The Era of Life-Changing Inventions

Halo, P-assangers!

Di artikelku kali ini, aku mau membahas topik yang menyangkut dengan sejarah atau peradaban dunia,nih! Topik yang mau aku bahas ini, selain menarik, hubungannya juga sangat erat dengan kehidupan kita, loh. Yuk, disimak!

Yang mau kubahas kali ini adalah tentang Revolusi Industri! Revolusi yang jasanya besar banget untuk kehidupan kita. Secara nggak sadar, benda-benda dan teknologi yang kita gunakan setiap harinya hampir semuanya merupakan hasil dari revolusi industri, loh! Seperti handphone, mobil, sampai obat antibiotik.

Tapi sebenarnya apa sih Revolusi Industri itu? dan kenapa dia membawa perubahan yang begitu besar?

Revolusi Industri, singkatnya, adalah penaikkan produktivitas yang disebabkan oleh penggunaan tenaga mesin sebagai pengganti tenaga manusia, sebagai sumber energi yang baru.

Jadi, revolusi ini dimulai pada awal abad ke-18 di Britania Raya, tetapi dengan cepat menyebar ke Eropa Barat, Amerika Utara, Jepang, dan akhirnya ke seluruh penjuru dunia. Faktor-faktor yang melatarbelakangi Revolusi Industri terjadi di Britania Raya adalah

  1. Situasi politik yang stabil,
  2.  Inggris yang pada saat itu kaya bahan tambang,
  3. Adanya penemuan baru di bidang teknologi yang dapat mempermudah cara kerja dan meningkatkan hasil produksi, misalnya alat-alat pemintal, mesin tenun, mesin uap, dan sebagainya.
  4. Kemakmuran Inggris akibat majunya pelayaran dan perdagangan
  5. Pemerintah memberikan perlindungan hukum terhadap hasil-hasil penemuan baru (hak paten), dan
  6. Arus urbanisasi yang besar

Karena faktor-faktor tersebut, pada tahun 1733, John Kay membuat alat industri pertama, yaitu sebuah “Kumparan Terbang” atau flying shuttle yang membantu proses pemintalan benang.  Kemudian, pada tahun 1769, James Watt menemukan mesin uap untuk pertama kalinya. Dengan adanya penemuan-penemuan tersebut, berkembanglah ilmu teknologi modern  sampai terciptanya benda-benda canggih yang kita gunakan pada saat ini.

John Kay's flying shuttle

Kumparan Terbang John Kay

James Watt (1736-1819)

James Watt (1736-1819)

Mesin Uap James Watt (1769)

Mesin Uap James Watt (1769)

 

Perubahan-perubahan yang disebabkan oleh adanya Revolusi Industri sangat banyak, tetapi akan selalu ada perubahan positif dan perubahan negatifnya.

Perubahan positif dari Revolusi Industri yang paling mencolok adalah terciptanya berbagai macam alat/mesin yang sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Karena Revolusi Industri, manusia juga lebih mudah untuk pergi ke seluruh penjuru dunia karena adanya perkembangan transportasi.

Perubahan negatif dari Revolusi Industri diantaranya adalah hilangnya mata pencaharian beberapa orang, seperti para petani yang kini pekerjaannya diambil alih oleh mesin-mesin pertanian.

 

Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan secara matang untuk menghadapi Revolusi Industri yang sampai saat ini pun masih terus berlanjut. Caranya adalah dengan memperluas ilmu pengetahuan, mengembangkan keahlian, dan memanfaatkan teknologi-teknologi yang sudah kita punya.

 

Cukup sekian artikelku kali ini, semoga isinya dapat tersampaikan dengan baik dan menjadi sesuatu yang bermanfaat!

Until next time!

source:

https://www.youtube.com/watch?v=zhL5DCizj5c&t=141s

https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri#cite_note-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *