Pemuda Sebagai Penerus Bangsa

Peserta Kongres Pemuda II

85 tahun yang lalu, pemuda Indonesia mengadakan Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 27-28 Oktober di Batavia (Jakarta) dan melahirkan sebuah keputusan yang sekarang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”. Oleh karena itu, setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia merayakan hari Sumpah Pemuda. Sebenarnya apa sih makna dari hari itu? Apa sih yang bisa kita lakuin sebagai pemuda dalam rangka merayakan hari Sumpah Pemuda?

 

Banyak yang bilang bahwa “Pemuda itu adalah penerus bangsa”. Emang apa sih yang bisa dilakukan pemuda sampai dibilang agent of change? Menurut saya, pemuda dikatakan sebagai penerus bangsa atau agent of change karena banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemuda yang akan membawa nama baik bangsa. Mereka bisa melakukan banyak hal yang dapat merubah bangsa ini menjadi bangsa yang jauh lebih baik daripada sekarang. Mengapa? Karena pemuda itu identik dengan semangat juang yang tinggi, sangat inovatif dan kreatif. Mereka bisa melakukan pembenahan terhadap negara kita yang masih memiliki banyak masalah dan kekurangan.

 

Ryan Bagus Fitradi

Kita sebagai pemuda bisa memajukan bangsa dalam berbagai cara. Salah satunya adalah kita dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti lomba-lomba tingkat nasional bahkan internasional. Contohnya adalah Ryan Bagus Fitradi yang belum lama ini memenangkan medali perak Olimpiade Kimia Tingkat Internasional (IChO) di Moscow, Rusia. Ia berhasil membawa nama baik bangsa Indonesia ke tingkat Internasional. Selain itu, kita dapat membuat suatu inovasi baru yang unik dan bermanfaat, seperti halnya tiga mahasiswa yang berhasil menemukan suatu pembangkit listrik yang dihasilkan oleh suhu. Dalam penemuan ini, mereka berhasil memenangkan medali emas World Inventor Award Festival di Seoul, Korea Selatan pada Desember 2012 yang lalu. Selain 2 contoh yang baru saja saya sebutkan, banyak sekali prestasi yang telah dicapai oleh pemuda Indonesia di jaman sekarang ini. Jangan biarkan kita hanya menjadi seorang penonton yang bertepuk tangan atas hasil orang lain. Jadikanlah mereka sebuah motivasi untuk diri kita sendiri dalam mencapai suatu gol yang dapat memajukan Indonesia.

 

Selain hal yang saya sebutkan tadi, ada hal yang sangat sederhana yang dapat merubah bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik di masa yang akan datang. Kita hanya perlu menanamkan moral dan karakter yang baik. Karena di jaman sekarang ini, krisis moral terjadi. Sering kali kita mendengar kasus korupsi yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin di Indonesia ini. Mereka menggunakan uang negara untuk memuaskan diri mereka sendiri tanpa memikirkan rakyat Indonesia yang lain. Jika hal ini terjadi terus menerus dan tidak ada perubahan, bangsa Indonesia semakin lama akan semakin hancur. Oleh karena itu, pemuda jaman sekarang harus menanamkan sikap yang jujur dalam hidupnya.

 

Masih banyak hal yang dapat dilakukan oleh kita sebagai pemuda Indonesia yang dapat merubah Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik. Karena masa depan Indonesia ini berada di tangan kita. Jangan biarkan masalah yang ada terus berlanjut. Ubahlah Indonesia ini menjadi negara yang maju dan makmur. Oleh karena itu, mulai saat ini jadilah pemuda Indonesia yang produktif, aktif, kreatif dan inovatif!

 

 

Sumpah Pemuda

 

Agnes Listyo Rini (nametag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *