Mengenal Kepemimpinan dan Kerjasama

Halo P-assengers! Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat dan baik. Pada kesempatan kali ini, PIDAS81 akan membahas salah satu hal yang menarik, yaitu kepemimpinan dan kerjasama. Yuk, simak sampai habis!

Sebelum kami membahas lebih jauh, perlu kita ketahui bahwa manusia adalah mahkhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial memiliki makna bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia sangat memerlukan bantuan dari orang lain agar kebutuhan dan keinginannya terpenuhi.

Kepemimpinan dan kerjasama merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia. Kepemimpinan dan kerjasama sudah sangat sering kita lihat, seperti di sebuah organisasi, dimana pemimpin yang berkualitas dan kerjasama tim yang baik akan menghasilkan keberhasilan yang indah.

Kini, kami akan membahas kepemimpinan dan kerjasama secara lebih detail.

  1. Kepemimpinan

Kepemipinan sendiri memiliki arti, yaitu proses memengaruhi orang lain agar mau bekerjasama dalam mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan. Dari pengertian ini, salah satu ciri-ciri pemimpin adalah dapat memengaruhi orang lain. 

Pemimpin yang baik selain dapat memengaruhi orang lain juga harus memiliki ciri-ciri lain, seperti dapat mendisiplinkan orang lain, menyusun prioritas sebuah tim, mengembangkan rasa percaya dengan anggota tim, dan menetapkan tujuan dan impian yang efektif bagi keberhasilan timnya. Dalam sebuah tim, kepemimpinan memiliki peran dalam menentukan keberhasilan sebuah tim. Seorang pemimpin dituntut dapat mengayomi timnya dan mencapai tujuan bersama.

  1. Kerjasama

Kerjasama merupakan sebuah interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan. Secara umum pengertian dari kerjasama ialah suatu aksi atau usaha yang dilakukan bersama-sama demi menncapai tujuan yang sama. Bagaimana cara agar suatu tim memiliki kerjasama yang baik di dalamnya? 

  1. Yang pastinya memiliki tujuan yang sama. Jika dalam satu tim memiliki tujuan yang berbeda lantas mau dibawa kemanakah akhir dari tim tersebut? Untuk itu sangatlah penting memiliki tujuan yang sama. 
  2. Setiap anggota dalam tim pasti memiliki pendapat yang berbeda. Agar terciptanya perdamaian dalam suatu kerjasama yang baik maka diperlukannya menghargai pendapat maupun kebiasaan rekan kerja kita. Kita boleh mempertahankan pendapat kita sendiri, namun hal ini bukan berarti kita boleh bertindak keras kepala. Kita juga harus memikirkan bahwa tujuan tim adalah tujuan bersama, bukan hanya diri kita sendiri.
  3. Selain menghargai pendapat rekan, kita juga bisa membangun hubungan antara rekan kerja kita dengan menciptakan komunikasi yang baik dan juga lancar. Jangan biarkan kesalah pahaman merusak hubungan yang nantinya juga agakn berpengaruh dalam kerjasama tim.
  4. Tidak hanya menjaga komunikasi saja, kita bisa membangun suatu hubungan dengan didasarkan rasa percaya kepada rekan kita. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai kepemimpinan dan kerjasama. Bagaimana P-assengers apakah kalian sudah cukup mengenal dengan dua hal tersebut? Pastinya sudah dong! Sepertinya sampai disini dulu ya artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel-artikel bermanfaat lainnya! Bye bye P-assengers!

Referensi:

  1. https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/13/110000769/kepemimpinan-definisi-dan-konsepnya
  2. https://materibelajar.co.id/pengertian-kerjasama/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published.