Sumpah Para Pemuda Untuk Indonesia

Hai-hai, apa kabar semua? Tanggal 28 Oktober kemarin kita baru saja merayakan suatu peristiwa yang sangat bersejarah buat negeri kita, apa itu?? Ya benar, Sumpah Pemuda yang ke-89. Sudah 89 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan, apakah para pemuda dan pemudi Indonesia masih memegang janjinya?

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. (Wikipedia)

“Satu tonggak utama dalam sejarah berdirinya Indonesia” Dari kalimat ini kita bisa mengetahui sebegitu besarnya peranan Sumpah Pemuda dalam Kemerdekaan dan Keberlanjutan NKRI. Pertanyaannya, mengapa? Karena, pernyataan dalam rumusan sumpah pemuda ini memegang makna yang sangat dalam, Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia” yang ketika sumpah ini dibuat belom tercipta, memegang janji pemuda Indonesia bukan hanya satu atau dua orang tapi memegang janji seluruh pemuda dan pemudi bangsa ini di masa lalu, sekarang, dan juga generasi masa yang akan datang.

Dahulu, ketika sumpah ini dirumuskan yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928, perwakilan-perwakilan pemuda dari seluruh penjuru Indonesia bertemu dan berdiskusi sehingga lahirnya tiga janji yang sampai sekarang kita ketahui. Para Pemuda-Pemuda ini terpisah oleh jarak, adat, bahasa dan berbagai faktor lainnya tapi hal itu tidak menghentikan mereka dari keinginan untuk mempersatukan Indonesia sehingga lahirlah tiga ikrar ini:

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
  2. Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
  3. Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

 

Sekarang ayo kita merenungkan diri sebentar. Aku yakin kita semua pasti pernah disuruh menghafal tiga ikrar di atas, mungkin untuk tugas PKN atau Sosial, atau untuk membacakannya ketika hari Sumpah Pemuda. Tapi pernahkan kita benar-benar memahami apa isi dari sumpah itu, betapa besarnya janji kita untuk Indonesia yang pasti tanpah sadar pernah kita ingkari. Tapi, semua manusia pasti pernah bebuat salah, yang terpenting adalah apa usaha kita untuk berubah dan tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

Di sini aku akan memberikan beberapa hal-hal dan tips yang dapat kamu dan aku juga tentunya lakukan untuk menepati janji kita kepada tanah air kita ini. Kita mulai dari ikrar pertama, yaitu kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Maksud dari kalimat ini adalah kita putra dan putri Indonesia, anak bangsa Indonesia yang beragam macamnya mulai dari suku, agama, adat, budaya memiliki satu tanah air yang satu yaitu tanah air kita Indonesia yang harus kita lindungi dan cintai sampai titik darah penghabisan. Seperti semboyan kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, terlepas dari semua perbedaan yang kita miliki, kita telah berjanji kepada Negara kita

Hari-Sumpah-Pemuda-hargatop

Hal-hal yang bisa kita lakukan misalnya:

  • Tidak membeda-bedakan orang menurut suku, agama, ras, adat, golongan, dan adatnya. Karena perbedaan-perbedaan itulah yang membuat Indonesia menjadi memiliki berbagai corak yang beragam.
  • Berusaha untuk berprestasi dalam segala bidang yang kita bisa. Cara agar kita bisa berprestasi tentunya salah satunya dengan belajar dengan giat dan rajin, hindari perilaku curang dan berusahalah dengan semaksimal mungkin. Karena dengan ini, kita dapat membuat Indonesia  bangga dan membuat orang lain atau Negara lain lebih menghargai Indonesia.
  • Tidak merendahkan Negara sendiri atau membiarkan orang lain melakukannya. Apapun yang terjadi, kita tidak boleh merasa bahwa Indonesia adalah Negara yang buruk dan pantas direndahkan, karena yang harus kita lakukan adalah merubah Indonesia menjadi lebih baik lagi.
  • Membuat karya. Dengan hal ini kita tidak hanya membantu memajukan Indonesia, tapi mungkin juga dapat membantu orang lain dengan hal-hal yang kita buat.

Ikrar yang kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.

Bangsa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah kelompok orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Sudah jelas bahwa kita semua, pemuda dan pemudi penerus Bangsa Indonesia memiliki persamaan sejarah dan pemerintahan, karena itu kita adalah Bangsa Indonesia.

Hal-hal yang dapat kita lakukan misalnya:

  • Sama seperti ikrar pertama, yaitu tidak membeda-bedakan orang lain menuturut SARA apalagi jika kita mementingkan golongan atau diri sendiri saja, karena hal itu membuat kita jadi seperti memiliki bangsa sendiri selain Indonesia, padahal janji kita adalah berbangsa satu.
  • Melestarikan budaya-budaya Indonesia. Indonesia dari Sabang sampai Merauke, memiliki beribu-ribu bahkan berjuta-juta kebudayaan yang berbeda-beda, tapi kebudayaan-kebudayaan itu semakin punah seiring perkembangan zaman.
  • Mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, dan menghindari sifat westernisasi.

 

Sekarang, ikrar yang terakhir  yaitu ikrar ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia. Seluruh penduduk Indonesia menggunakan beragam bahasa untuk sehari-hari, setidaknya ada 748 bahasa yang tercatat di Indonesia. Dari perbedaan itu, bagaimana caranya orang yang tinggal di ujung pulau Papua bisa berkomukinkasi dengan Penduduk di Sumatera? Jawabannya adalah, menggunakan Bahasa Nasional kita yaitu Bahasa Indonesia.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjunjung Bahasa Persatuan kita misalnya:

  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Tidak menganggap bahasa asing lebih baik daripada bahasa Indonesia. Mempelajari bahasa asing merupakan hal yang bagus, karena hal itu merupakan cara kita untuk bisa memajukan Indonesia juga, tapi merasa bahwa bahasa lain lebih keren atau hebat daripada bahasa kita sendiri tentu saja bukan hal yang mencerminkan pemuda dan pemudi Indonesia.

 

Nah, tips-tips di atas adalah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menepati janji kita kepada Indonesia dan merupakan hal-hal yang aku harapkan akan pemuda dan pemudi Indonesia lakukan kedepannya.

Sampai disini dulu artikelku hari ini, mohon maaf bila ada kesalahan, semoga bermanfaat :)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *