Mengenal UI Lebih Dekat Lewat Bedah Kampus 14

BKUI

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kembali menggelar acara tahunan Bedah Kampus Universitas Indonesia (BKUI) pada tanggal 19 – 20 Oktober 2013 di Balairung, Kampus UI Depok. Acara yang sudah 14 kali diselenggarakan sejak tahun 2001 ini turut menghadirkan sejumlah tokoh terkenal yang merupakan alumni UI dan mahasiswa UI yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Secara umum, BKUI dibagai ke dalam tiga rangkaian kegiatan, yaitu Bedah Universitas, Bedah Fakultas, dan Bedah Jurusan. Salah satu sesi utama dalam Bedah Universitas adalah Bincang Informatif. Dalam sesi ini segala informasi mengenai UI dikupas tuntas dengan menghadirkan unsur rektorat dan tokoh-tokoh terkenal alumni UI.

Salah satu alumni UI yang mengisi sesi bincang informatif di hari pertama BKUI adalah Najwa Shihab. Dalam sesi ini, Najwa sangat menekankan bahwa selain masuk Perguruan Tinggi Negeri dan mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi, aktif berorganisasi juga menjadi penentu sukes atau tidaknya seseorang di masa depan.

“Nilai atau IPK yang tinggi membawa kamu dipanggil wawancara kerja, tapi aktif-tidaknya kamu dulu selama kuliahlah yang membawa kamu diterima kerja,” kata Najwa yang merupakan lulusan Fakultas Hukum UI tahun 2000.

Menurut Ahmad Fariz selaku Project Officer BKUI 14, acara ini bertujuan untuk menginformasikan berbagai informasi seputar UI yang sangat penting untuk diketahui siswa-siswi SMA, khususnya bagi mereka yang sedang duduk di bangku kelas XII SMA. “Kita ada yang namanya Kunjung Sekolah, di mana di Kunjung Sekolah itu yang namanya teman-teman SMA itu pasti galau sama jurusan, sama fakultas, bahkan mereka enggak tahu antara bedanya universitas, bedanya fakultas, sama bedanya jurusan,” kata Fariz saat ditemui di sela-sela acara BKUI 14.

Inilah Waktumu!

BKUI kali ini mengusung tema terkait waktu. Tema ini dipilih karena waktu dianggap mempunyai karakter yang unik. “Dari tahun ke tahun yang namanya penerimaan mahasiswa baru itu semakin ke sini semakin cepat. Kalau dulu mungkin bisa di bulan-bulan Juni, tapi sekarang bulan Februari, bulan Januari, dan bahkan semester I pun mereka sudah harus memilih jurusan. Itulah kenapa kita mengambil tema ‘Inilah Waktumu’ untuk lebih menegaskan lagi bahwa ketika mereka sudah kelas XII, sudah enggak ada waktu lagi buat main-main lagi,” kata Ahmad Fariz menjelaskan.

Program kerja tahunan BEM UI ini memang selalu mampu menarik animo siswa-siswi SMA. Peserta yang datang pun tidak terbatas di sekitar Jabodetabek saja, melainkan juga dari berbagai kota di Jawa Barat dan Banten. Ginom, salah satu peserta BKUI tahun ini yang berasal dari SMAN 2 Cibinong, mengaku bahwa dengan mengikuti BKUI membuatnya lebih mantap dalam menetapkan tujuannya nanti untuk memilih jurusan di UI. “Di BKUI ini kan kita masuk ke dalam jurusan-jurusannya, terus ke gedung-gedungnya, jadi kita tahu, oh aktivitas-aktivitas mahasiswanya kayak gini, terus tempat ruangan buat belajarnya gini, jadi kita lebih tahu,” kata Ginom menambahkan.

Besarnya animo siswa-siswi SMA dalam mengikuti BKUI ternyata berhasil meningkatkan jumlah peserta BKUI tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya bahkan panitia tidak lagi menyiapkan tiket on-the-spot karena tiket pre-sale telah habis beberapa hari sebelum acara.

“Kalau peserta tahun ini meningkat. Tahun kita itu peserta sampai 15.900, 16.000 itu termasuk dengan tiket undangan, karena kita ada Kunjung Sekolah, kita ada juga yang namanya tiket undangan untuk guru-guru. Jadi, memang BK itu enggak kita khususkan untuk siswa-siswa saja, tapi buat guru-gurunya juga,” jelas Ahmad Fariz.

Bertanya Langsung dengan yang Kuliah

Setelah usai sesi Bincang Informatif dan Bincang Motivatif, para peserta BKUI diperbolehkan berkeliling ke stan-stan jurusan yang telah disiapkan. Melalui stan-stan ini, peserta BKUI dapat memperoleh informasi secara langsung mengenai jurusan yang diketahui dari mahasiswa jurusan tersebut. Rangkaian acara yang disebut Bedah Jurusan ini melibatkan lebih dari 500 orang mahasiswa dari semua jurusan yang ada di UI.

Ketua BEM UI 2013 Ali Abdillah menjelaskan bahwa BKUI sangat penting dalam membantu sosialisasi segala informasi terkait UI yang harus diketahui oleh siswa-siswi SMA. Ali juga mengatakan bahwa kegiatan BKUI ini tidak dimaksudkan untuk mengambil peran Humas UI karena justru Humas UI dan BEM UI saling bekerjasama dalam membuat acara ini. “Kita melihat bahwa tren informasi di BK yang didapat oleh anak-anak SMA itu banyak memberikan manfaat untuk mereka, dan Humas UI pun pada akhirnya banyak bekerja sama dengan kita untuk menyelenggarakan acara-acara semacam Bedah Kampus ini,” kata Ali.

Ali juga menambahkan bahwa acara BKUI ini harus terus diadakan karena menurutnya ada beberapa hal yang tidak bisa dijangkau oleh Humas UI dalam penyebaran informasi ke siswa-siswi SMA. “Kita akui ada beberapa hal yang tidak bisa dicapai oleh Humas UI, terutama ke anak-anak SMA secara menyeluruh. Anak-anak SMA lebih dekat dengan senior-seniornya yang umurnya enggak terlalu jauh beda. Mungkin karena kedekatan umurnya, pada akhirnya mendekatkan informasi itu kepada mereka,” kata Ali menjelaskan.

* * *

Lihat foto-foto BKUI 14 di sini dan video liputan BKUI 14 oleh PIDAS Group di bawah ini:

Baca juga:

Press Release Bedah Kampus UI 14

Official Media Partner BKUI 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *