Perpisahan di Hari Kemenangan

17 Agustus 2016. Hari yang menyenangkan, dan juga menyedihkan.

Hari dimana seharusnya gue ikut upacara untuk menyambut kemerdekaan Indonesia, tapi karena gue dapet tugas yang pastinya nggak asing buat anak pidas, ngeliput. Pada hari itu gue harus ngeliput  suasana upacara kemerdekaan Indonesia di SMAN 81 Jakarta. Sebelum upacara dimulai, gue memakai jas merah gue dulu (biar bergaya dikit, hehe).

Saat upacara akan dimulai, gue naik ke lantai dua. Karena gue termasuk departemen Daring, tentunya gue ngeliput via Media Sosial, contohnya Instagram. Dan tentunya, foto yang gue ambil harus bagus. Apalagi kalo cari angle yang bagus buat difoto, harus keliling dari ujung sampai ujung. Naik ke lantai tiga terus turun lagi ke lantai dua.

Loh, jadi curhat?

Oke, lanjut.

Dari lantai dua, gue perhatiin barisan upacara dari kelas 10 sampai kelas 12, sekalian nyari doi baris dimana #ups. Barisan upacara kelihatan lumayan rapih dan agak rapat. Suasana upacara sunyi, meskipun ada beberapa yang masih aja bisik-bisik sama sebelahnya.

Setelah paskibra dan paskibraka mengibarkan bendera merah putih, dan sepatah dua patah kata dari kepala sekolah (yang mungkin cukup membosankan) diucapkan, upacara pun selesai. Seluruh murid berhamburan. Beberapa murid ada yang ke kelas, ada yang di koridor menantikan pelantikan Pengurus OSIS dan MPK yang setiap tahunnya diselenggarakan pada hari itu. Suasana nampak ramai saat itu.

Tentunya PIDAS nggak kalah ramai. Beberapa anggota PIDAS disuruh untuk ngeliput proses pelantikan tersebut. Ada yang ngeliput dari lantai dua dan tiga, dan ada juga yang di lapangan. Gue termasuk yang ngeliput di lapangan.

Pengurus OSIS dan MPK, baik yang mau dilantik maupun yang mau “digantikan”, sedang bersiap-siap di depan masjid Al-Quds, yang dekat ruang guru dan dekat lapangan takraw. Beberapa anggota tim liputan, termasuk gue, juga siap-siap di depan ruang wakil kepala sekolah.

Acara pelantikan pun dimulai, diawali dengan KPPO murid yang melakukan “jalan bebek” memasuki lapangan. Disusul dengan Pengurus OSIS masa jabatan 2015/2016, Narmagatra Nirvandhiya yang bergandeng tangan dengan Pengurus OSIS masa jabatan 2016/2017, Ganatratva Askadridha sesuai jabatannya. Setelah pengurus OSIS, Çista Niti Pranagata kabinet 14 dan kabinet 15 juga menyusul, dan bergandeng tangan juga. Pengurus OSIS dan MPK melakukan “jalan bebek” juga dan memasuki lapangan.

Seluruh warga SMAN 81 bersorak gembira melihat KPPO, Pengurus OSIS dan MPK yang memasuki lapangan. Tapi, ada yang beda dari pelantikan tahun ini dengan tahun lalu. Upacara pelantikan tahun ini tidak ada lari juang yang diselenggarakan sebelum pelantikan dimulai. Padahal, hal yang paling gue tunggu itu lari juang, dan ternyata tidak diselenggarakan untuk tahun ini.

Ada bagian yang menarik saat upacara pelantikan berlangsung. Apa itu? Yaitu saat pelepasan jas secara simbolis Pengurus OSIS dan MPK yang akan demisioner, lalu disusul dengan pemakaian jas Pengurus OSIS dan MPK yang akan menjabat. Saat gue ambil foto di hadapan mereka, rasanya nggak tega. Banyak yang menangis, mukanya basah karena air mata. Beberapa murid menangis karena dengan berat hati harus melepas jas yang sudah dipakai selama satu tahun lalu, beberapa murid juga menangis karena dengan bangga memakai jas yang akan dipakai selama satu tahun kedepan.

Dan gue juga nangis, liat temen gue yang akhirnya keterima dan dilantik jadi Pengurus OSIS dan lagi nangis. Gue langsung peluk dia, yang lagi pakai jas abu-abu itu.

Akhirnya, upacara pelantikan selesai. Lumayan capek loh, keliling di tengah lapangan cuman untuk foto. Meskipun capek, gue tetap senang, karena gue udah ngeliput acara untuk yang ketiga kalinya, setelah acara Parade Ekskul dan seminar Morning Sunshine yang diselenggarakan oleh bule-bule dari AIESEC.

Akhir kata, Selamat untuk dilantiknya Pengurus OSIS Ganatratva Askadridha dan Çista Niti Pranagata kabinet 15! Semoga dapat memajukan dan membuat SMAN 81 Jakarta lebih unggul dari tahun sebelumnya. Dan untuk Pengurus OSIS Narmagatra Nirvandhiya dan Çista Niti Pranagata kabinet 14, semoga sukses selalu dan apa yang dicita-citakan tercapai! :)

Balladiffa Nisrina Maheswari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *