animasi assp

Ada Riau, di Balik Asap

Di mana Riau ? Riau yang terkenal sebagai provinsi penghasil energi terbesar di Indonesia yang terdiri dari minyak bumi, gas bumi, dan kelapa sawit, sudah dua bulan lebih dikepung kabut asap. Warga luar biasa menderita. Oksigen yang melimpah di Bumi bak menipis di wilayah mereka. Udara tercemar, bernapas pun sulit. Kini sudah tertutupi oleh kabut[…]

Satu Berbuat, Semua Menanggung Akibat

Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Seindah itulah tanah Indonesia, sampai-sampai digambarkan bak tanah surga oleh Koes Ploes dalam lagu mereka puluhan tahun silam. Indonesia memiliki banyak kekayaan alam, dari flora dan fauna, maritim, pertambangan, agraria, dan masih banyak lagi. Salah satu kekayaan alam dari sektor agraria di negeri[…]

658d3037eef7c7b30a3be8f5b-37440

Bencana Asap, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Indonesia dahulu merupakan negara tropis dengan hutan hujan (rain forest) salah satu terbesar di dunia, setelah daerah Amazone di Amerika Selatan. Hampir di semua pulau-pulau besar di Indonesia mempunyai hutan yang luas, seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Barat / Papua, dan merupakan salah satu paru-paru dunia. Mengapa demikian? Dengan luasan hutan yang demikian[…]

Kabut Asap: Bukan Hanya Orang Rumah yang Rugi, Namun Tetangga Juga!

Yap, akhirnya nulis lagi setelah sekian lama (HAHA). Honestly, sebenernya gue rada males nulis. Cuma setelah dipikir-pikir, gue pun juga bisa ngeluarin unek – unek gue disini. Nah, salah satu yang jadi masalah di Indonesia sekarang itu adalah kabut asap. Sebenernya, ini bukan masalah baru di Indonesia, karena emang udah lama banget masalah ini ada,[…]

Indonesia Darurat Kabut Asap

Bencana kabut asap semakin meluas di daerah Sumatera dan Kalimantan dalam beberapa bulan terakhir. Namun, pemerintah belum menetapkan bencana kabut asap ini sebagai Bencana Nasional. Alasan yang diberikan pemerintah karena masih ada permasalahan hukum dibalik peristiwa ini. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan di Kemenkopolhukam menyatakan tidak ingin membicarakan tentang bencana nasional[…]

12039181_1654080544837806_5088095274643917718_n1f

Kudambakan Langit Biru, Malah Dapat Abu-abu

     “Kalo mau foto yang backgroundnya blur, mah, gak usah repot-repot ngedit. Datang saja ke Indonesia! Kami punya banyak tempat-tempatnya. Sumatera? Kalimantan? Ada!” Mengenaskan, bukan? Hal tersebut adalah salah satu contoh sindiran sekaligus protes masyarakat terhadap musibah ini. Tetapi sebenarnya, apakah Anda tahu apa penyebabnya? Siapa yang bersalah? Siapa yang harus bertanggung jawab? Apa[…]

dikepung asap

Api Meraung, Asap Mengepung

Asap oh asap. Topik hangat di siang yang seharusnya cerah ini. Tapi tidak bagi masyarakat Sumatera dan Kalimantan, bahkan Sulawesi dan Jawa.  Langit mereka tidak secerah siang biasanya, karena diselimuti oleh kabut asap. Asap yang menjadi pembicaraan di Indonesia maupun manca negara. Mengapa ini terjadi? Apa sih penyebabnya? Pembakaran hutan oleh oknum yang tidak bertanggung[…]

TNI_waterbombing

Tragedi Kabut Asap di Indonesia

Sudah hampir dua bulan terakhir, matahari cerah tak menyapa sebagian anak-anak di negeri ini, khususnya di Sumatera dan Kalimantan. Asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan , yang berkaitan dengan aktivitas manusia itu telah merebut cahaya matahari dari warga. Menurut informasi, “Tragedi Kabut Asap” ini adalah salah satu tragedi besar asap sejak Indonesia merdeka selain[…]

PicsArt_11-03-09.38.47

Derita Riau, Si Langganan Asap #MelawanAsap

Kabut asap tebal akibat pembakaran hutan telah lama menyelimuti sejumlah wilayah di Indonesia seperti di daerah Sumatera dan Kalimantan. Kondisi ini sudah memasuki kategori darurat dikarenakan kehidupan masyatakat sudah sangat terganggu. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada 26 spot yang mengindikasikan suhu tinggi dan kemungkinan api. Para ahli juga mengatakan bahwa penyebab kebakaran[…]

image1

Indonesia #MelawanAsap

Tahun ini, selama kurang lebih 6 bulan, masyarakat di Pulau Sumatera dan Kalimantan hidup dengan kepungan asap yang menyesakkan. Namun, hal ini bukan hal yang pertama kali terjadi di tanah air kita yang tercinta ini. Bencana asap sudah merupakan agenda tahunan, terutama bagi penduduk di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Menurut laporan dari pihak yang berwajib,[…]