Pemimpin yang Ideal

Pemimpin. Pemimpin adalah seseorang yang mampu menggerakan individu atau kelompok dalam kerja sama untuk menjalankan tujuan yang telah ditentukan. Nah, bicara soal pemimpin saya ingin membahas tentang pemimpin yang ideal bagi bangsa indonesia.

 

Sesuai dengan definisinya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan baik itu dalam bicara maupun menarik orang supaya percaya dengannya (pemimpin). Di samping itu, pemimpin juga harus memiliki kebijaksanaan. Kebijaksanaan sangat penting dalam kepemimpinan karena dalam memimpin seorang pemimpin pasti akan menghadapi suatu pilihan, dalam memilih pilihan tersebut pemimpin haruslah bijaksana. Selain kebijaksanaan, pemimpin juga harus mempunyai wibawa yang membuat seseorang atau sekelompok orang, hormat dan patuh padanya.

 

Dari definisi yang ada munculah dalam benak kita, “Seperti apakah pemimpin yang ideal bagi bangsa Indonesia?” Pemimpin di Indonesia adalah Presiden. Pemimpin yang ideal bagi Indonesia yang ideal menurut saya adalah pemimpin yang dapat, yang memiliki pedoman hidup sesuai dengan Pancasila dan menaati UUD 1945. Dalam hai ini, pemimpin bangsa Indonesia haruslah seseorang yang mempunyai iman. Iman sangatlah penting karena seseorang yang imannya kuat pasti akan kuat dalam menolak segala godaan yang seharusnya seorang pemimpin tidak lakukan, contohnya adalah korupsi. Pemimpin yang ideal juga harus adil terhadap semua warga negaranya karna semua warga negara adalah sama karena bangsa Indonesia adalah Negara Hukum.

 

Pemimpin yang ideal juga harus dengan rakyat dalam hal ini tidaklah harus bertemu secara langsung namun, bisa dengan cara memberi bantuan kepada rakyat kecil. Pemimpin yang ideal bagi indonesia juga harus dapat membuat rakyatnya sejahtera dalam hal ini adalah membersihkan segala bentuk kemiskinan.

 

Pemimpin itu haruslah jujur. Jujur, adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur dapat dipercayai oleh rakyatmya. Sehingga negaranya pun tidak terjadi pemberontakan. Dan pemimpin yang jujur pun lebih dicintai oleh masyarakat. Pemimpin yang cerdas juga haruslah cerdas yaitu memiliki pendidikan yang tinggi. Hal ini supaya pemimpin tersebut mempunyai rasa percaya diri dalam memimpin dan juga dihormati oleh rakyatnya.

 

Dan hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin ialah pemimpin harus dapat dipercaya dan dapat membuat rakyatnya  percaya. Hal ini sangatlah susah ditemui dalam jiwa pemimpin-pemimpin Indonesia. Seperi yang dikatakan oleh Miftha Thoha dalam bukunya, Perilaku Organisasi, yaitu “Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasan.” Berdasarkan pendapat itu bagaimana seorang pemimpin dapat mengarahkan rakyatnya jika ia (pemimpin) tidak dapat dipercayai rakyatnya.

 

Mencari pemimpin yang ideal bagi bangsa Indonesia memang tidaklah mudah, namun dengan kerja keras hal yang merupakan suatu kekurangan pun dapat menjadi kelebihan. Nah, itu hanya sebagian pendapat saya tentang seperti apakah pemimpin yang ideal bagi bangsa Indonesia. Terima kasih telah membaca. :)

 

Rosarina Pasaribu (New)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *