Pemuda Pemudi Indonesia

PEMUDA PEMUDI INDONESIA

1477923874315

Hai Pidas, bertemu lagi dengan saya, di karangan web pidas bulan Oktober. Bulan ini tema karangan kita yaitu tentang pemuda dan pemudi Indonesia. Yaitu, apasih harapan kita selanjutnya untuk pemuda dan pemudi Indonesia, dan juga apa sih yang harus kita lakukan sebagai pemuda dan pemudi Indonesia. Sesuai banget nih sama Hari Sumpah Pemuda yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober.

Sebelum itu, apakah kalian pada mengenal atau tau ga sih isi Sumpah Pemuda itu sendiri? Ayo kita baca dulu yuk isi Sumpah Pemuda Indonesia :

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea
2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Intinya sebagai pemuda dan pemudi di Indonesia, kita bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, yaitu Indonesia.

Sumpah pemuda itu sangat penting, karena pergerakan nasional yang dipelopori para pemuda berhasil menyingkirkan sekat sekat yang menghalang kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda ini dihadiri oleh 7000 orang. Berlangsung 2 hari, yang dihadiri oleh Jong Java, Jong Soematra, Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten Bond, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi, Jong Ambon, dan Perhimpoenan Peladjar2 Indonesia (PPPI). Kongres ini juga dihadiri oleh utusan golongan timur asing Tionghoa.

Lalu apa kenyataannya di Indonesia ini? Apakah pemuda pemudi di Indonesia sudah berlaku baik? Bermartabat? Dan menjunjung tinggi negara Indonesia?

menyontek

apa yang kalian Bisa liat dari gambar ini.

Ya menyontek. saat ini Jiwa pemuda pemudi di Indonesia hampir semuanya sudah terpengaruh dan melestarikan budaya menyontek. Kenapa? Karena sebuah ketidaksiapan untuk mengerjakan ulangan atau tugas. Bisa saja dia main game, tidur, atau melakukan hal yang lain, dan melupakan tugas utama kita yaitu belajar. dan juga karena faktor tidak peduli, cuek, ataupun malas.

Masih banyak budaya Pemuda dan pemudi Indonesia yang belum mempunyai jiwa berkarakter. Ini hanya merupakan salah satu contoh, dari berbagai macam budaya negatif yang di lestarikan oleh Indonesia. padahal Indonesia memiliki 1001 atau bahkan lebih budaya yang dapat kita lestarikan atau banggakan.

Contohnya yaitu suka berkelahi, biasanya banyak anak sma yang suka tawuran antar pelajar antar sma – sma yang ada. mereka bahkan sering tawuran dengan menggunakan senjata senjata tajam, atau bahkan dengan saling melempar batu. Suka tidak menghargai, salah satu contohnya ya jika kita berada di kereta. Apakah kita sudah mau rela berkorban untuk menyerahkan tempat duduk kita kepada yang lebih membutuhkan. Masih banyak juga pemuda dan pemudi Indonesia yang suka cabut sekolah. Dan masalah terpenting yaitu banyak pemuda dan pemudi Indonesia banyak yang merokok di saat umur mereka masih di bawah 17 tahun. Banyak sekali siswa smp dan sma yang sudah merokok, dan bahkan ada beberapa anak SD yang merokok. Bisa saja ini merupakan pengaruh dari siswa lain bukan ?
Masih banyak lagi pemuda dan pemudi Indonesia seperti suka berisik, dan tidak pernah menghargai temannya berbicara. Dan ada juga pemuda dan pemudi Indonesia yang suka memainkan game sampai tengah atau larut malam, alias lupa waktu.

Apa sih hal hal yang seharusnya kita lakukan sebagai pemuda dan pemudi Indonesia? Yang seharusnya saya atau kita lakukan yaitu melestarikan budaya Indonesia yang baik, budaya yang patut dilestarikan dengan tidak mencoreng nama kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia. Budaya yang dapat menjunjung tinggi identitas negeri bangsa Indonesia kita.

Budaya di Indonesia itu banyak loh, mulai dari budaya sikap kita yaitu yang mempunyai moral yang tinggi dengan menghargai orang yang lebih tua dari kita ataupun menghargai sesama. Saling tolong menolong ataupun membantu orang lain atau sesama di saat yang lain kesusahan. Di indonesia juga mempunyai berbagai macam budaya yang dapat di lestarikan. Seperti tari tradisional : saman, tari kecak, tor-tor, tari piring, tari kipas dan lain lain. Lagu daerah seperti apuse, ayo mama, kicir-kicir, angin mamiri, bubuy bulan, dan lain lain. Dan batik. Sebagai pemuda dan pemudi yang mencintai Indonesia, kita harus bangga menggunakan batik, jangan sampai batik di rebut oleh negara lain. Dan udah banyak kan yang pakai batik di sekolah setiap hari kamis atau jumat. Ada juga wayang. Kita juga harus bangga menonton wayang, seperti wayang yang ceritanya terkenal yaitu Rama dan Shinta. Orang luar negeri saja berebut untuk membeki batik, menonton wayang, dan lain lain. Masa kita tidak?
Contoh lengkapny yaitu seperti : rajin belajar, jika kita rajin belajar pasti nilai kita bisa bagus. Yang kedua yaitu dengan melestarikan kekayaan Indonesia, spt tari tradisional, dan lain lain.

Kita juga bisa melakukan hal hal yang mengarah hal yang positif. Seperti mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat! Seperti mengarang, menulis, membuat, cerita, novel, puisi, dan pantun.

Lalu apa harapan saya untuk pemuda pemudi ke depannya?

Harapan saya untuk pemuda dan pemudi untuk kedepannya adalah semoga pemuda dan pemudi Indonesia menjadi pemuda dan pemudi yang berkualitas. Berkualitas di sini dimaksudkan untuk menjadi pemuda dan pemudi yang bermanfaat bagi sekitarnya, menjunjung tinggi harkat dan martabat pemuda dan pemudi Indonesia. Mempunyai kharisma yang kuat. Juga professional jika terjadi suatu masalah, liat suatu sisi dari sisi yang lain juga jangan fokus ke satu sisi saja. Bersikap apa adanya, jangan menjadi orang yang mempunyai 2 kepribadian. Menghargai prestasi dan mengejar prestasi, yaitu kita harus mengakui prestasi orang lain, jangan iri hati. Dan berusahalah belajar dan berlatih untuk mengejar prestasi

Itu saja karangan yang dapat saya sampaikan. Sampai jumpa di karangan selanjutnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *