Pengemis Zaman Sekarang

1381594_10201085567838299_1891420528_n_zps5693e73a

 

Pengemis adalah orang yang meminta-minta dan meminta belas kasihan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Meskipun terbilang halal namun tetap saja namun tidak semua orang boleh menjadi pengemis. Orang yang menjadi pengemis haruslah orang yang tidak mampu melakukan apa pun demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengemis sebenar bukanlah pekerjaan menurut saya. Karena dalam bekerja haruslah ada suatu kerja keras tidak hanya meminta namun berusaha. Di Indonesia sangat banyak orang yang “berprofesi” sebagai pengemis. Pengemis ini muncul karena adanya krisis ekonomi, tidak memiliki pekerjaan lain, atau pun mereka hanya malas mencari pekerjaan atau bahkan tidak mau. Pengemis ini muncul juga karena kemiskinan yang tinggi di Indonesia. Krisis mengahruskan mereka untuk mengemis karena harga kebutuhan naik.

 

Baru-baru ini ada berita yaitu, di Bandung ditemukan bahwa ada pengemis yang menolak diangkat sebagai staf kebersihan jalanan pekerjaan dan mengaku menolak karena menjadi pengemis gajinya lebih besar dari pada menjadi tukang bersih-bersih jalanan. Hal ini sangat disayangkan karena cara tersebut adalah upaya pemerintah menyejahterakan rakyat dengan cara memberikan pekerjaan yang layak. Namun, ada saja orang yang lebih memilih untuk mengemis.

 

Dan ada pula pengemis yang kaya raya yang hanya berkedok sebagai pengemis namun sebenarnya kaya raya. Mereka hanya berpura-pura menderita dan memasang wajah yang membuat seseorang menjadi kasihan atau iba. Hal ini sangat tidak adil karena mereka hanya meminta tapa berusaha untuk bekerja keras mengerjakan sesuatu yang layak. Contohnya saja pembantu rumah tangga. Pembantu rumah tangga yang menginap saja penghasilannya bisa dibilang kecil, padahal mereka (pembantu rumah tangga) bekerja dari pagi sampai malam dengan kerja keras dibandingkan dengan pengemis yang penghasilannya besar tanpa bekerja keras.

 

Dan parahnya lagi adalah, ada pengemis yang mengajak anaknya, yang seharusnya mereka belajar bukan menjadi peminta-minta. Dan yang lebih parahnya lagi ada pengemis yang mencacatkan diri atau berpura pura cacat demi membuat orang lain merasa iba dan kasihan sehingga mereka mendapat banyak penghasilan. Sungguh hal ini sangat merugikan diri mereka sendiri dan orang lain. Seharusnya pemerintah menangani hal ini dengan sebaik-baiknya dan dengan ketat. Dan pemerintah juga harus tegas dalam menjalankan tata tertib supaya tidak ada orang yang meminta-minta lagi. Dan, membuka lahan pekerjaan yang luas supaya tidak ada pengangguran yang ujung-ujungnya membuat para pengangguran menjadi pengemis untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 

Sekian pendapat saya tentang pengemis zaman sekarang. Terima kasih sudah membaca. :)

 

Rosarina Pasaribu (New)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *