Windows 10 dan Windows HoloLens Membuat Kita Melupakan Dunia Sendiri?

Hai semuanya yang lagi pada nongkrong di web pidas! Ketemu lagi bareng gue, Maria Christina. Kali ini, kita bakalan ngebahas soal satu topik yang lagi gencarnya dibicarakan di dunia teknologi. Wah, apa tuh? Yang jelas bukan iPhone 6, Samsung galaxy note edge, ataupun laptop terbaru yang bisa dijadiin tablet, melainkan Windows 10!

Beberapa dari kalian pasti sudah menggunakan Windows 8 bukan? Bagaimana tanggapan kalian tentang Windows 8? Beberapa pengguna Windows 8 memberikan tanggapan kurang memuaskan untuk Windows 8. Mengapa demikian? Mulai dari tampilan yang ribet, hingga beberapa fitur yang dihilangkan menjadi alasannya. Nah, kali ini, Windows gak akan mengulang kesalahan yang sama lagi. Mereka mulai berinovasi untuk Windows 10.

Yang lebih hebatnya lagi, kita gak perlu mengeluarkan duit dari kantong untuk menggunakan Windows 10, alias gratis!! Eh, ralat. Gratis hanya bagi para pengguna Windows 7 dan Windows 8 doang. Windows 10 ini hanya gratis di tahun pertama pelucurannya, makanya harus gercep!

Start menu pada Windows 10 tidak terlalu berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya, namun kini dengan tampilan yang lebih menarik. Seluruh aplikasi favorit kita akan terpampang di samping start menu. Pada Windows 10, akan terdapat dua desktop. Kedua desktop itu akan semakin memudahkan kita disaat kita membuka banyak sekali aplikasi.

Masih banyak lagi fitur-fitur pada Windows 10 yang bikin penasaran. Sayangnya, mereka masih belum mengumbar lebih jauh tentang fitur-fitur tersebut. Eh, enggak cuman sampe situ! Masih ada satu produk lagi dari Windows yang bener-bener bikin penasaran to the max!!! yaitu, Windows HoloLens!

Windows HoloLens merupakan pengembangan dari Headset yang pernah diluncurkan Google sebelumnya. Produk ini nantinya akan bekerjasama dengan Windows 10. Saat kita memakai headset ini, kita akan serasa berada di dunia lain yang terbuat dari hologram. Bayangkan, bermain game dengan Headset ini. Wuiih, serasa asli banget kan? Pasti seru deh! Tapi sayang banget, itu semua hanyalah dunia virtual.

Nah, melihat semua perkembangan dan inovasi-inovasi dari Windows ini, pasti kita akan langsung memikirkan sisi postifnya kan? Tapi bagaimana dengan sisi negatifnya? Ya, sisi negatif dari Windows 10 dan Windows HoloLens, dan mungkin juga teknologi-teknologi lain yang ikut berkembang nantinya.

Sadarkah kita bahwa teknologi membatasi kita untuk berinteraksi dengan keadaan di sekeliling kita? Dulu, anak-anak banyak yang main keluar rumah. Kalau udah sore tuh, pasti lapangan rame sama anak-anak yang main petak umpet, nenek grondong, dll. Sekarang? Lapangan deket rumah gue sepi banget. Gue liat banyak banget anak-anak berumur 4 tahun keatas yang udah mahir main tab, dan bahkan, sebagian udah ada yang punya android sendiri!

Apalagi dengan ditambahnya kedatangan Windows HoloLens. Kita akan serasa diantar ke dunia lain, selain dunia kita sendiri. Gimana enggak bikin ketagihan?

Enggak salah sih, namanya juga perkembangan jaman. Tapi, ada baiknya kalau kita membatasi waktu bermain kita. Cobalah kita sediakan sehari tanpa menyentuh gadget sama sekali. Coba ikut berbaur dengan keadaan di sekeliling kita. Kita masih bisa hidup tanpa gadget kok? Iya kan?

Hasil penelitian dari seorang ahli mengatakan, bahwa ketergantugan dengan teknologi dapat membuat para remaja kekurangan stamina. Bagi para orang dewasa, dapat menghasilkan depresi yang berat. Ketergantungan akan teknologi juga dapat menimbulkan sikap apatis dan kemalasan bagi para pengidapnya. Cukup memprihatinkan yah.

Makanya, jangan biarkan seperempat waktu hidup kita dihabiskan dengan mengklik bolak balik Line, Path, Google, dan Snapchat. Dunia di luar sana jauuuh lebih luas dibandingkan dengan dunia virtual di balik layar kaca.

Oh iya, enggak cuman itu loh. Polusi yang dihasilkan pabrik elektronik bener-bener nggak bisa dianggap remeh. Bahan-bahan kimia yang dihasilkan pabrik teknologi akan dibuang ke udara dan laut, yang berakhir dengan kematian binatang-binatang di sekitarnya.

Nah, cobalah kita berpikir lagi baik-baik. Teknologi memang memudahkan hidup kita, namun, enggak selamanya kita memerlukan teknologi.

Kalau kalian lagi membaca artikel ini lewat handphone, komputer, ataupun tab, setelah membaca artikel ini, coba turunkan dulu gadgetnya. Kalau dimatikan, lebih baik lagi tuh.

Setelah itu, coba sapa orang-orang di sekitar kalian. Kalau lagi enggak ada orang? Cobalah untuk melakukkan kegiatan-kegiatan lain yang tidak memerlukan gadget, seperti memasak, membersihkan rumah, membuat prakarya, dll.

Sampai situ dulu ya cerita-ceritanya. Ayo matikan Gadgetmu sekarang juga!

 

Matiin!!

Iya, matiin sekarang juga!

Matiin loh…

Udah dimatiin belom?

Ah, pasti pada cuek cuek bodo amat dan enggak matiin….

Tapi nanti matiin yah :)

Maria Christina Melvin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *