Tweet! Tweet! Tweet!

Twitter

Twitter

Tweet! Tweet! Tweet!

Yak, burung ini memang sudah tidak asing lagi pada zaman ini. Banyak dari kalian yang pastinya udah tahu media sosial ini. Dengan UI yang simple, cara pakai yg gampang, tiap postingan yang singkat dan padat menjadikannya sgt populer dan banyak digunakan. Emang sih zaman skrg, pemakainya udah mulai berkurang, karena pada migrasi ke medsos-medsos lain spt Snapchat, Path, Secret, dll. Tapi, untuk urusan profesional, sumber informasi, sarana komunikasi, dan hal-hal lainnya, masih banyak orang yg memakai medsos ini. Hari ini, gue bakal ngebahas tentang si burung biru yang pastinya kalian kenal, Twitter. Yuk disimak. :)

Twitter adl layanan jejaring sosial yg memungkinkan penggunanya utk ngirim dan baca pesan teks yg max. 140 karakter, yg dikenal dgn sebutan tweet. Twitter didirikan pd bulan Maret 2006 olh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter udh jd salah satu dari 10 situs yg plg sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dgn “pesan singkat dari Internet.” Di Twitter, pengguna yg ga terdaftar cuma bisa membaca kicauan, sdgkn pengguna terdaftar bisa memposting kicauan lewat web, SMS, ataupun aplikasi di smartphone.

Twitter tumbuh dgn pesat dan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Puncak-puncaknya penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat tjdya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta tweet per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat ke-2 sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat 22.

Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio. Websitenya di https://www.twitter.com

Logo Twitter pada aplikasi smartphone sebelum diubah

Logo Twitter pada aplikasi smartphone sebelum diubah

Logo Twitter

Logo Twitter

Soal logo, secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang bernama “Larry the Bird”. Logo asli digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.

Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan men-tweet ttg evolusi logo “Larry the Bird”, dia blg logo tersebut dinamai berdasarkan Larry Bird, pemain NBA dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan “Larry the Bird” dengan logo baru yang dinamakan “Twitter Bird.” Pada revisi logo ini, kata “twitter”, dengan huruf “t” kecil, tidak lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.

Soal fiturnya, ada fitur-fitur menarik Twitter yg gak ada di medsos lain. Tweet; tweet ini gak kayak di medsos-medsos lain, postingan yg bisa di-tweet dibatasi dgn 140 karakter. Jadi timeline lo gak bakal penuh dgn postingan yg terlalu panjang, dan orang juga bakal mikir utk men-tweet yg isinya singkat dan padat. Format; kita bisa me-mention pengguna twitter lain dgn menggunakan tanda @ (at), mencari topik tertentu dgn mggnkn tanda # (hashtag), dan juga dapat me-retweet tweet pengguna Twitter lainnya.

Twitter juga sering dijadikan sbg sumber informasi, misalnya ada akun-akun official yang memberi informasi yg penting, spt BBC News, detikcom, kompas, yahoo news, dll. Twitter jg seringkali dijadikan sbg sarana komunikasi, sarana berbagi cerita kehidupan, berbagi tips, pengalaman hidup, bahkan sampai curhat yg gabegitu penting.

[sumber: Wikipedia]

Jadi gue udah mewawancara beberapa temen gue ttg Twitter ini, dan berikut ini jawaban mereka:

1. Farid Najib, 15 tahun, Jakarta

“Twitter sih seru aja dulu sering make sih. Apalagi kalo ada akun-akun terkenal, lucu, quote-quote bijak dll. Tapi ya anu…benci bgt sm akun-akun yg ngebahas ttg percintaan. Yah walau sekarang udah jarang main sih.”

2. Mitamix, 15 tahun, Bekasi

“Twitter is basically YOU talking to yourself and hoping for somebody to response.”

3. Muhammad Farhan, 15 tahun, Jakarta

“Jadi menurut gua twitter itu salah satu sarana buat menyampaikan isi hati kita. Melalui Twitter kita bisa saling sharing masalah dan bisa saling membantu dengan bertukar pikiran satu sama lain untuk menyelesaikan masalah.”

4. Nimas Nurushaumy, 20 tahun, Banten

“Hmm sama sih kayak medsos lainnya, awalnya seru dan menarik banget, tapi lama kelamaan flat.”

5. Tito Rhenaldi, 15 tahun, Jakarta

“Twitter is a great way for getting on the last trends.”

6. Nusaibah Zuzen, 20 tahun, Pekanbaru

“Menurut aku Twitter itu fungsinya gajauh beda ya sama fb. Sama-sama berbagi pikiran, pengalaman, pendapat. Yang ngebedainnya kita bisa nge-stalk orang. Twitter juga pake trending topic. Jadi aku bisa tahu apa yang lagi ngehits bak dari segi berita maupun entertainment. Pokoknya kalau mau update berita, di Twitter, kalo kabar temen, di FB.”

Menurut gue pribadi sih, Twitter memang bagus, tapi udah ga zamannya lagi. Memang masih banyak informasi dan benefit-benefit lainnya yg bisa didapetin cuma di Twitter, tapi kini sudah banyak medsos-medsos lain yang menyajikan fitur-fitur serupa yg bahkan mungkin lebih baik drpd Twitter. Well, memang semua medsos punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi tergantung kita-nya aja gimana mau memanfaatkan medsos tsb agar dapat bermanfaat scr optimal.

Well, itu tadi bahasan singkat tentang Twitter. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Keep Tweeting! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *