Romantis, Film atau Novel?

Hai! Well, akhirnya aku kembali di website ini dengan artikel baru ya? Artikel kali ini, dibuat berdasarkan salah satu project PIDAS yaitu “PENTAS”. Untuk memperingati hari Pendidikan Nasional kemarin, 2 Mei 2017. Jadi di Hari PENTAS ini, PIDAS saling bertukar-tukar buku satu sama lain, lalu dibaca (pastinya lah ya, masa mau diliatin aja bukunya), dan[…]

The Hunger Games

Tanggal 2 Mei 2017 lalu, seluruh Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Para pelajar khususnya, merayakan hari yang istimewa ini dengan berbagai acara dan kegiatan. PIDAS, tentunya gak mau kalah! Kami merayakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, dengan Hari PENTAS! “Hah? Apa tuh artinya? Kalian ngapain aja sih?” Eitss, sabar dulu dong. Semuanya akan saya jelaskan[…]

Gadis Cilik di Jendela

Totto-chan namanya. Gadis yang periang, polos namun cerdik ini adalah tokoh yang paling disorot dalam novel “Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela”. Saking polosnya, Totto-chan sempat dikeluarkan dari sekolahnya saat menduduki bangku sekolah dasar. Disinilah ceritanya dimulai, yaitu setelah ia pindah ke salah satu sekolah yang unik dan beda dari sekolah-sekolah lainnya, Tomoe Gakuen. “Loh, kok[…]

Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara merupakan salah satu novel karya Ahmad Fuadi yang menceritakan enam sahabat dekat yang sedang menuntut ilmu untuk mengejar mimpinya masing-masing di Pondok Madani, Jawa Timur. Enam orang sahabat ini menyebut diri mereka “Sahibul Menara” mereka adalah Alif dari Bukittinggi, Raja dari Medan, Dulmajid dari Madura, Baso dari Sulawesi, Said dari Surabaya, dan[…]

Familiarkah Remaja Indonesia dengan Zainuddin dan Hayati?

Halo! Jadi, bagaimana liburannya, sayangku? Semoga setiap detiknya termanfaatkan dengan baik, nah itu sebuah harapan yang menjelma doa. Bacalah tulisan saya, ada sebuah cerita yang mau saya bagikan. Dan sebenarnya—jujurnya—saya ingin mengajak kalian untuk melakukan apa yang saya minta; membaca novel sastra Indonesia. Baik? Baik. Saya mohon.   Hampir semua dari kalian pasti tidak menemukan[…]