Korwil-SBY1

Siap Mati untuk Negara?

Program bela negara resmi dibuka oleh Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu. Dia pun memberikan pesan khusus kepada ratusan kader Bela Negara. Program bela negara yang didesain oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dikritisi sekaligus diapresiasi. Sikap kritis terutama menyangkut persoalan mendasar, seperti payung hukum, anggaran, serta situasi bangsa yang tengah dalam kondisi ekonomi tidak stabil. Prioritas[…]

Gambar: fajarmediacenter.com

SAYA BERFIKIR

(Sebuah Refleksi 1 (satu) Tahun Pemerintahan Jokowi-JK) Selama pemerintahan jokowi JK, saya merasakan beberapa perubahan. Di dekat rumah saya pembangunan kembali dilakukan dan presiden lebih mudah ditemui. Akan tetapi, saya melihat tetangga saya yang buruh semakin sulit mendapat kerja dan harga makanan pokok bertambah mahal. Saya melihat anak-anak kecil bermain di pinggir kali seakan-akan melupakan[…]

ilustrasi-jokowi-jeka

Bagaimana 1 Tahun Jokowi-JK Memimpin Indonesia?

Tidak terasa, sudah 1 tahun Jokowi dan JK menjabat sebagai Presiden Negara Republik Indonesia. Saat dilantik, Jokowi JK mengucapkan sumpah dan janjinya sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Berikut isi sumpah yang diucapkan Jokowi-JK: “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai presiden/wakil presiden dengan sebaik-baiknya dan[…]

Udaraku Sayang, Udaraku Malang

“Kami rindu udara segar yang selalu kami hirup di setiap hari!”, Keluh salah seorang warga di Sumatra tentang kabut asap yang sedang melanda tempat tinggalnya. Ya, akhir-akhir ini pasti kalian sering mendengar dan melihat berita di Televisi, Surat Kabar, Media Dalam Jaringan, atau media lainnya tentang bencana yang sedang melanda beberapa wilayah di negara kita[…]

11224679_1059213270764734_5560945530327078622_n

Dear, Pak Presiden: Sepucuk Surat untuk Bapak Presiden

Dear, Pak Presiden Sebelumnya, saya ingin mengapresiasi dan berterimakasih atas kerja keras Bapak selama satu tahun ini. Pasti sangat sulit mejadi orang nomor satu di Indonesia, dimana seorang figur pemimpin yang diandalkan sangat dibutuhkan. Saya hanyalah seorang siswi di salah satu SMA di Jakarta, Pak. Dan akhir-akhir ini, kami semua sedang prihatin mendengar kabar saudara[…]

Bela-negara

Bela Negara Tuh Apa Sih?

Mungkin belum semua mengetahui apa itu bela negara. Bela negara adalah  sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak[…]

lawan asap

Negeri Saba’ Dinaungi Asap

Indonesia, 2015 Mungkin tahun 2015 akan menjadi tahun yang cukup memprihatinkan bagi bangsa Indonesia. Banyak masalah masalah serius yang dihadapi di tahun 2015 ini. Salah satunya adalah ‘Kabut Asap’. kabut yang menutupi hampir sebagian Indonesia ini menjadi masalah yang cukup mengerikan bagi pemerintah dan masyarakat yang tinggal di dalam-nya. Bukan hanya masyarakat Indonesia yang merasakan[…]

Api Pemujaan Orang Serakah

Jujur sebenernya lagi males untuk nulis, cuma gua pengen ngeluarin unek-unek gua tentang masalah yang ga bisa dibiarin gitu aja di Indonesia. Kebetulan lagi ditugasin PIDAS untuk nulis dan ya… Di sini gua mau curhat. Tentang asap yang merajalela di hutan-hutan Indonesia. Ini sumpah ga main-main loh. Ga cuma Riau loh, Pulau Kalimantan dan Sulawesi[…]

CNqSL4jUwAAkm4p

PIDAS dibalik Tomorrowland?

Halo semua! Pertama kalinya nih gue nyoba ngepost di blog PIDAS. Kali ini gue mau ngebahas tentang apa hubungannya visi misi Pidas sama film Tomorrowland! Pasti udah pada nonton kan filmnya? Jujur sih, pas awal gue nonton filmnya rada bingung sendiri maksud filmnya sebenernya apa. Tapi kagum aja sama animasinya, kayaknya 60% yang gue pikirin pas[…]

2015 Tahun Baik!

Ngerayain tahun baru biasanya party di rumah atau kebaktian di gereja atau nongkrong nongkrong cantik di cafe sambil nunggu waktu pergantian tahun. Tapi berbeda dengan pengalaman tahun baruku tahun ini. Aku merayakan tahun baru di mobil, di perjalanan menuju Lampung. Aku dan keluargaku merayakan tahun baru di mobil karena kami harus segera sampai di kota[…]