StumbleUpon: Bukan Browsing Biasa

Hari gini googling cuma buat nyari tugas? Ayo kenalan sama StumbleUpon! StumbleUpon itu apa sih? Coba liat di bagian sharing this page di bawah artikel ini.

su

Kamu bisa liat logo dengan inisial SU di situ? Ya! Itu logo StumbleUpon, situs sosmed yang wajib kamu datengin setelah kamu baca artikel ini.

2000px-StumbleUpon_Logo.svg

Logo StumbleUpon

StumbleUpon adalah sosmed yang memudahkan kita untuk menemukan situs-situs menarik sesuai dengan interest kita. StumbleUpon telah mengelompokkan seluruh interest dari seluruh dunia sejumlah 512 yang bisa kamu pilih from arts to sports!

inte

Discover interests from StumbleUpon PC

109319

Discover interests from StumbleUpon Android

Interests ini bisa kamu pilih sewaktu kamu signup dan bisa juga menambahkannya saat sudah login.

StumbleUpon dengan URL http://stumbleupon.com ini adalah situs ke-248 yang paling sering dikunjungi dan penduduk India sebagai pengunjung terbanyaknya di dunia!

fgddg y7yi
(Sumber: http://www.alexa.com/siteinfo/stumbleupon.com)

Sejarah StumbleUpon

stumbleupon-infographic2

StumbleUpon historyline

StumbleUpon didirikan pada bulan November 2001 oleh Garrett Camp, Geoff Smith, Justin LaFrance dan Eric Boyd selama Camp kuliah pasca-sarjana di bidang Software Engineering, University of Calgary, Kanada. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Camp mengatakan ide mengenai StumbleUpon muncul dari tidak adanya alat atau mesin pencari yang benar-benar efektif dalam menemukan situs baru sesuai dengan yang hal yang dicari.

Pada tahun 2005, Brad O’Neill, investor Silicon Valley, tertarik dengan popularitas  ini dan membantu mereka pindah ke San Fransisco serta memberikan dana sebesar $1.2 juta dari angel investor lainnya termasuk Ram Shriram (Google), Mitch Kapor (Mozilla Foundation), First Round Capital, and Ron Conway.

Pendiri StumbleUpon, Garrett Camp dan Geoff Smith akhirnya mengakuisisinya bersama dengan Sherpalo Ventures, Accel Partners dan August Capital pada bulan April 2009. Saat ini, StumbleUpon telah menjadi perusahaan independen yang didukung dengan investor dengan kantor di San Fransisco dan New York.

Ohya, StumbleUpon juga pernah membuat perubahan pada logonya. Karena logo lamanya sempat diisukan mirip dengan Cascade Complete. Perubahan ini dimulai sejak tanggal 6 Desember 2011.

h55BCDDA5

Cara membuat account StumbleUpon

Ada dua cara membuat account StumbleUpon, yang pertama secara manual dan yang kedua adalah dengan Facebook. Cara yang pertama yaitu:

  • Kunjungi http://www.stumbleupon.com
  • Klik join for free
  • Isikan data pribadimu dari nama, e-mail, username, password, birthdate, dan gender lalu klik signup!

erwf

Cara kedua adalah melalui Facebook dimana kamu hanya tinggal meng-klik Connect to Facebook.

Fitur StumbleUpon

dff

Jika sudah masuk ke StumbleUpon, kamu akan menemukan menu bar ini di paling atas. Yang pertama tombol ‘+’ fungsinya untuk menambahkan situs menarik ke StumbleUpon. Ini bisa juga digunakan untuk mempromosikan situsmu loh! Kedua, tombol yang bentuknya kayak comment ini fungsinya untuk memberikan pendapatmu tentang situs yang terpilih secara acak ini. Selanjutnya ada tombol Facebook yang sudah jelas fungsinya yaitu membagikan situs yang terpilih secara acak ini ke Facebookmu. Sebelumnya kamu harus menghubungkan account StumbleUponmu ke Facebook di settings. Di samping Facebook adalah tombol sharing yang fungsinya mirip dengan Facebook tapi ke sosmed lainnya seperti Twitter, LinkedIn, e-mail teman, dan lain-lain. Lalu di tombol ‘All Interests’ ini kamu bisa mengedit interestmu. Masih di menu bar ini, kamu bisa lihat tombol ‘Stumble’ untuk menuju ke situs menarik selanjutnya dimana itu terletak di antara tombol like dan dislike. Jika kamu suka dengan situs yang mereka rekomendasikan maka kamu bisa meng-klik tombol ‘thumbs up’ (jempol ke atas) dan jika tidak suka kamu bisa klik ‘thumbs down’ (jempol ke bawah) dan StumbleUpon akan tahu untuk tidak menampilkan website seperti itu lagi dan belajar apa yang kamu suka dan yang kamu tidak suka. Di pojok paling kanan adalah foto profil account StumbleUponmu yang jika diklik kamu akan menemukan help, settings, sign out, add a page, add interests, my friends, my lists, dan my likes.

109314

Menu bar dari StumbleUpon Android

Beda dengan PC, menu bar StumbleUpon yang di Android terdiri dari likes, lists, stumblers, add interests, submit contents, featured lists, dan history.

Di sini saya juga akan memberitahukan sedikit panduan penggunaannya.

Untuk Stumble berdasarkan topik atau kesukaan tertentu:
Dari menu bar > All Interests > pilih interestnya.

Untuk Stumble like pengguna lain:
Dari profile mereka > Stumble (kamu akan Stumble hanya pada halaman-halaman yang di ‘jempolkan’ oleh pengguna tersebut.

Untuk Stumble tag milik pengguna lain:
Dari profile mereka > klik salah satu tag favorite mereka > Stumble (kamu akan Stumble pada halaman web yang ada pada tag tersebut.

Untuk Stumble halaman dari website tertentu seperti Youtube, Blogger, dll. Ini disebut juga dengan Stumble Thru atau Channel Stumbling:
Dari menu bar > All > Stumble Thru.
Dari website > Stumble Thru (letaknya pada bagian footer bawah).

Untuk Stumble halaman web berdasarkan keywords:
Dari toolbar > search/tag box > ketikkan keyword > enter dan Stumble.

Untuk memunculkan search/tag box:
Klik Tools > Toolbar Option > Search & Tagging tab > centang kotak ‘Show search/tag box’.

Untuk kembali ke Stumble mode semula:
Klik ‘Tools’ pada drop-down menu di menu bar > All Interests, atau
Dari website > tab Discover > Stumble.

Untuk mengubah interest yang ingin dikunjungi:
Klik ‘Settings’ di atas kanan > Manage Interests > pilih interest yang disuka > Save preference.

Kamu akan beberapa kali menemukan “sponsored stumble” yang artinya pemilik situsnya membayar StumbleUpon untuk membawa pengunjung ke halaman webnya. Ini ditandai oleh icon berupa orang yang berbaju hijau pada toolbar. Kamu akan melihat halaman ‘sponsored stumble’ yang berhubungan dengan topik yang kamu pilih, dan kamu tidak akan melihat lebih dari satu di tiap 15 putaran stumble.

Kamu juga bisa mengecek apakah suatu halaman web sudah terdaftar di StumbleUpon, untuk mengeceknya kamu bisa mengunjungi http://www.stumbleupon.com/stumbler/reviews dan ketik alamat URL di tempat yang disediakan.

(Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com/2009/12/panduan-menggunakan-stumbleupon.html dengan perubahan)

Opini

StumbleUpon sudah meraih banyak kesuksesan sejak diluncurkan. Selama para penggunanya menggunakan StumbleUpon tentu mereka memiliki pendapat mereka tersendiri baik itu pendapat yang baik maupun yang buruk. Berikut ini beberapa teman saya yang telah saya wawancarai tentang StumbleUpon.

“Tampilan StumbleUpon bagus banget, trus lebih menarik daripada Instagram, We Heart It, Pinterest, dan lain-lain yang cuma buat interesting pics.” –Chyntia Chiamberra, Indonesia (Rating untuk StumbleUpon: 5/5)

“Makes the internet exciting… But I don’t give 5 stars because it’s eating up my data so much, maybe a lite version please?” –Debbie Sarah Zagarit, USA (Rating untuk StumbleUpon: 4/5)

“Great app to find articles based on your interests, I’ve spent hours reading fascinating material found through this site.” –Clarisse Andria Maniwang, Filipina (Rating untuk StumbleUpon: 5/5)

“It’s interesting but so slow in the PC version. I prefer the Android version because it shows preview before loading the articles.” –Phương Poe, Vietnam (Rating untuk StumbleUpon: 3/5)

“The best site to spend time after Youtube.” –Mohammed Reazulla, Pakistan (Rating untuk StumbleUpon: 4/5)

Secara garis besar, mereka mengatakan bahwa StumbleUpon memang situs yang recommended banget untuk dikunjungi. Namun sewaktu saya melihat review orang-orang lain di luar sana, ada yang bilang kadang dengan kerandoman StumbleUpon menyajikan situs rekomendasi untuk dikunjungi ini bisa muncul adult content, virus, dan pop up yang menganggu. Tapi kalau saya sendiri sih belom pernah menemukan kayak gitu.

Bagi saya sendiri, menemukan situs menarik sebagus ini benar-benar sangat beruntung. Kayak teman-teman saya bilang, situs ini jauh lebih menarik daripada sekedar browsing for interesting pictures dan bisa ngatasin rasa bosen kalau lagi gabut. Pertama kali saya memakai StumbleUpon cuma dari PC dan itupun sekedar iseng doang karena nemu dari iklan Facebook trus jadi keterusan deh. Malah jadi punya banyak bookmark situs menarik yang didapet dari StumbleUpon. Buat orang berbisnis di dunia maya, StumbleUpon juga bagus buat promosiin situs sendiri. Dengan muncul di StumbleUpon, berarti orang akan melihatnya dan akan semakin banyak orang yang mengunjungi situs kita. Mau pengunjung lebih banyak lagi? Be a premium user! Situs yang dipromosikan akan jadi sponsored stumble di sini.

Ga cuma didukung fitur yang unik ini, StumbleUpon ternyata memiliki keunikan lainnya berupa error page yang lucu!

500

500 Internal Server error page

404

404 Not Found error page

Mungkin bagi orang Indonesia, situs ini kurang populer karena tipikal orang Indonesia yang hobinya ngestalk orang (termasuk saya ahaha) tapi cobalah untuk menjadi stalker Google yang selalu mencari hal baru dari browsing. Just one click ‘Stumble’ and you’ll find something you like. Karena StumbleUpon bukan browsing biasa :)

Patricia Joanne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *