Udaraku Sayang, Udaraku Malang

“Kami rindu udara segar yang selalu kami hirup di setiap hari!”, Keluh salah seorang warga di Sumatra tentang kabut asap yang sedang melanda tempat tinggalnya. Ya, akhir-akhir ini pasti kalian sering mendengar dan melihat berita di Televisi, Surat Kabar, Media Dalam Jaringan, atau media lainnya tentang bencana yang sedang melanda beberapa wilayah di negara kita[…]

658d3037eef7c7b30a3be8f5b-37440

Bencana Asap, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Indonesia dahulu merupakan negara tropis dengan hutan hujan (rain forest) salah satu terbesar di dunia, setelah daerah Amazone di Amerika Selatan. Hampir di semua pulau-pulau besar di Indonesia mempunyai hutan yang luas, seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Barat / Papua, dan merupakan salah satu paru-paru dunia. Mengapa demikian? Dengan luasan hutan yang demikian[…]

adas

Makan Kodok yang Paling Jelek? Siapa Takut!

Hayooo, siapa disini yang sering menunda-nunda pekerjaan? Wah, langsung deh semuanya angkat tangan. Gue sendiri juga bakalan dengan semangatnya angkat tangan kok. Kenapa sih kita suka banget menunda-nunda pekerjaan? Wah, pasti alasannya banyak banget deh. Dari hasil searching Gue di internet, inilah beberapa alasan mengapa kita sering banget menunda-nunda pekerjaan: 1. Stress Hati yang enggak enak[…]

Perempuan, Aurat, dan Perbuatannya

Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka     Begitulah sebagian potongan hadits Rasulullah SAW tentang perempuan agar menjaga aurat mereka sendiri. Menjaga kehormatan[…]

Buruh dan UMR

Zaman sekarang, segala sesuatu susahA� untuk didapat. Semua yang ingin kita dapatkan harus dengan keluar keringat. Keringat disini bisa dalam bentuk uang, atau juga bisa dalam bentuk jasa. Dikarenakan segala harga di era modern ini tinggi dan terus naik, tentulah manusia harus menyamai juga pendapatannya yang harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang semakin meningkat.   Kebutuhan[…]

Pengemis Jutawan

Akhir-akhir ini kita membaca beberapa berita mengenai pengemis. Inti yang bisa diambil adalah, pengemis ini lebih suka menjalani kehidupannya dengan meminta-minta di kaca jendela orang, menampangkan wajah belah kasihan, menggunakan pakaian tidak layak pakai, mengotori muka mereka, berpura-pura sakit demi mendapatkan uang tanpa harus memeras otak; daripada menaikkan status dan martabatnya menjadi pekerja mandiri. Dengan[…]

Denda Saat Melintasi Jalur Busway, Efektif atau…?

Beberapa minggu yang lalu sempat ramai diperbincangkan tentang sterilisasi jalur busway yang katanya jika kita melintasi jalur busway akan terkena denda, (motor Rp 500.000 kalau mobil denda Rp 1.000.000). Hal itu tentu saja mengundang berbagai reaksi dari kalangan masyarakat, ada yang setuju namun tak sedikit pula yang menentang kebijakan tersebut.   Seperti biasa banyak di antara[…]

Pro Kontra Mobil Murah

Kebijakan baru pemerintah yaitu diadakannya mobil murah di sebut-sebut sebagai aksi pro-rakyat pemerintah. Kebijakan tersebut bertujuan agar masyarakat dari golongan ekonomi menengah bisa merasakan punya mobil baru dengan harga terjangkau.   Banyak pro dan kontra yang mencuat terkait dengan kebijakan tersebut, pihak yang setuju mengatakan bahwa tidak ada yang bisa melarang seseorang untuk membeli mobil[…]

Mobil Murah?

Pemerintah mendukung mulai dijualnya dua mobil murah oleh Toyota dan Daihatsu yang merupakan anak usaha PT Astra Internasional Tbk. Mobil murah dengan harga mulai di bawah Rp 100 juta ini bakal menghemat konsumsi BBM.   Seperti diketahui, sejak kemarin, dua mobil murah keluaran Astra resmi diluncurkan. Pertama, Daihatsu Ayla yang dijual mulai Rp 76 jutaan[…]

Apa Sih yang Bikin Jakarta Macet?

Jakarta… Jakarta… terkenal banget deh sama yang namanya macet. Kalo enggak macet ya… berarti lagi Lebaran atau enggak lagi mimpi kali kalo Jakarta enggak macet. Guru-guru juga enggak mau tuh terima alesan dateng ke sekolah telat gara-gara ‘macet’. Yang orang luar negeri bingungin sama Indonesia tuh cuma satu, katanya jalan bebas hambatan tapi tetep macet,[…]