Serunya Berorganisasi!

Wih akhirnya nulis lagi hihi, artikel pertama gue di februari nih guys. So, sesuai judulnya gue mau ngebahas tentang organisasi. Nah pertama, buat sebagian orang yang cenderung malas berorganisasi pasti sering banget kepikiran “ah ikutan ini cuma bikin capek” atau “yah gabakal dapet apa-apa di organisasi yang ini” atau yang lainnya. Padahal nantinya, capeknya itu bakal kebayar loh guys! Mungkin sekarang gue bakal nyebutin apa aja positif & negatifnya berorganisasi dulu. Yuk, disimak!

Untuk positifnya, yang pertama adalah lebih dapat bersosialisasi dengan lingkungan dan orang-orang sekitar. Dari yang tadinya belum pernah liat satu sama lain, belum kenal satu sama lain, terus karena terikat di organisasi yang sama akhirnya mulai kenal, dekat, sampai sahabatan bahkan cinlok gitu deh HAHA. Yah itu ups and downs organisasi sekalian love-life buat beberapa orang ya. Ohiya yang pentingnya lagi, dari hasil banyak kenalan ini, ketika nantinya kita sudah dewasa dan butuh kerjasama dari orang-orang di bidang tertentu, kita sudah punya “link” ke mereka. Jelas ini benar-benar asik banget dong!

Kedua, kita bisa lebih mengekspresikan diri kita di organisasi. Misalnya di sebuah organisasi akan melaksanakan sebuah acara kesenian. Kita; sebagai salah satu anggota tim kreatif di dalamnya misalnya, dapat menyumbangkan berbagai ide menarik & menunjukkan bakat/hobi kita yang terampil di bidang dekorasi. Seru banget dong pastinya, karena yang awalnya adalah sebuah pekerjaan, jadi terasa ringan banget bahkan seperti refreshing aja karena kita enjoy melakukan apa yang kita senangi!

Ketiga, belajar untuk pintar membagi waktu. Nah, ini penting banget nih guys! Sebagai pelajar, tentu sangat harus bagi kita semua buat tetap fokus sama tujuan awal kita sekolah — ya belajar buat masa depan yang lebih baik. Di saat kita senang untuk aktif di beberapa organisasi, kita tetap harus disiplin dan punya skala prioritas untuk melakukan segala hal. Ada saatnya kita harus mengorbankan beberapa acara/keperluan organisasi demi menyelesaikan tugas sekolah terlebih dahulu. Nggak ada tuh yang namanya alasan jadi malas sekolah karena terlalu capek di organisasi. X banget, lho! Jadi sesibuk apapun kita ikut kegiatan ini-itu, ya harus tetap menomorsatukan sekolah. Ingat ya kawan-kawan, jangan sampe lepas dari tanggung jawab sebagai pelajar. :)

Terakhir, jika kita aktif di organisasi, kita dapat mengambil super duper banyak banget pelajaran moral ataupun sosial yang bakal jadi bekal untuk di dunia kerja nanti. Di setiap organisasi, kita pasti bakal belajar untuk menghadapi karakter orang yang bener-bener beda-beda! Hm ada yang mudah diajak kerja sama, ada yang suka baper aliasa bawa perasaan, ada yang super ngambis, ada juga yang sukanya gabut. Nah hal-hal yang kayak gini yang bisa bikin kita belajar berbagai sifat orang & cara-cara menghadapi mereka. Kalau udah pro, itu dasar kita buat jadi a good leader & nggak bakal kaget nantinya di dunia kerja.

Nah itu dia hal-hal positif yang dapat diambil dari berorganisasi. Buat hal-hal negatif, ya mungkin dalam masa-masa awal ikut aktif organisasi agak sulit beradaptasi dengan orang-orang baru, tanggung jawab baru, dan jadwal baru. Buat beberapa orang yang kelewat workaholic, mereka bisa sakit karena kecapekan. Selain itu, nggak jarang buat kita yang aktif organisasi untuk dihadapkan dengan beberapa masalah atau “slek-slekan” antar beberapa orang. Emosi kita juga bakal campur aduk banget karena banyak pikiran.

Well, setiap hal pasti ada resiko dan pencapaiannya masing-masing. Asalkan kita bisa jaga kesehatan dan selalu berusaha berpikir tenang, mudah-mudahan kita bisa kok ngejalanin semuanya. Nah, sekian dulu ya artikel gue kali ini. Gimana? Udah tertarik buat nyoba organisasi baru? Be ready & good luck, fellas! :)

 

Annisa Maulidina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *