dan kesatuan bangsa menjadi kuat, rasa kebersamaan karena hidup dalam tirani penjajahan membuat daya juang yang begitu tinggi khususnya di kalangan pemuda. Nah, sejak saat itu, setiap tanggal 28 Oktober, Negara kita Indonesia ini merayakan Hari Sumpah Pemuda.

 

Kalian pernah kepikiran enggak sih, apa sih sebenernya makna pemuda bagi kamu? Kenapa pemuda (dikatakan) bisa membawa perubahan? Emang yang orang tua enggak bisa? Persoalan ini lah yang bakalan saya perbincangkan.

 

Seperti yang kalian tahu dan mungkin seperti yang kalian sering dengar, banyak banget orang di Indonesia ini bilang kalo pemuda itu bermakna banget bagi negara kita. Banyak juga yang bilang kalo pemuda itu bisa membawa perubahan bagi negara kita. Setuju enggak setuju juga sih sebenernya sama pendapat ini.

 

Tapi, kalo menurut saya sendiri, makna pemuda itu sendiri artinya adalah generasi muda yang bisa membawa perubahan yang lebih baik dalam negeri ini. Di mana mereka bisa disebut sebagai Agen Perubahan karena mereka bisa membuat negeri ini lebih berarti dan lebih maju. Pemuda sekarang harus memiliki semangat yang optimis dan positif. Pemuda juga harus memiliki rasa kepedulian yang cukup tinggi. Karena jika tidak, mana mungkin ia bisa membuat perubahan di dalam negeri ini? Tidak mungkin ia bisa membuat perubahan dengan pesimis dan rasa kepedulian yang rendah.

 

“Pemuda dikatakan bisa membawa perubahan.” Well, setuju gak setuju sih sama pendapat ini. Menurut saya pemuda memang bisa membawa perubahan. Perubahan itu bisa bikin negara kita ini lebih maju tapi juga bisa bikin negara kita ini ya nge-stuck aja. Tapi menurut saya, pemuda di Indonesia ini udah cukup bisa kok membawa perubahan di negara kita ini menjadi lebih maju. Karena di negara kita ini, udah banyak pemuda dan pemudi yang udah sukses yang bisa bikin negara kita lebih maju.

 

“Orang tua enggak bisa membawa perubahan” Wah, kalo ini emang agak susah ya permasalahannya. Sebenernya sih, orang tua bisa kok bikin perubahan di negara ini. Cuma, gak secepet pemuda yang ada di negara kita aja. Mereka emang bisa membawa perubahan dalam jangka waktu yang cukup lama tapi, perubahan yang mereka bawa biasanya emang perubahan yang drastis banget. Yang mungkin bisa bikin negara Indonesia kita ini bener-bener maju.

 

Jadi, pemuda dan orang tua itu sama aja kok. Mereka sama-sama bisa bikin perubahan di negara kita ini. Cuma, cara dan jangka waktunya aja yang berbeda. Kalo pemuda cara dan jangka waktu untuk membawa perubahan lebih cepat. Sedangkan untuk orang tua, cara dan jangka waktu untuk membawa perubahan lebih lama.

 

 

Demikianlah sekilas mengenai pendapat saya tentang makna pemuda. Semoga bermanfaat. :-)

 

 

Sumpah Pemuda

 

Lathiefa Risqiadinda (nametag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *