Year of Marvel, The Year of Endless Ambition.

Halo semuanya! Gue bikin artikel lagi, nih. Kali ini, gue akan menceritakan tentang pengalaman 1 tahun gue di PIDAS v3.0 #marvellous. Jangan lupa siapkan popcorn yaa :) !!

Pertama-tama, lebih dari satu tahun yang lalu, saat ada demo ekskul, salah satu ekskul pertama yang menarik perhatian gue adalah PIDAS, gue penasaran dengan ekskul satu ini sampai bertanya-tanya di pikiran gue “Ini ekskul apaan sih? Kayaknya eksis banget.” Gue pun akhirnya memutuskan untuk daftar ke ekskul satu ini, gue daftar di 2 divisi, yaitu Cetak dan Daring (dulu namanya divisi, sekarang departemen) dengan Daring sebagai pilihan pertama. Gue pun agak kaget saat mendengar kalau untuk masuk PIDAS ini, harus melalui satu sesi yang dinamakan “Wawancara”, gue pun deg-degan, tapi akhirnya gue jalanin aja. Saat wawancara, gue diwawancarai sama Kak Nabyl (Wakil Pemimpin Redaksi #marvellous) untuk wawancara Daring dan Kak Jilly (Pemimpin Redaksi #marvellous). Singkat cerita, beberapa hari setelah itu, pengumuman anggota-anggota barunya keluar dan hasilnya gue pun diterima di Divisi Daring. Gue diantara bangga dan deg-degan pada saat itu hehehe.

Liputan pertama gue itu sebenarnya pas acara Social Unplugged 2015 yang merupakan acara tahunan persembahan dari Kelas IPS SMAN 81 Jakarta, tapi karena hampir semua anggota Divisi Daring meliput, jadi gue pun menganggap bahwa liputan pertama gue yang sebenarnya itu ada pada tanggal 15 November 2015, yaitu pas ada acara Try-Out GRAFITY UI 2015, kebetulan gue dapetnya di MAN 1 Bekasi (Tempatnya dipindah ke MTsN 1 Bekasi yang berada tepat disebelah tempat seharusnya) bersama Annisa, Emil, Ayasha, dan Tsania. Disini barulah berasa capeknya liputan ke luar itu, kami semua rela untuk nggak makan dari pagi sampai siang (Jam 1) demi untuk liputan dan nungguin anak-anak selesai Try-Out, emang capek sih, tapi seru banget! Kita bisa kenal sama Kakak-Kakak UI, bisa jadi famous juga lho (hehehe), bisa buat kenangan juga, pokoknya seru banget deh.

GRAFITY UI 2015 | MTsN 1

Dari kiri ke kanan: Ayasha, Emil, Annisa, Tsania, Gue.

Gue termasuk salah satu dari anak yang paling ambis di Daring (kepedean amat ya), berkat keambisan gue pas bulan November karena ngebantu banyak di Daring untuk membuat Wording Publikasi, balas PIDAS Curhat, dan membuat Artikel di LINE dan Instagram, serta menjalankan tugas dengan cukup baik, akhirnya gue pun bisa membanggakan Daring karena gue mendapatkan Best Staff of The Month Bulan November 2015, dan “malunya” lagi, Best Staff of The Month pada kala itu, kebetulan diumumin bersamaan dengan acara Inaugurasi Kepengurusan PIDAS Marvellous. Alhasil, gue di-“pajang” oleh MC acara tersebut di atas panggung.

Inaugurasi: Daring Only :D

Inaugurasi: Daring Only :D

Desember itu masa-masa yang menyenangkan (atau lebih ke melelahkan, mungkin) bagi Divisi Daring. Pada saat liburan semester, Daring kerjanya jadi lebih banyak daripada Divisi lain, kami masih membuat tugas-tugas seperti Artikel, Publikasi Media Partner, Publikasi Hari besar, Publikasi countdown Tahun Baru 2016, dan masih banyak lagi. Ketua Divisi (Kadiv) kami, Kak Firda pun juga kerjanya sangat cepat dan sangat memadai saat itu, jadi Ketua Divisi Daring dan Divisi Daring sendiri mendapatkan Best Of The Month bulan Desember 2015 karena keambisan kami semua!

Bulan Januari merupakan masa-masa yang sibuk bagi PIDAS, salah satu penyebabnya adalah acara Happy Birthday 81, dimana para siswa Kelas 11 ditugaskan oleh pengajar pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk membuat dan menjual makanan dan minuman. PIDAS juga dapat booth untuk menjual sticker, kue, dan masih banyak lagi, dana dari hasil penjualannya akan dipakai untuk acara amal SHARE 2016 yang dipimipin oleh 3 orang hebat: George sebagai Ketua, Marlis sebagai Seksi Acara, dan Martha sebagai Bendahara.

HBD81

HBD81

Akhir bulan Januari, dibentuklah Divisi CDMSS dengan Ketua Divisi kak Mahnen, divisi ini dibuat untuk mengembangkan website SMAN 81. Pembentukan divisi ini mengakibatkan perubahan nama-nama di PIDAS, seperti Divisi Cetak, Multimedia, dan Daring yang diganti menjadi Departemen Cetak, Multimedia, dan Daring (dengan CDMSS sebagai Divisi di bawah Departemen Daring), serta Divisi Humas menjadi Bidang Humas. Orang-orang yang “terpilih” untuk masuk Divisi CDMSS tersebut adalah Kak Kuswan, Kak Mahnen, Tiara, Diffa, dan Gue. Gue bangga banget karena bisa masuk ke Divisi tersebut. Gue dan mereka dengan ngambisnya kumpulin data-data untuk dikasih ke CDMSS agar bisa diproses ke website SMAN 81 oleh kak Mahnen. Gue bangga pernah bekerja dengan mereka!

Selain itu ada juga program kerja PIDASTV, dibagi jadi 4 tema, yaitu Gema, Potret, PIDAS Jalan-Jalan, dan Meretas (DIY). PIDASTV ini juga seru, karena perjuangan untuk “culik” anak-anak dan Kakak-Kakaknya buat jadi anggota kelompok gue. Akhirnya gue berhasil mendapat 5 orang-orang yang baik ini untuk masuk ke kelompok PIDASTV gue, yaitu Kak Jilly (AWW PEMRED), Kak Joel, Kak Keane, bang Daffa Agradhyasto, dan Ukasyah. Setelah diskusi, akhirnya gue yang mencalonkan diri untuk menjadi Redaktur kelompok gue. Redaksi gue kedapatan untuk Gema bulan Maret 2016, setelah mencari narasumber untuk diwawancarai karyanya, akhirnya dapet juga deh narasumber yang keren banget, yaitu Dewi Lestari a.k.a penulis Supernova dari Kak Joel (-senpai). Saat hari wawancara, Kak Keane nggak bisa datang karena kecapekan shooting untuk Film Festival Bedah Film :’(, jadi sisanya, yaitu kami berlima pergi ke sebuah gedung perkantoran stasiun televisi ***.** setelah janjian sama wanita yang akrab disapa Mbak Dee itu. To sum it up, intinya wawancara saat itu seru banget deh! Kita cerita-cerita, ketawa-ketawa, ghibah di mobil (hehehe), dan masih banyak lagi pengalaman saat wawancara PIDASTV yang gak bisa diceritain satu-satu.

ki-ka: Kak Jilly, Mbak Dee, Gue

ki-ka: Kak Joel, Mbak Dee, Daffa, Ukasyah

ki-ka: Kak Joel, Mbak Dee, Daffa, Ukasyah

Sampai akhirnya acara bukber PIDAS pun menandakan kalau kepengurusan Marvellous sudah akan berakhir, itu adalah rangkaian acara terakhir untuk memberi apresiasi kepada Best of The Year, buka bersama, dan silaturahmi antar-satu sama lain di PIDAS. Gue pun berhasil mendapatkan Best Staff of The Year untuk Departemen Daring dan gue bangga akan hal itu dan bisa ngebuktiin ke orang yang meremehkan gue kalau gue bisa. Best Staff dari Departemen Cetak adalah Kania, Multimedia adalah George, dan Humas adalah Kak Hana. Pokoknya gue bangga sama orang-orang hebat itu hehehe! Acara itu merupakan acara yang sangat berkesan dan rasa kebersamaan PIDAS sangat terasa saat itu.

Daring Almost Full Team

Daring Almost Full Team

Masih banyak cerita yang pengen gue ceritain ke kalian semua, tapi apadaya terlalu banyak cerita di PIDAS ini, terutama keseruannya yang bahkan kalau boleh jujur, lebih rame dan seru dari kelas gue sendiri saat kelas 10. Sampai pada suatu saat di bulan Juni dan Juli, gue menjatuhkan air mata karena terharu dan tidak ingin berpisah sama anggota dan kakak-kakak Marvellous #lebay #jijik.

Pesan gue untuk kepengurusan baru v4.0 #Victorious, jangan sampai keseruannya hilang ya, tetep bikin PIDAS solid, seru, dan professional ya! Terutama untuk Departemen Daring dan Divisi CDMSS, jangan sampai kaku yaa hehehe, tetap bangun rasa kekeluargaan dan keprofesionalan kita dengan seru dan ambisius, yuk!

Feel The Victory. Be #Victorious

PIDAS v3.0 #marvellous !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *