Mobil Murah?

Pemerintah mendukung mulai dijualnya dua mobil murah oleh Toyota dan Daihatsu yang merupakan anak usaha PT Astra Internasional Tbk. Mobil murah dengan harga mulai di bawah Rp 100 juta ini bakal menghemat konsumsi BBM.

 

Seperti diketahui, sejak kemarin, dua mobil murah keluaran Astra resmi diluncurkan. Pertama, Daihatsu Ayla yang dijual mulai Rp 76 jutaan hingga Rp 106 jutaan dan kedua Toyota Agya mulai Rp 99,9 juta hingga Rp 120.750.000.

 

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) ini dinilai mampu mengurangi konsumsi BBM yang sudah sangat tinggi penggunaannya.

 

“Justru kehadiran itu mengurangi konsumsi sebetulnya, low cost itu tidak hanya harga murah, tapi penggunaan energinya murah dan hemat,” kata Hatta di Acara Danareksa Macro Forum 2013, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

 

Hatta menambahkan, mobil murah ini diharapkan bisa menarik pengguna kendaraan untuk beralih, sehingga kendaraan yang dipakai lebih hemat energi.

 

Perlu diketahui, Menteri Perindustrian M.S Hidayat telah menyelesaikan petunjuk teknis (Juknis) aturan mobil murah ramah lingkungan (Low Cost and Green Car/LCGC).

 

Untuk sementara, produsen mobil yang lolos verifikasi pemerintah adalah Daihatsu dan Toyota, selanjutnya mereka mulai menjual mobil murahnya September ini.

 

Rafadilla Putri Alvarisa (nametag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *