Pra-Grafortin : Good Inovation for a Great Generation

Halo, P-assengers! Balik lagi bersama PIDAS. Hari ini PIDAS bakalan sharing tentang kegiatan “Pra-Grafortin”, yaitu kegiatan yang sedang dilakukan oleh angkatan 2023 akhir-akhir ini, lho. Tapi, apa sih Grafortin itu? Kok bisa ada Pra nya ya? Nah, biar kita sama-sama tahu. Jangan lupa baca artikel ini sampai habis ya, P-assangers!

Grafortin atau Good Inovation For A Great Generation adalah sebuah kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Pengurus OSIS SMAN 81 Kabinet Vardhanatha Lansahitya untuk mempersiapkan pelajar angkatan 2023 untuk mengikuti KoPSI. Tapi, apa sih KoPSI itu? KoPSI atau Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia adalah kompetisi penelitian ilmiah yang diperuntukkan bagi pelajar SMA/MA untuk meneliti keadaan lingkungan sekitarnya, baik dalam bentuk tulisan maupun sebuah temuan. Nah, sekarang kita udah tahu kan tentang pengertian dari Grafortin dan KoPSI. Namun, materi utamanya belum dibahas. Yuk, langsung aja kita masuk ke materi utamanya.

Sesuai namanya, “Pra-Grafortin” terdiri dari dua kata, yaitu Pra yang artinya sebelum dan Grafortin yang artinya langkah pertama peneliti. Nah, dapat kita simpulkan bahwa “Pra-Grafortin” adalah kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan sebuah penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali pelajar SMAN 81 tentang materi penelitian dan rancangan penelitian yang akan sangat dibutuhkan pada kegiatan Grafortin kedepannya.

Kegiatan ini, sudah dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting sebanyak dua kali, yaitu Pra-Grafortin 1 pada tanggal 12 Desember 2020 dan Pra-Grafortin 2 pada tanggal 18 Desember 2020. Kegiatan ini akan kembali dilaksanakan dengan nama Pra-Grafortin 3 pada Sabtu, 16 Januari 2021 yang akan mendatang, lho. Kegiatan ini nantinya akan, membagi pelajar SMAN 81 ke dalam tiga kelompok, yaitu Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), dan Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH). Untuk informasi lengkap tentang Grafortin dapat dibaca di link (di bawah ini!)

 http://bit.ly/ModulGrafortin

Wah, seru banget dan bermanfaat sekali ya kegiatan ini. Walaupun, kegiatan ini dilakukan secara online  tetapi materi yang didapat sangat bermanfaat, lho. Selain, berguna untuk penelitian. Materi ini akan sangat bermanfaat bagi P-assengers yang nantinya akan membuat skripsi. Jadi, PIDAS harap kita semua bisa mempelajari materi dari kegiatan diatas ini dengan baik, P-assangers. Sekian dari PIDAS. Have a nice day, P-assengers! Bye-bye ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *