The End of The Beginning

IMG_20180715_192543

 

Halo P-assengers! Kembali lagi bersama aku, Ersya dari Departemen Media Cetak! Wah, udah nggak kerasa ya, aku udah satu tahun menjadi bagian dari PIDAS 81. Dalam jangka waktu satu tahun ini, banyak sekali aktivitas yang aku lakukan yang nggak pernah aku rasakan sebelumnya.

Dan banyak yang aku pelajari di PIDAS ini, aku akan membahas semua hal tersebut satu persatu dalam artikel ini!

 

  • Evolution of Life

Pertama, aku akan membahas tentang hal-hal apa saja yang berubah dalam diriku dan lingkungan di sekitarku. Kenapa aku menyebut perubahan ini sebagai evolusi dan bukan revolusi? Karena perubahan di hidupku kali ini terjadi secara bertahap dan tidak tiba-tiba.

Sebelum aku mengikuti PIDAS, aku memiliki rutinitas yang bisa dibilang gabut, banget. Tapi setelah aku masuk PIDAS, semua rutinitasku berubah, aku lebih sering keluar rumah untuk aktivitas yang berfaedah tentunya. Aku lebih bisa mengatur waktu dan kreativitasku bertambah variasi.

Saat pertama kali merasakan perubahan itu aku bener-bener kewalahan.

Dari tugas sekolah, tugas PIDAS, bimbel, dan yang lainnya harus aku kerjakan dalam satu periode tertentu. Tetapi mulai kesini aku makin bisa mengatasi hal tersebut dan menenangkan jadwal dan diriku sendiri. Juga, aku lebih bisa bergaul dengan baik, apalagi dengan anggota PIDAS yang lumayan banyak, bisa dibilang dalam 6 bulan, aku sudah bisa bergaul dengan sekitar 30% peserta didik SMA Negeri 81 Jakarta, hehehe…

 

  • Lessons of Life

Selama aku di PIDAS 81, tentu aku belajar banyak hal. Yang sudah aku sebutkan sebelumnya adalah mengatur waktu, aku bisa membuat diriku lebih fleksibel daripada dulu. Lalu aku belajar tentang bagaimana menjalankan bisnis dari mengurus danus untuk acara-acara terdahulu hehehehe…., lalu dari departemenku sendiri, aku belajar untuk membuat mading dengan baik sehingga memikat hati para pembaca, belajar membuat artikel, dan juga belajar bertanggung jawab sebagai PJ bulanan mading PIDAS. Aku juga belajar banyak hal dari seminar, pelatihan, dan acara-acara yang aku liput. Salah satunya adalah Aerocreation 2018 di Institut Teknologi Bandung.

 

  • Happiness of Life

Selama aku di PIDAS, aku juga mengalami banyak pengalaman yang menyenangkan. Contohnya adalah saat mengikuti kegiatan SHARE 2018 di Panti Asuhan Esa Sasana Surya, adik-adik dari panti itu lucu-lucu banget, aku jadi nggak lupa! Dan juga acara-acara sebelum event itu sendiri, mulai dari jualan mengumpulkan danus, nari di Car Free Day untuk ngumpulin donasi, pokoknya semua keluh, kesah, senang, riang, bercampur jadi satu deh, seru! Ada juga acara Aerocreation 2018 yang diselenggarakan oleh FTMD Institut Teknologi Bandung. Itu adalah acara pertama yang pernah aku liput, aku inget berlima sama temen-temen PIDAS pergi ke Bandung naik travel sendirian berangkat jam 5 subuh, nyampe Jakarta lagi jam 11 malam, hihihi…

Ada juga pengalaman yang paling membanggakan yaitu mewakili SMAN 81 Jakarta dalam lomba mading, dan juga ya itu, liputan ke Bandung, hehehe….

 

  • Dream of Life

Ngomong-ngomong tentang impian, tidak terlepas dari artikel pertama yang aku tulis di web PIDAS, aku bilang aku ingin belajar banyak di PIDAS dan untuk cita-cita, aku menjawab untuk menjadi seorang Insinyur. Alhamdulillah, cita-citaku belum berganti. Tetapi saat ini, aku sudah memutuskan fakultas mana yang aku ingin masuki nanti saat kuliah. Aku ingin masuk ke Fakultas Teknik jurusan Teknik Industri. Memang diragukan awalnya, namun kini, aku sudah sangat membulatkan tekadku. Untuk impian yang pertama, sepertinya sudah aku gapai karena dengan memasuki PIDAS, aku sudah belajar banyaaaak sekali hal-hal yang sepertinya tidak aku dapatkan di ekstrakulikuler lain.

Demikian untuk hal-hal yang aku dapat selama satu tahun bersama PIDAS 81, tentunya masih banyak lagi hal lainnya yang belum aku sebutkan disini karena mungkin saja aku lupa, hehehe…

Untuk di kelas 11 ini, aku akan tetap bergabung bersama PIDAS, yey! Jadi sepertinya, aku nggak bisa bilang artikel ini adalah artikel terakhirku hehe…

Terima kasih sudah membaca artikelku kali ini, dan sampai jumpa di artikelku selanjutnya!!! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *