Serangga Yang Perkasa

Halo! Selamat datang di artikel saya, Falah Abiyyu. Selamat Membaca!


A Bug’s Life

A_Bug's_Life

Poster Promosi A Bug’s Life

 

Mendengar kata “Serangga Yang Perkasa” pasti akan langsung membuat kita membayangkan seekor semut. Semut memang terkenal sebagai hewan kecil yang perkasa, dan di sini saya akan membahas mengenai Film bertemakan semut, A Bug’s Life.

 

A Bug’s Life, siapa yang tidak tahu film legendaris yang satu ini. Film yang sudah pasti menjadi favorit anak-anak generasi ’98 hingga sekarang. Film produksi Pixar Animation Studio ini merupakan salah satu dari sekian banyak film Walt Disney yang telah sukses dalam menyajikan tontonan berbobot bagi generasi-generasi muda, dibintangi oleh berbagai pengisi suara handal seperti David Foley, Kevin Spacey, Julia Louis, dan Hayden Panettiere, sudah pasti film ini pernah masuk ke dalam film favorit kita semua.

 

Film ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan Flik, mulai dari pengusiran yang dilakukan oleh koloninya, pencarian terhadap “Serangga Super” hingga penyelamatan heroik yang dilakukan demi koloninya. Siapa itu Flik??? Flik merupakan seekor semut cerdas nan kreatif yang sangat senang menciptakan barang-barang baru untuk membantu meringankan pekerjaan para semut di koloninya, sekaligus tokoh utama dalam animasi A Bug’s Life.

 

Semuanya berawal ketika musim kering tiba, para semut harus bisa mengumpulkan makanan sebanyak-banyaknya sebelum musim hujan tiba menggantikan musim kering, bukan hanya dikejar oleh waktu, tapi para semut juga terbebani oleh para belalang yang dipimpin oleh Hopper, seekor belalang yang sangat kejam. Para belalang menginginkan para semut mengumpulkan makanan untuk mereka atau mereka mengancam akan memberikan pelajaran yang tak akan terlupakan bagi para semut.

 

Ditengah tekanan-tekanan tersebut, Flik dengan ide-ide kreatif nya berhasil menciptakan sebuah mesin, yang menurutnya dapat membawa koloninya keluar dari masalah yang sedang ada, namun bukannya menyelesaikan masalah, alat yang diciptakannya menyebabkan semua makanan yang telah dikumpulkannya terjatuh ke dalam sungai.

 

Seluruh koloni merasa murka, dan menyalahkan Flik sepenuhnya atas kejadian tersebut, mereka pun mengusirnya dengan dalih mengutusnya mencari “Serangga Super”. Pencarian pun dilakukan oleh Flik dengan seorang diri.

 

Flik pun sampai di sebuah kota besar, di sini Flik merasa yakin bahwa Ia mampu mencari dan membawa Serangga Super untuk membebaskan koloninya dari Hopper dan para belalang. Flik pun bertemu dengan sekelompok serangga sirkus, singkat cerita Flik pun membawa mereka kepada koloninya.

 

Ketika Flik dan para serangga sirkus pun tiba di koloni semut, para semut menyambut kembira kedatangan Flik dan kawan-kawan, mereka pun mengatur strategi untuk menghadapi Hopper dan para belalang.

 

Flik_vs._Hopper_standoff

Hopper dan para belalang pun tiba, para semut sudah siap dengan rencananya. Rencana pun berjalan sesuai rencana, para belalang termakan tipuan burung palsu yang dibuat oleh para semut, namun di detik-detik terakhir, Hopper menyadari tipuan tersebut dan keadaan pun berbalik 180 derajat terhadap para semut dan terbongkarlah kedok bahwa serangga yang dibawa oleh Flik bukanlan serangga super melainkan hanyalah serangga sirkus.

 

Di sinilah semua nampak telah selesai bagi koloni semut, keputus asaan telah menyelimuti semuanya. Namun tidak bagi Flik, di tengah keterpurukannya Ia bangkit dan mengatakan bahwa semut bukanlah mahluk rendah, melainkan merupakan mahluk mandiri yang mampu melakukan berbagai hal-hal luar biasa. Kemampuan suatu individu bukan diukur dari ukuran nya, namun dari apa yang berhasil mereka lakukan dan wujudkan.

 

Dari sinilah seluruh koloni semut terbawa kata-kata Flik dan bangkit bersatu, melawan Hopper yang telah salah menilai mereka, Hopper dan para belalang pun kewalahan menghadapi para semut dan memutuskan untuk kabur, akhirnya para semut pun terbebas dari belenggu yang selama ini mengekang mereka.

 

Setelah menonton film A Bug’s Life kita semua pasti akan setuju dan salut dengan tokoh Flik, walaupun Ia harus menghadapi banyak rintangan Ia tetap saja mampu melewati nya dengan sabar. Tidak hanya sabar, Ia juga selalu mampu berpikir kreatif dan melakukan hal-hal yang inovatif. Hal ini lah yang membuat penulis sangat terinspirasi oleh film A Bug’s Life, mungkin para pembaca juga ada yang terinspirasi oleh film ini.

 


Visi dan Misi PIDAS SMAN 81 Jakarta

 

“Bergerak berinovasi, bekarya menginspirasi”

Visi Pidas

Visi Pidas

Merupakan Visi dari PIDAS SMAN 81 Jakarta, dimana PIDAS akan

selalu bergerak dan berinovasi untuk bisa menghasilkan karya-karya hebat yang mampu mengispirasi banyak orang.

 

 

Kemudian PIDAS juga memiliki beberapa Misi, yaitu:

  1. 1. Memanfaatkan media dan teknologi semaksimal mungkin dalam menyampaikan informasi.
  2. 2. Mengedepankan nilai-nilai kreativitas dan orisinalitas dalam setiap program kerja organisasi.
  3. 3. Menanamkan kultur belajar demi menambah wawasan dan mengasah kemampuan anggota PIDAS SMAN 81 Jakarta.

 


Hubungan Antara Film A Bug’s Life dengan

Visi dan Misi PIDAS SMAN 81 Jakarta

1. Keduanya sama-sama tersusun dari 3 kata

Ba-Dum-Tss

Hehe, bercanda yaa :D

A Bug’s Life dan Visi Misi PIDAS, masing-masing terdiri dari 3 kata. Hm… apakah ini kebetulan??? Ataukah ada konspirasi dibalik kebetulan ini??? *X-Files Theme Song*

2. Tokoh Flik dengan Visi Pidas

Seperti yang kita tau, tokoh Flik merupakan seekor semut cerdas yang penuh dengan ide-ide inovatif, begitu pula dengan PIDAS. Flik dan PIDAS sama-sama bergerak dan berkarya menghasilkan hal-hal baru yang inovatif, yang nantinya dapat  menginspirasi banyak orang.

3. Tokoh Flik dengan Misi PIDAS nomor 1

Memanfaatkan media dan teknologi semaksimal mungkin, itulah hal yang dilakukan oleh PIDAS, begitupula dengan yang dilakukan oleh Flik. Walaupun hanya sedikit barang/alat yang Ia miliki, Ia selalu menemukan cara untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin, wah… hebat ya.

4. Tokoh Flik dengan Misi PIDAS nomor 2

 Mengedepankan Kreatifitas, nahh PIDAS dan tokoh Flik juga memiliki kesamaan di sini. Flik selalu berpikir kreatif dalam segala hal yang Ia lakukan, sama seperti PIDAS.

Wahhh, banyak ya kesamaan yang terdapat dalam film A Bug’s Life dengan Visi Misi PIDAS SMAN 81 Jakarta. Secara kesulurah keduanya selalu berpikir kreatif dan senantiasa menghasilkan karya-karya yang inovatif.

Sekian dari saya, terima kasih PIDAS telah mau menerima saya, terus berkarya ya PIDAS SMAN 81 Jakarta! 😀

Bergerak berinovasi, bekarya menginspirasi!!!

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/A_Bug%27s_Life

https://www.pidas81.org/tentang-kami

http://knowyourmeme.com

http://hero.wikia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *