Who Am I?

Hai P-Assenggers! Perkenalkan nama saya Imanuel Radhitya Pratama, saya adalah kepala departemen CDMS. Kini saya adalah seorang siswa kelas XI IPS 2. Pada kesempatan kali ini, saya  akan menyampaikan beberapa opini saya terhadap diri saya sendiri. Sebenernya siapakah diri saya? jika saya menanyakan hal tersebut kepada orang lain, mungkin mereka akan menjawab bahwa saya adalah anak berkacamata biasa yang belajar di SMAN 81 Jakarta. Ungkapan tersebut memang benar, secara penampilan luar memang saya seperti itu. Namun bagaimana jika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada saya?

Saya adalah seorang anak sulung dari 2 bersaudara. Adik saya bernama Ignes Wulan Eunike, ia kini sedang menuntut ilmu di SMP Tarakanita 4. Saya tinggal di sebuah kavling bernama Kavling AL. Kavling AL terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur. Seperti yang sudah tertulis diatas, saya kini sedang menuntut ilmu sebagai siswa kelas XI di SMAN 81 Jakarta. Saya memiliki fisik yang tidak terlalu tinggi, tinggi saya bisa dibilang cukup untuk anak seusia saya. Saya memiliki badan yang terbilang cukup kurus dan berambut ikal warna hitam.

Jujur, hingga saat ini saya masih kurang mengerti diri saya. Saya rasa saya memiliki kepribadian yang cenderung introvert. Mengapa begitu? saya rasa selama ini saya lebih suka menghabiskan dan menikmati waktu sendiri, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk. Saya biasa menghabiskan waktu sendiri dengan bermain games, mendengar dan membuat musik, mengedit video dll. Alasan saya lebih suka menghabiskan waktu sendiri ialah karena alasan ketenangan, jauh dari keramaian yang bising. Karena terkadang saya sering merasa tidak nyaman berada di keramaian. Namun, dengan begitu bukan berarti saya tidak suka berinteraksi dengan orang lain, hanya saja saya lebih suka berinteraksi dengan orang – orang yang saya kenal dan percaya. Saya juga bisa berinteraksi dengan orang baru tetapi mungkin akan agak canggung dan kurang nyaman menurut saya. Saya juga sangat suka memiliki percakapan yang dalam dengan orang yang memiliki tujuan, hobi, atau perasaan yang sama, karena dengan begitu, kita dapat saling sharing tentang pengalaman yang kita alami.

Selain itu, salah satu ciri kepribadian introvert yang saya rasakan dalam diri saya ialah saya sangat perhitungan dengan apa yang akan saya lakukan, terutama yang melibatkan dan dapat mempengaruhi orang lain. Saya tidak bisa dengan mudah berbuat sesuatu, kecuali sudah saya pikirkan secara matang dampak apa saja yang akan terjadi jika saya melakukan hal tersebut. Hal tersebut menurut saya terkadang membuat saya terlihat kurang berani, dimana karena hal tersebut saya menjadi memiliki sifat pemalu di depan banyak orang. Sifat saya yang demikian tentu harus saya ubah untuk kedepannya karena di masa depan keberanian dalam berbuat dan berbicara di depan orang banyak pasti sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan.

Hobi yang saya memiliki saya rasa cukup beragam. Sejak kecil, hobi saya selalu berubah-ubah, mulai dari bermain futsal, merakit robot, bermain sulap, hingga sekarang hobi saya adalah membuat musik dan mengedit video. Hobi saya yang berubah-ubah itu terjadi karena rasa ingin tahu dan kemauan yang tinggi dalam mengexplore dan mempelajari hal baru sejak kecil. Karena itu, kini saya rasa mempunyai keterampilan dalam banyak hal. Namun, sisi negatif yang saya rasakan dari mempunyai banyak hobi adalah kemampuan yang saya punyai pada setiap bidang cenderung kurang mendalam, karena cepatnya minat saya berganti ke hal lain. Hal tersebut ialah hal yang ingin saya ubah untuk kedepannya, dimana saya harus lebih konsisten dalam mendalami segala sesuatu.

Selain hobi, selera musik saya juga cukup beragam dan berubah-ubah. Mulai dari pop, folk, hip-hop, pop punk, hingga EDM (Electronic Dance Music) . Namun pada dasarnya saya suka jenis musik apa saya yang penting nikmat dan enak didengar. Saya juga menyukai beberapa lagu dangdut koplo. Walau sedikit out of topic saya juga ingin mengungkapkan pendapat saya mengenai musik koplo yang sangat digemari di Indonesia. Menurut saya, dangdut koplo merupakan jenis musik yang harus bisa dikembangkan dan diperkenalkan kepada dunia, dangdut koplo menurut saya memiliki melodi yang sangat danceable dan disertai birama yang sangat mendukung untuk menjadi dance music asal Indonesia, dimana dance music yang terkenal di dunia masih banyak mengadopsi musik dari negara lain seperti samba dari Brazil. Saya juga sangat suka mendengarkan jenis musik lain yang saya belum tahu, apalagi pada akhir – akhir ini, scene musik di Indonesia dan dunia sedang sangat berkembang dan menghasilkan berbagai jenis musik kontemporer yang baru dan unik, hingga muncul jenis – jenis musik seperti lo-fi hip-hop dll.

Kira-kira begitulah bagaimana saya mendeskripsikan diri saya, mulai dari fisik, hobi, hingga beberapa kepribadian saya. Dari yang saya jelaskan tadim tentu terdapat hal yang positif dan negatif, dengan saya menjabarkan kepribadian saya secara rinci, saya rasa saya bisa mengintropeksi diri saya untuk dapat memilah yang positif dan negatif. Saya akan berusaha untuk terus mengembangkan kepribadian saya yang positif dan memperbaiki atau membuang kepribadian saya yang bersifat negatif dan merugikan. Hal ini tentu harus dilakukkan semua orang tak terkecuali. Karena kepribadian menurut saya adalah sesuatu yang dapat diubah untuk menjadi lebih baik. Tak perlu untuk mennjadi sempurna, namun setidaknya kita dapat menjadi orang yang disenangi dan bermanfaat bagi lingkungan dan orang-orang disekitar kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *