Tips Menjaga Nilai agar Tetap Stabil Selama Karantina

Halo, P-assengers! Setelah beberapa bulan lamanya, akhirnya ketemu lagi nih sama PIDAS. Gimana School From Home nya? Masih betah,kan? PIDAS dapet banyak informasi, katanya banyak banget yang kesusahan menjaga nilai-nilai mereka agar tetap stabil selama belajar di rumah. Soalnya, suasana nya ga sekondusif di sekolah, jadinya fokus mereka terpecah deh, P-assengers. Tapi tenang aja, PIDAS punya solusinya. Jangan lupa disimak, yaa!

Virus COVID-19 berdampak pada semua aspek, termasuk aspek pendidikan. Murid yang tadinya melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah masing-masing terpaksa harus melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Ternyata, PJJ juga berpengaruh terhadap stabilitas nilai para siswa, lho P-assengers!

Hal tersebut dipengaruhi karena perubahan situasi. Belajar di rumah menimbulkan banyak gangguan yang membuat fokus kita terhadap pelajaran terpecah, seperti gangguan dari ponsel pintar dan tak dapat dipungkiri juga, gangguan rasa bosan dan rindu akan suasana sekolah juga menjadi faktor yang bisa memecah fokus siswa.

Kurang fokus bisa membuat grafik nilai kalian turuh, lho P-assengers! Pasti gak mau kan nilainya turun? Tenang, gak usah bingung lagi, PIDAS punya solusinya.

1. Ciptakan Suasana Belajar dan Suasana Hati yang Nyaman

studydesk

Sebelum belajar, ada baiknya kalian merapihkan meja belajar agar belajar kalian jadi nyaman dan fokus. Eh, tapi belajarnya jangan sambil bad mood ya, P-assengers! Pastikan suasana hati kalian sedang dalam keadaan yang baik sehingga kalian akan tetap fokus dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

2. Jauhkan Diri dari Gangguan

pp

Nah, ini nih faktor terbesar yang bikin fokus kalian buyar. Ya, Handphone. Usahakan setiap lagi PJJ, P-assengers jauh-jauh dari ponsel biar tidak terganggu dengan notifikasi yang muncul. Atau P-assengers bisa matikan sejenak ponsel kalian dan nyalainnya pas setelah PJJ yaa!

3. Gunakan Aplikasi-aplikasi Pembelajaran Daring

Zaman sekarang, udah banyak banget kan aplikasi bimbel online yang bisa menunjang pembelajaran kalian di sekolah. Aplikasi tersebut bisa banget digunakan kalau misalnya P-assengers belum paham betul dengan penjelasan guru kalian di sekolah. Kalo gak ngerti jangan dibiarin yaa! Kalian juga harus tetap belajar sendiri sampai paham. Kan kalau paham, otomatis nilai kalian juga akan tetap stabil atau bahkan meningkat.

4.ย Peer Teaching

peer

Peer teaching atau tutor sebaya bisa banget nih dijadiin alternatif P-assengers buat menjaga nilai. Kalian bisa meminta teman yang paham sama materi-materi tertentu untuk mengajarkan materi tersebut ke kalian. Mungkin beberapa dari kalian lebih mudah untuk paham kalau belajar dengan cara ini. Tapi, di masa pandemi seperti ini, tutor sebaya nya lewat aplikasi meeting, yaa!

Nah, itu dia tips-tips yang bisa PIDAS kasih untuk kalian yang mau nilainya tetap stabil walaupun SFH. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dilakuin, yaa! Sampai sini dulu artikelnya, semoga kita bisa bertemu lagi di artikel-artikel berikutnya yang tentunya akan semakin menarik. Adiรณs, P-assengers!

Artikel ini ditulis oleh Sofia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *