Merah, Muda, Meriah

Tepat 38 hari tulisan ini dibuat setelah sesuatu terjadi..

Sesuatu yang amat bermakna bagi kami..

Pemberian identitas juga penyatuan misi..

Inilah “INAUGURASI

 

[KILAS BALIK]

(Kembali ke Jum’at 18 November 2016)

4:30 PM

Acara belum dimulai, namun suasana cukup ramai cenderung berisik, orang-orang berlalu lalang kesana-kemari. Ada yang sedang berbincang dan ada pula yang tengah berfoto ria.

4:55 PM 

Semua peserta acara telah hadir, menandakan acara akan segera dimulai.

5.00 PM

Acara dimulai dan dipandu oleh MC Kak Mutiara Syifa dan juga Kak Alula Putri. Pemberian sambutan beruntun dari Pembina, Pelatih, dan Pemimpin Redaksi kami. Dilanjutkan dengan evaluasi kerja dari setiap departemen selama 5 bulan terakhir. Lalu dilakukan pula pemberian pin khusus bagi Best of The Month dan penunjukkan bendahara bagi PIDAS 2019. Suasana meriah disambut dengan tawa dan canda.

5:30 PM

Acara inti yaitu penyematan jas kepada anggota PIDAS VICTORIOUS yang baru bergabung. Terlihat raut kebahagiaan dari setiap anggota yang baru diberikan jas merahnya. Selanjutnya, pelaksanaan sesi foto seluruh anggota dan pembuatan video viral “Mannequin Challenge” yang juga melibatkan seluruh anggota PIDAS.

6:15 PM

Santap malam dan dilanjutkan dengan mendeskripsikan PIDAS beserta Gladiators beserta Pemimpin tiap departemennya, dan juga impian kami terhadap PIDAS dan kesan terhadap VICTORIOUS. Beberapa anggota yang telah selesai terlihat mulai meninggalkan tempatnya dan pulang menuju rumah masing-masing.

7.00 PM

Seluruh rangkaian acara Inaugurasi PIDAS 2016 telah berakhir. Semua anggota telah kembali ke kediamannya masing-masing.

Seluruh anggota PIDAS VICTORIOUS berfoto menggunakan jas kebanggaannya

●●●●●

Ya, seperti itulah kira-kira garis besar rangkaian acara dari Inaugurasi PIDAS 2016. Sebelumnya,  apa sih arti dari Inaugurasi sendiri itu?

inau·gu·ra·si n 1 pengukuhan resmi dalam jabatan atau kedudukan: keputusan itu dirayakan dengan malam –; 2 pembukaan resmi (gedung dan sebagainya); 3 pelantikan resmi (mahasiswa baru)

Jadi, udah jelas dong kalo Inaugurasi ini sama dengan pelantikan? Nah, seberapa pentingkah makna dari Inaugurasi itu? Apakah sekedar datang, makan, lalu pulang? Tidak. Inaugurasi PIDAS memilki makna yang jauh lebih konkrit dari sekedar contoh diatas, seperti berikut:

1. Mengakrabkan setiap individu

Setelah 5 bulan lebih menjadi bagian dari PIDAS VICTORIOUS, saya merasa bahwa relasi yang saya miliki semakin bertambah, entah itu dari sisi kuantitas maupun kualitas. Dan dengan adanya acara Inaugurasi ini, hubungan yang saya jalin dengan relasi yang saya miliki terasa semakin akrab dan dekat.

2. Menambah semangat kerja

Selama 5 bulan lebih ini pula, saya sudah mendapat kesempatan 2 kali meliput sebuah acara. Tetapi tanpa adanya jas sebagai identitas pribadi, saya merasa ada yang kurang sebagai bagian dari PIDAS VICTORIOUS. Jas yang semestinya menjadi identitas anggota pun telah diberikan pada acara kemarin, sehingga tak ada lagi kata “tidak semangat” dalam menjalani berbagai tugas yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

 

Dan masih banyak contoh makna lain dari acara Inaugurasi ini yang tak dapat disebutkan satu persatu. Sejalan dengan itu, pada poin 2 telah disebutkan jika makna dari acara ini dapat menambah semangat anggota PIDAS dalam bertugas. Warna merah yang terdapat pada jas PIDAS memilki filosofi warna berani dan penyemangat, yang juga harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh tekad dan ambisi, tak dapat dipungkiri bahwa nantinya kita akan dapat merealisasikan mimpi-mimpi serta ide kita di kehidupan yang akan datang.

Berbicara tentang mimpi  yang akan direalisasikan, saya sendiri memiliki impian menjadi seseorang yang dapat berguna bagi orang lain, layaknya menjadi dokter. Dari belia, saya selalu berangan-angan dapat duduk di ruangan rumah sakit dan kemudian orang-orang berbondong-bondong mengkonsultasikan beragam penyakitnya kepada saya. Kemudian saya berangan jika pada suatu saat nanti, hanyalah saya dan waktu sebagai jarak antara nyawa pasien. Sebuah impian yang indah bukan? Dapat menciptakan senyum kecil bagi orang-orang yang dapat saya sembuhkan seraya mengucapkan “Terima kasih, dok”. Visioner yang menatap jauh ke depan, itulah saya. Menurut saya pribadi, profesi dokter adalah satu-satunya profesi yang tak akan lekang dimakan waktu. Secanggih-canggihnya teknologi, dan semanjur-manjurnya sebuah obat, tetap dokter-lah yang akan menjadi ujung tombak sisi kesehatan makhluk hidup.

Impian saya selanjutnya adalah untuk mengurangi tingginya tingkat pemakaian rokok di Indonesia. Rokok yang selama ini diasumsikan dapat meredakan tingkat stress hingga 60%. Tapi tahukah kamu jika cara kerja rokok meredakan stress yaitu dengan cara melebarkan pembuluh darah selebar-lebarnya kemudian perlahan menyempitkan atau menyusutkan sehingga diameter pembuluh darah akan berkurang drastis secara perlahan. Selain itu, rokok juga menyimpan jutaan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh terutama organ jantung. Itulah sebabnya penyakit jantung koroner merupakan pembunuh terbanyak masyarakat Indonesia ke-2 setelah Stroke. Karena itulah, saya berharap suatu saat nanti saya dapat mewujudkan segala impian yang saya miliki guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Setiap manusia memiliki mimpi. Ada yang mengejar dan mewujudkannya. Ada yang mundur dan membuangnya. Ada pula yang diam dan hanya manyimpannya sepanjang sisa hidupnya.
― Okke Sepatumerah, Cinta Pertama

Kesuksesan Bukan tentang Seberapa Banyak Uang Yang Kamu Hasilkan, tapi Seberapa Besar Kamu Bisa Membawa Perubahan Untuk Hidup Orang Lain.

―Michelle Obama

Kita Diberi Dua Tangan, Satu Untuk Menolong Diri Sendiri dan Satu Lagi Untuk Menolong Orang Lain.
― Audrey Hepburn

 

Nah, gimana? Pastinya kalian memiliki impian yang ingin digapai juga, kan? Yuk kita saling bercerita dan sharing tentang impian yang kita miliki melalui kolom komentar yang terdapat dibawah ini!

Terima Kasih :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *