Workshop Gundam GJUI 2013

Hai semuanya! Tanggal 5 Juli kemaren, saya, Shafira, dan Evita pergi ke Gelar Jepang Universitas Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya, jurusan Sastra Jepang. Kita berangkat jam 11 dan kira-kira kami nyampe di UI jam 12. Kami masuk dan langsung daftar ulang untuk workshop Gundam! Ruuame banget guys acaranya. Di sana ada berbagai workshop, stand stand bazar, dan juga stand-stand makanan khas Jepang loh. Ada cosplay, cosplay itu costume play di mana orang-orang memakai kostum dan aksesoris spesifik karakter anime-anime Jepang, obake atau disebut juga rumah hantu dan juga masih banyak lagi.

 

Kita termasuk 30 pendaftaar ulang tercepat dan biaya workshop Gundam sebanyak Rp 30.000. Kita masuk ke sesi 1 workshop Gundam, jadi kami mendapatkan sertifikat, asiiik! :-) Kami mengikuti workshop sesi 1 sekitar pukul 13.00 sampai 14.00.

 

Karena Gundam adalah robot dari Jepang, otomatis yang mengikuti workshop Gundam kebanyakan adalah laki-laki, dan hanya kami bertiga yang perempuan untuk sesi pertama ini.

 

Pertama-tama, Kidzstation sebagai sponsor workshop Gundam ini memberikan masing masing peserta satu buah Gundam untuk dirakit. Setelah itu, dimulailah perkenalan apakah yang dimaksud Gundam ini dan diperkenalkan dengan orang yang akan mengajari kami merakit Gundam, salah satunya adalah Kak Novan. Dia penggemar Gundam dari umur 10 tahun dan sangat jago dalam merakit Gundam. Kak Novan ini sering ikut dalam berbagai acara atau lomba merakit Gundam loh.

 

Untuk step pertama, kami diajari bagaimana melepas part-part dari rakitan Gundam yang benar, beberapa orang diberikan tang-tang kecil untuk melepaskan part-part Gundam tersebut, sedangkan bagi yang tidak mendapatkan tang dapat melepaskannya mengunakan kuku. Kami pun diajari bagaimana cara membaca step-step yang tertera di kertas petunjuk perakitan. Ternyata merakit Gundam tidak sesulit yang kami kira, hanya perlu mengikuti semua petunjuk dengan urut yang ada di kertas petunjuk tersebut. Bagi tiga orang tercepat yang menyelesaikan perakitan Gundam akan mendapatkan poster Gundam dari Kidzstation, dan setelah didapatkan pemenangnya workshop Gundam ini pun selesai. Workshop ini ternyata membuat kami ketagihan untuk merakit Gundam.

 

Kami pun melakukan wawancara setelah workshop ini selesai. Dari wawancara yang kami lakukan, rata-rata orang-orang mengetahui dan menggemari Gundam sejak kecil dari menonton anime-anime Jepang, tetapi karena harga Gundam relatif mahal maka mereka hanya mengaguminya. Sekian cerita dari saya! ^^

 

Shabrina Asmarani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *