Indonesia Djaya!!

Haloo P-assengers! Kembali lagi niih dengan saya Falah Nafis, hehehe… sebelumnyaa saya cerita tentang mimpi saya kan? Gimana?? Udah baca belum?? Kalo belum, baca dulu deeh di link ini hehehe… https://www.pidas81.org/dont-stop-believing/

Oke, kali ini saya mau menulis artikel yang berkaitan dengan Sumpah Pemuda, karena masih dalam suasana Sumpah Pemuda kan ya??  Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-89 P-assengers! (yaa walaupun telat 3 hari HEHEHE). Semoga kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia dapat terus berkreasi dan berprestasi untuk bisa memajukan bangsa ini.

Kalian pasti udah tau dong gimana sejarahnya sumpah pemuda itu bisa ada?… Pasti tau dong kan kita di sekolah udah belajar Sejarah Indonesia, yee gak? Okee, kalau misalnya belum tau akan saya jelaskan secara singkat. Sumpah Pemuda itu merupakan dari hasil Kongres Sumpah Pemuda yang ke-2. Kongres ini dihadiri oleh pelajar-pelajar di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang sampai sekarang diperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda ini menegaskan cita-cita para pemuda di Indonesia akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia (sesuai dengan isi Sumpah Pemuda). Pelajar-pelajar saat itu ingin merdeka dari jajahan Belanda sehingga ingin mempersatukan para pemuda saat itu untuk bangkit. Jika kalian ingin tau lebih banyak mengenai sejarah Sumpah Pemuda, kalian bisa mendatangi Gedung Sekretariat PPI di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.

Oke, sekarang kita lanjut ke bagian inti dari artikel ini. Saya akan membahas ‘Apa sih yang akan kamu lakukan sebagai pemuda-pemudi Indonesia untuk bangsa ini??’ dan ‘Apa harapan kamu untuk Indonesia ke depannya??’.

Kalian sadar tidak sih, kalau pembangun bangsa ini adalah pemuda-pemudi Indonesia seperti kita?? Karena kita adalah penentu masa depan bangsa ini, mau bagaimana bangsa ini nasibnya di masa depan itu tergantung kita di masa sekarang maka dari itu dimulai dari sejak dini untuk berbuat sesuatu yang bisa membuat bangsa ini maju.

Jadi, saya akan menjawab pertanyaan yang pertama, yaitu ‘Apa sih yang akan kamu lakukan sebagai pemuda-pemudi Indonesia untuk bangsa ini??’

Pertama, saya akan mulai dari hal yang kecil dulu, yaitu toleransi. Toleransi itu mudah diucapkan, tetapi sebenarnya itu sangat dulit dilakukan. ‘Kenapa sih harus toleransi??’ Tentu saja kita harus toleransi, karena kita tinggal di Indonesia yang memiliki ragam  suku, agama, ras, dan budaya. Karena bangsa Indonesia ini milik bersama, bukan suatu golongan tertentu saja. Dengan toleransi, tentunya kita dapat bisa bersama-sama memajukan bangsa ini dengan mudah. Seperti yang dikatakan oleh Ir. Soekarno,

“Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!”

Nah, ayo P-assengers, mulai sekarang kita mulai lebih bertoleransi terhadap sesama yaa!…

Kedua, saya akan lebih mendengarkan orang lain. Yap, ini harus banget dilakukan oleh pemuda-pemudi Indonesia. Karena dengan mendengar, kita bisa lebih tau apa sih yang orang lain sampaikan ke kita. Dan mulai dari situlah kita akan mendapatkan sesuatu yang baru dan akan mulai terpancing untuk mengeluarkan ide-ide atau aspirasi yang cemerlang untuk bisa membangun bangsa Indonesia ini. Seperti suatu quotes tetapi tidak diketahui oleh siapanya ini,

“Ketika kamu berbicaara, kamu hanya mengulangi kembali apa yang kamu ketahui. Tetapi, ketika kamu benar-benar mendengarkan, kamu akan belajar sesuatu yang baru.”

Dengan mendengar orang lain juga, kita juga akan lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain. ‘Kenapa begitu sihh??’ Yaa karena saat kita mendengarkan orang lain, orang lain itu akan merasa dihargai dan dihormati, maka dia juga akan terpancing untuk menghargai dan menghormati orang lain juga.

Nah P-assengers, terkadang dari hal kecil seperti mendengarkan orang lain, kita bisa mendapat benefit lebihnya juga yaa kaan??…

Ketiga, saya akan berusaha untuk berprestasi, seperti dalam isi janji siswa ke- 4 yang suka kita bacakan setiap upacara hari senin

‘4. Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan’

Dengan berprestasi, itu membuktikan kepada dunia bahwa kita sudah benar-benar merdeka dari jajahan. Berprestasi pun tidak harus secara internasional, berprestasi dari lingkungan sekitar kita juga bisa sebagai modal untuk nanti bisa berprestasi di dunia internasional nanti.

Nah, sekarang saya akan menjawab pertanyaan yang kedua, yaitu ‘Apa harapan kamu untuk bangsa Indonesia ke depannya??’

Pertama, saya berharap semoga Indonesia tidak ada koruptor-koruptor lagi. Yaa sebenarnya yang menyebabkan kemunduran Indonesia saat ini adalah para koruptor ini. Mereka dengan seenaknya mengambil atau bahkan memakainya uang untuk kesejahteraan rakyat dengan seenaknya. Nah, agar tidak menjadi koruptor di masa depan nanti, kita harus mulai memupuk sifat kejujuran sedini mungkin, karena jika kita semua mempunyai sifat jujur yang tinggi, tidak akan ada lagi tuhh yang namanya koruptor di Indonesia.

Kedua, saya sangat berharap sekali sistem pendidikan di Indonesia berubah. Sistem pendidikan yang saya maksud adalah sistem ‘moving class’ mulai dari jenjang SMP. ‘Kenapa begitu?? Kalau begitu seperti di kuliah nanti dong ya??’ Yaap betul sekali maksud saya seperti itu. Jadi siswa-siswi bisa memilih kelas atau mata pelajaran yang ia minati, bukan seperti sekarang siswa-siswi dituntut untuk mengikuti pelajaran yang sebagian tidak ia sukai. Dengan sistem ini, siswa-siswi sudah mulai bisa mengetahui minat dan bakat ia sesungguhnya yang ada di dalam dirinya mulai dari jenjang SMP, sehingga tidak bingung saat jenjang akhir SMA untuk memasuki jurusan kuliah apa nantinya.

Ayo P-assengers, kita berdoa semoga bangsa Indonesia milik kita ini bisa lebih maju dan jaya dari sekarang… Aamiin…

Sekian artikel saya kali ini, semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat. Terima kasih yang sudah membaca! Mohon maaf bila ada salah-salah kata. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnyaa… Dadaah!!…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *